ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Pengguna Clubhouse Indonesia Kini Bisa Gunakan Bahasa Lokal!

Clubhouse-Logo

Gadgetren – Para pengguna Clubhouse di Indonesia dikabarkan sudah dapat menikmati aplikasi tersebut dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Clubhouse melalui keterangan tertulisnya kepada tim Gadgetren. Selain bisa berbahasa Indonesia, lokalisasi bahasa ini pun dapat dinikmati oleh pengguna Clubhouse di 13 negara lainnya.

Di antaranya Prancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Kanada, Korea, Malayalam, Portugis (Brasil), Spanyol, Tamil, dan Telugu. Saat ini pengaturan untuk bahasa lokal tersebut baru bisa dicicipi oleh pengguna handphone Android saja dan kabarnya dalam waktu dekat baru akan menggulirkan untuk perangkat iOS.

Dengan pengaturan pilihan Bahasa Indonesia di aplikasinya, Clubhouse berharap pengguna dapat lebih mudah dan familiar untuk menggunakan layanannya karena semua petunjuk telah menggunakan Bahasa Indonesia yang lebih dapat dimengerti dibandingkan menggunakan Bahasa Inggris.

Contohnya pada saat kamu ingin membuat room percakapan baru, maka dapat langsung menekan menu “Mulai Ruangan” maupun yang dalam Bahasa Inggris disebut Hallway yang kemudian dalam Bahasa Indonesia menjadi “Koridor”.

Lokalisasi-Bahasa-Indonesia-Clubhouse.

Lokalisasi bahasa ini juga dapat memudahkan pengguna baru lebih memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi Clubhouse. Pengguna baru pun bisa mendapatkan seputar update terlengkap tentang pembaruan apa saja yang ada di aplikasi Clubhouse.

Tersedia room bernama “New Member Orientation” atau “Orientasi Anggota Baru” setiap Kamis pukul 07.00 WIB yang dipimpin langsung oleh para pendiri Clubhouse meliputi Paul Davison dan Rohan Seth, serta Anu Atluru selaku Head of Community Clubhouse. Untuk versi Bahasa Indonesia juga tersedia room klub ”Bincang Tengah Malam” setiap Senin pukul 20.00 WIB.

Bersamaan dengan lokalisasi bahasa ini, Clubhouse turut memperkenalkan ikon aplikasi baru untuk bulan November 2021. Pria asal India, Anirudh Deshmukh dikenal sebagai seorang yang memiliki banyak talenta seperti bidang arsitek, penyanyi, penulis lagu, produser, dan banyak lagi.

Anirudh-Deshmukh-Ikon-November-Clubhouse

Anirudh sendiri telah bergabung dengan Clubhouse pada awal tahun 2021 dan telah memperkenalkan klub Anirudh yang saat ini berhasil diikuti oleh 71.9K Clubhousers. Sebagai pembuat konten, Anirudh juga sering mendukung dan mengajak para audiensi setiap malam untuk naik ke ‘panggung’ di Clubhouse.

Nantinya mereka diajak bermain musik, membaca puisi, hingga berbagi pengalaman hidup di ruangan yang bernama ‘Late Night Jam’. Sesi tersebut kabarnya selalu berhasil menarik audiensi dari lintas batas dan zona waktu internasional.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar