Smartphone

Bawa Sertifikasi IPX4, OPPO A16 Tahan Cipratan Air

OPPO A16 IPX4

OPPO A16 merupakan salah satu handphone andalan OPPO yang hadir di Indonesia dengan membawa beragam fitur menarik yang mana salah satunya adalah sertifikasi IPX4.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, IP (Ingress Protection) rating merupakan indeks peringkat yang menentukan seberapa tahan suatu benda terhadap elemen lingkungan yang berada di sekitar penggunanya.

IP rating ini merupakan standar yang ditetapkan oleh International Electrotechnical Commision (IEC) dengan menggunakan serangkaian pengujian sehingga dapat menentukan kualitas ketahanan perangkat, seperti handphone, kamera, dan lainnya, apabila terkena faktor eksternal, terutama air dan debu.

OPPO A16 IPX4

Mengacu pada standar nomor 529, IP rating ini terdiri dari kategori proteksi terhadap obyek padat dan air. Pada digit pertama setelah tulisan IP mengacu pada ketahanan terhadap obyek padat dan digit kedua mengacu pada air.

Apabila digit ditandai X berarti tidak diketahui informasi mengenai proteksi pada perangkat. Sementara jika handphone tidak dilindungi, maka digit akan ditandai dengan angka 0. Berikut ini merupakan peringkat perlindungan atau IP rating yang dihadirkan pada sebuah produk:

  • IPX0 = Perangkat belum pernah diuji perlindungannya
  • IPX1 = Perangkat terlindungi dari tetesan air
  • IPX2 = Perangkat terlindungi dari air yang menetes secara vertikal
  • IPX3 = Perangkat terlindungi dari percikan air secara halus hingga sudut kemiringan 60o
  • IPX4 = Perangkat terlindungi dari cipratan air normal dari berbagai arah
  • IPX5 = Perangkat terlindungi dari semprotan air
  • IPX6 = Perangkat terlindungi dari semprotan air yang kuat
  • IPX7 = Perangkat terlindungi di dalam air hingga 1 meter
  • IPX8 = Perangkat terlindungi di dalam air lebih dari 1 meter ditambah waktu yang lebih lama

Dengan berbekal sertifikasi IPX4 ini, membuat OPPO A16 mampu bertahan dari cipratan air normal dari berbagai arah. Hal tersebut tentunya dapat membuat pengguna lega apabila handphone tidak sengaja terkena cipratan air di bagian bodinya.

Misalnya saja kamu sedang menaruh OPPO A16 di meja, namun tidak sengaja ketumpahan air minum. Tentu saja handphone ini masih dapat terlindungi dengan aman dan bodi yang terkena cipratan air dapat langsung dibersihkan.

Selain itu, pada saat misal kamu sedang mengendarai motor dan tiba-tiba hujan sehingga air tidak sengaja mengenai bagian bodi OPPO A16, maka masih dapat bertahan hingga kamu mendapatkan tempat berteduh agar bisa membersihkan air yang tertempel di bodi perangkat tersebut.

OPPO A16 IPX4

Bahkan OPPO pun telah melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit pada perangkat ini. Hasilnya OPPO A16 tidak mengalami kerusakan dan masih dapat berfungsi dengan baik setelah 72 jam tes berlalu.

Namun perlu diingat bahwa OPPO A16 ini hanya memiliki sertifikat IPX4 sehingga kamu tidak bisa menggunakannya untuk berenang, berendam, atau beraktivitas di dalam air.

Selain mempunyai sertifikat IPX4, OPPO A16 ini nyaman untuk digenggam karena mempunyai dimensi 163,8mm x 75,6mm x 8,4mm dan bobot 190 gram. Hadir dengan dua varian, OPPO A16 ini dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp 1.999.000 untuk RAM 3 GB + ROM 32 GB dan Rp 2.499.000 untuk RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Tinggalkan Komentar