Smartphone

Berbekal Baterai 5.000mAh, OPPO A16 Mampu Digunakan Dalam Waktu Lama

OPPO A16 Front

Sebagai handphone entry-level andalan OPPO pada tahun 2021 di Indonesia, OPPO A16 hadir dengan beberapa keunggulan yang salah satunya terdapat pada sektor baterai.

OPPO A16 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim mampu digunakan hampir seharian untuk pemakaian normal. Hal ini pun telah dibuktikan dengan pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark for Android.

Pengujian daya baterai OPPO A16 dengan aplikasi ini pun dilakukan menggunakan parameter mode Work 3.0 Battery Life yang akan melakukan simulasi penggunaan aktivitas sehari-hari, tingkat kecerahan layar 50%, dan baterai dari kondisi 100%.

Hasilnya OPPO A16 mampu mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 11 jam 51 menit. Skor tersebut memperlihatkan bahwa perangkat ini mempunyai daya tahan baterai yang dapat bersaing dengan handphone lain pada kelas harga yang sama.

Sementara pada penggunaan sehari-hari, AccuBattery mencatat waktu 16 jam 40 menit dengan Screen on time mencapai 5 jam 31 menit. Hasil didapatkan berdasarkan pemakaian rutin aplikasi chat dan media sosial yang kemudian terkadang mendengarkan musik atau sesekali memainkan game.

OPPO A16 Benchmark Battery

Berbeda lagi saat waktu yang lain, AccuBattery mencatatkan waktu 13 jam 40 menit dengan Screen on time mencapai 6 jam 5 menit. Penurunan waktu ini dibandingkan sebelumnya terasa wajar karena layar menyala dalam waktu yang lama. Pada saat ini pun aplikasi chat dan media sosial masih sering digunakan, namun intensitas pemutaran musik lebih ditingkatkan.

Dengan kata lain, lamanya daya tahan akan tergantung juga dari skenario pemakaian ketika beraktivitas sehari-hari. Sementara waktu yang dicatat oleh AccuBattery membuktikan bahwa OPPO A16 memang memiliki ketahanan baterai yang lama.

Menggunakan charger 10 Watt, pengisian daya baterai OPPO A16 yang berkapasitas 5.000 mAh dari kondisi 19% ke 100% dapat dilakukan dalam waktu hanya 2 jam 26 menit saja. Sementara itu, OPPO juga telah menghadirkan perlindungan terhadap arus berlebih dan korsleting agar pengecasan dapat berjalan dengan aman.

Optimize Night Charging

Menariknya lagi, OPPO A16 sudah dibekali fitur AI Optimized Night Charge yang dapat mempelajari kebiasaan kita sehingga dapat mengoptimalkan pengecasan daya baterai di malam hari tanpa takut baterai akan menurun kesehatannya.

Fitur ini pun didukung algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) buatan OPPO sehingga sistem pada handphone dapat mengendalikan kecepatan pengecasan di malam hari untuk menghindari pengisian daya yang berlebihan sehingga usia baterai menjadi lebih awet.

Bisa dibilang OPPO A16 memiliki keunggulan pada sisi baterai yang mampu bertahan lama ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Sementara waktu pengisian daya dari handphone ini masih tergolong cepat mengingat berkapasitas baterainya yang besar.

Tinggalkan Komentar