ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Talkback di HP OPPO Supaya Kembali Normal

Cara Mematikan Talkback di HP OPPO Header

Gadgetren – TalkBack merupakan salah satu fitur wajib yang hadir di ponsel berbasis Android, termasuk OPPO karena dapat membantu orang yang mengalami gangguan penglihatan untuk mengakses menu, fitur, maupun aplikasi.

Namun bagi pengguna biasa, normal TalkBack bisa cukup mengganggu karena setiap menu yang dipilih akan disuarakan atau disebutkan oleh sistem yang secara terus menerus. Adapun setiap menu atau tombol yang ditekan harus sebanyak dua kali agar bisa dipilih.

Jika kamu tidak sengaja mengaktifkan TalkBack di ponsel OPPO, maka dapat mengikuti beberapa langkah khusus karena memang dimatikannya harus menggunakan perlakuan khusus.

Cara Menonaktifkan Talkback HP OPPO

1. Melalui Aplikasi Settings

  • Pada halaman Home Screen, sapu layar dari atas ke bawah dengan dua jari.
  • Pada saat Quick Settings muncul, tekan tombol Settings berikon gerigi sebanyak dua kali secara cepat.
  • Gulir menu dengan sapu menggunakan dua jari.
  • Pilih menu Additional settings dengan menekan dua kali.
  • Tekan menu Accessibility sebanyak dua kali.
  • Pilih tab Vision dengan menekan dua kali.
  • Tekan menu TalkBack dua kali.
  • Tekan tombol toggle TalkBack dua kali.
  • Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Stop sebanyak dua kali.

Pada beberapa ponsel OPPO dengan ColorOS 13 atau di atasnya, tersedia juga fitur untuk mematikan fitur TalkBack secara langsung hanya dengan kombinasi tombol saja sehingga prosesnya menjadi lebih cepat.

2. Kombinasi Tombol Fisik

  • Buka kunci layar ponsel untuk masuk ke Home Screen.
  • Tekan tombol Volume Atas dan Bawah bersamaan selama 3 detik.
  • Selanjutnya, fitur TalkBack akan langsing mati.

Setelah fitur TalkBack dinonaktifkan, maka kamu dapat mengakses berbagai menu atau fitur secara normal kembali dengan menekan menggunakan satu jari saja. Suara-suara setiap menu pun tidak akan dimunculkan lagi oleh ponsel OPPO.

Terlihat bahwa metode kedua untuk menonaktifkan TalkBack lebih mudah dibandingkan yang pertama. Namun perlu dicatat bahwa hanya pada ColorOS 13 atau di atasnya saja yang mendukung kombinasi tersebut sehingga hanya metode pertama lebih umum karena untuk semua versi ColorOS.

Bisa dibilang memang fitur TalkBack sangat berguna bagi pengguna ponsel OPPO yang mengalami gangguan mata. Namun akan menjadi mengganggu aktivitas bagi yang tidak terbiasa karena navigasi berubah dari satu kali tekan menunya untuk memilih menjadi malah hanya memunculkan suara saja.

Barulah menu, aplikasi, maupun fitur dapat dipilih dengan menekan dua kali secara cepat. Tentunya hal ini akan menambah kerepotan pengguna normal yang tidak terbiasa apalagi jika tidak sengaja mengaktifkan fitur ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar