Aplikasi Tips dan Trik

Bisa Buat Lihat Kecocokan Selera Musik! Apa Itu Spotify Blend?

Apa Itu Spotify Blend - Header

Gadgetren – Spotify seolah-olah tahu bahwa setiap orang mempunyai cita rasa musik yang berbeda. Oleh karena itu, Spotify pun meluncurkan fitur khusus yang disebut Spotify Blend.

Mendengarkan musik bersama orang lain memang dapat terasa cukup mengasyikkan apabila aliran yang disukai sama. Namun sayangnya, tak jarang kita memiliki selera yang berbeda dengan teman atau orang lain.

Mencampur beberapa aliran dalam sebuah daftar putar (playlist) tentu dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk masalah itu. Dengan begitu setiap orang minimal dapat mendengarkan lagu secara bergantian.

Setelah menjalani tahap uji coba sejak Juni 2021, Spotify Blend pun meluncur resmi pada tanggal 31 Agustus 2021 sebagai solusi yang bisa dipakai untuk mencampur lagu. Kita bahkan dapat lebih mudah untuk membuat daftar putar kesukaan.

Fitur khusus ini kini sudah dapat dinikmati di Indonesia pada aplikasi Spotify versi terbaru yang bisa diunduh melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store sesuai dengan sistem operasi di handphone yang digunakan.

Apa Itu Spotify Blend?

Spotify Blend adalah fitur yang memungkinkan kita menikmati lagu-lagu yang telah dipersonalisasi layaknya fitur Only You. Dua orang pengguna nantinya dapat menggabungkan lagu-lagu favorit secara otomatis ke dalam sebuah daftar putar atau playlist.

Kita tentu dapat menggunakan fitur ini untuk berbagai macam tujuan di antaranya seperti membuat daftar putar untuk dimainkan dalam sebuah momen tertentu atau menyinkronisasi selera musik dengan teman.

Daftar putar Spotify Blend juga memungkinkan kita mengetahui lagu-lagu baru atau yang belum pernah didengar. Jika beruntung, kita dapat menemukan permata tersembunyi yang terlewatkan dari genre atau konten favorit.

Peluncuran resmi Spotify Blend menariknya turut memperkenalkan beberapa dukungan tambahan meliputi covert art baru untuk memudahkan identifikasi setiap daftar putar, taste match scores guna melihat kecocokan, dan shareable data stories yang bisa dibagikan ke seluruh saluran media sosial.

Yang tak kalah menarik, daftar putar Spotify Blend setelah dibuat akan diperbarui secara otomatis setiap hari. Lagu-lagu di dalamnya akan disesuaikan berdasarkan dengan apa yang kita dengarkan sepanjang waktu.

Kita pun tak perlu berlangganan Spotify Premium untuk bisa menggunakannya. Fitur khusus untuk membagikan selera musik ini bisa diakses secara langsung di dalam aplikasi seluler baik oleh pengguna gratisan maupun premium.

Cara Menggunakan Spotify Blend

  1. Masuk ke Spotify dari aplikasi seluler
  2. Buka tab Search (ikon kaca pembesar)
    Apa Itu Spotify Blend - 1
  3. Cari dan pilih banner Made for You
    Apa Itu Spotify Blend - 2
  4. Cari bagian Made for two
  5. Klik tombol Create a Blend (tanda Plus)
    Apa Itu Spotify Blend - 3
  6. Tekan tombol Invite
    Apa Itu Spotify Blend - 4
  7. Pilih Copy dan bagikan link ke orang yang dimaksud
    Apa Itu Spotify Blend - 5

Ketika seseorang bergabung menggunakan link yang dibagikan, daftar putar nantinya akan berubah menjadi nama pengguna 1 + nama pengguna 2. Spotify pun secara otomatis akan mengubah cover art dan menambahkan lagu di dalamnya.

Perlu diingat bahwa link yang terbentuk saat menggunakan Spotify Blend hanya berlaku satu kali. Link akan langsung kadaluwarsa setelah digunakan sehingga kamu perlu membuat baru lagi untuk mengundang orang yang berbeda.

Tinggalkan Komentar