ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Pengguna Clubhouse Kini Bisa Menyimpan dan Mendengarkan Kembali Percakapan Lewat Fitur Replays

Clubhouse-Logo

Gadgetren – Clubhouse baru-baru ini telah menghadirkan fitur terbarunya yang bernama Replays atau Pemutaran Ulang. Fitur ini memungkinkan kamu dapat kembali mendengarkan diskusi yang telah terjadi di Clubhouse.

Saat fitur Replays diaktifkan, siapa pun dapat memutar ulang dan mendengarkan kembali diskusi yang terjadi di room tersebut kapan pun mereka mau.

Bahkan, kamu akan merasakan pengalaman yang sama seperti orang-orang yang bergabung secara langsung dan menyaksikan dinamika yang ada di ruangan seperti melihat pergerakan jumlah audiens yang keluar dan masuk silih berganti ke dalam ruangan serta momen spesial lain yang terjadi di ruangan tersebut.

Tak hanya itu saja, fitur ini juga bisa menyematkan tautan ke dalam suatu segmen atau yang dikenal sebagai Pinned Links yang beberapa minggu lalu telah diperkenalkan.

Kolaborasi keduanya memberikan akses lainnya seperti bermain game bersama dari sebuah tautan, menunjukkan sponsor, menautkan suatu pendapat atau survei, membagikan tautan produk, menyelenggarakan penggalangan dana, menjual suatu tiket sebuah acara, dan menarik audiens untuk podcast atau buletin.

Dengan fitur Replays ini, kamu pun bisa berpindah dari pembicara satu ke pembicara berikutnya agar lebih fokus mendengarkan pembicara yang disukai atau suatu ruangan yang digemari. Terlebih lagi kamu bisa berhenti sejenak, memutar diskusi kembali, memotong, dan mendengarkan jalannya diskusi 1,5 kali sampai 2 kali lebih cepat.

Fitur Replays juga membuka peluang kamu untuk melihat siapa saja yang bergabung di ruangan. Dengan begitu kamu dapat melihat langsung siapa saja audiens yang mendengarkan percakapan di dalam ruangan.

Replays-Room-Clubhouse

Dengan mengaktifkan fitur Replays, pembuat ruangan dapat mengunduh audio dari diskusi ruangan  sehingga mereka dapat mengeditnya dan menggunakannya secara bebas. Misalnya sebagai podcast, klip di YouTube, Instagram Story, atau video TikTok.

Bahkan mereka bisa menambahkan tautan rekaman tersebut di artikel. Fitur Replays juga dapat ditemukan di halaman Klub, profil pembicara (kecuali mereka memilih untuk menyembunyikannya), pencarian (mulai minggu depan), dan banyak lagi.

Hal menarik lainnya dengan mengaktifkan fitur Replays akan ada informasi Total Attendee Count atau Jumlah Total Audiens yang hadir di ruangan. Di sini kamu bisa mengetahui dan memberitahukan orang lain bahwa terdapat sekian banyak orang yang bergabung di ruangan yang kamu buat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar