ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan TalkBack HP vivo Agar Nonaktif dan Normal Lagi

Cara Mematikan TalkBack HP vivo Header

Gadgetren – Secara bawaan Funtouch OS pada ponsel vivo sudah menghadirkan berbagai fitur seperti memindahkan tombol navigasi maupun fitur Talkback untuk membantu pengguna dalam  menavigasikan sistem.

Fitur Talkback akan memudahkan pengguna yang tidak dapat melihat dengan mengeluarkan suara untuk menjelaskan setiap menu, tulisan, maupun aplikasi dipilih.

Jadi suara tersebut bisa digunakan untuk memandu dalam menggunakan ponsel. Jika sebelumnya mengaktifkan fitur TalkBack atau tidak sengaja aktif, kamu pun dapat mematikannya dengan beberapa metode berikut.

1. Melalui Power Menu

  1. Tekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan pada ponsel vivo generasi baru.
  2. Atau tekan tombol Power beberapa saat ponsel vivo generasi lama.
  3. Nantinya akan ada menu pop-up yang muncul.
  4. Tekan dua kali tombol Turn off Talkback yang berikon orang.
  5. Fitur Talkback pun akan dimatikan.

Sementara itu jika kamu tidak bisa menemukan tombol Turn off Talkback ketika Power Menu muncul, kamu dapat menggunakan alternatif lainnya melalui aplikasi Settings.

2. Kunjungi Menu Settings

  1. Ketuk dua kali aplikasi Settings bergambar roda gigi untuk membukanya.
  2. Ketuk lagi dua kali menu Shortcuts & accessibility.
  3. Ketuk dua kali menu Accessibility.
  4. Ketuk dua kali opsi TalkBack.
  5. Tekan dua kali tombol toggle Use TalkBack atau TalkBack hingga ke posisi mati

Setelah fitur TalkBack tidak aktif lagi, kamu pun dapat kembali mengakses beragam menu, aplikasi, maupun fitur secara normal kembali dengan hanya mengetuknya satu klik saja.

Fitur TalkBack biasanya kerap aktif secara tidak sengaja akibat kamu menekan tombol tertentu saat menyimpannya di saku. Hal yang serupa bisa juga terjadi untuk Mode Aman atau Safe Mode yang mana sering aktif tanpa disadari.

Pada ponsel vivo, kamu dapat keluar dari Mode Aman secara mudah dengan hanya melakukan Restart secara normal dan memulihkan sistem sehingga bisa digunakan seperti biasa.

Sementara itu kamu yang mengatasi mengatasi masalah sensor layar yang tidak mati saat melakukan panggilan telepon perlu menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk mengatasinya.

Sama dengan ponsel pada umumnya, ponsel vivo pun tidak lepas dari masalah yang muncul secara tiba-tiba sehingga kamu perlu mengetahui solusinya. Termasuk dalam hal ini masalah TalkBack yang aktif.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar