ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Jangan Panik! Cek Dulu Kenapa Speaker Handphone Tidak Bersuara Tiba-Tiba

Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Masalah yang muncul saat kita menggunakan handphone juga bisa terjadi karena kesalahan teknis dalam melakukan pengaturan, salah satunya seperti speaker yang tidak bersuara.

Oleh karena itu, kita perlu memastikan pengaturan untuk sejumlah opsi terlebih dahulu sebelum memvonis bahwa masalah terjadi akibat kerusakan komponen. Supaya nantinya kita terhindar dari biaya perbaikan yang seharusnya tidak perlu dibayarkan.

Ada beberapa alasan khusus kenapa speaker pada sebuah handphone kadang-kadang tidak bersuara. Kamu dapat mengecek beberapa hal berikut untuk memastikan masalah yang terjadi jika sedang mengalaminya.

Kenapa Speaker Handphone Tidak Bersuara?

Volume Disetel ke Paling Kecil

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian Sounds and vibration
    Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara 1
  3. Klik menu Volume
    Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara 2
  4. Cek setelan volume untuk masing-masing kategori
    Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara 3

Pengaturan volume menjadi hal pertama yang harus dicek untuk memastikan kenapa speaker tak bersuara. Sudah pasti bahwa setelan paling rendah akan membuat kita kesulitan untuk mendengarkan konten, panggilan telepon, hingga nada dering dari handphone terkait.

Meskipun sebenarnya bisa dilakukan dengan menekan tombol fisik yang biasanya terdapat di samping bodi, kamu perlu masuk ke dalam setelan yang lebih rinci karena pada sejumlah handphone pengaturan volume dibagi-bagi untuk beberapa kategori.

Misalnya seperti pada handphone saya, pengaturan volume terdiri untuk nada dering, media, notifikasi, hingga sistem. Masing-masing dapat diatur secara terpisah dan tombol fisik pun hanya berlaku untuk salah satu setelan saja.

Kamu dapat menyesuaikan beberapa langkah di atas untuk melakukannya. Kemudian setelah masuk ke dalam pengaturan volume melalui Settings, pastikan semua kategori mempunyai setelan yang cukup untuk bisa didengarkan.

Pengaturan Do Not Disturb (DND) Aktif

  1. Kunjungi halaman Settings
  2. Buka kembali bagian Sounds and vibration
  3. Cari opsi Do Not Disturb
    Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara 4
  4. Matikan opsi tersebut jika dalam kondisi aktif

Speaker di dalam handphone pun akan terpengaruh oleh fitur Do Not Disturb. Ketika fitur tersebut aktif, berbagai macam hal yang berkaitan dengan suara pun akan dibisukan dimana termasuk media, nada dering, hingga notifikasi.

Buat kamu yang belum tahu, Do Not Disturb merupakan fitur khusus yang bertujuan untuk menjaga pengguna agar tetap fokus dan tidak terganggu oleh hal-hal seperti pesan maupun pemberitahuan saat tidur atau bekerja. Namun kita bisa saja mengaktifkannya tanpa sengaja.

Kamu pun dapat mengecek fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah tersebut. Tetapi perlu diingat bahwa beberapa handphone mempunyai pengaturan khusus yang mungkin sedikit berbeda sehingga kamu perlu menyesuaikannya.

Setelan Volume di Aplikasi Mati atau Paling Rendah

  1. Jalankan aplikasi terkait
  2. Masuk ke dalam pengaturannya
  3. Cari bagian audio
  4. Pastikan semua setelan-setelannya cukup untuk didengarkan
    Kenapa Speaker Hp Tidak Bersuara 5

Jika masalah hanya terjadi pada layanan-layanan tertentu, maka kemungkinan besar setelan volume pada aplikasi terkait yang menjadi penyebab speaker tidak bersuara. Kamu bisa mengecek hal tersebut secara langsung melalui pengaturan di dalamnya.

Game salah satu contoh aplikasi yang biasa menerapkan pengaturan audio secara rinci dalam hal ini. Tujuannya pun jelas, yaitu supaya kita memperoleh pengalaman bermain yang lebih personal dan bisa dengan mudah mendapatkan kemenangan.

Setelan audio untuk setiap aplikasi tentunya berbeda-beda sehingga langkah yang saya berikan hanya  sekadar contoh untuk mengatur volume pada beberapa jenis game. Maka dari itu kamu perlu mengotak-atik sendiri sesuai dengan aplikasi yang tidak ada suaranya.

Handphone Terhubung ke Perangkat Audio

Audio di dalam handphone secara otomatis akan beralih ke headphone, headset, earphone, maupun TWS saat kita memasangnya. Oleh karenanya masalah speaker yang tidak bersuara pun bisa terjadi ketika lupa melepas berbagai aksesori tersebut atau sistem masih mendeteksinya.

Mematikan Bluetooth atau mencabut jack audio dapat menjadi langkah awal untuk mengecek hal ini. Dalam kondisi normal, speaker biasanya akan kembali bersuara jika sudah tidak ada perangkat audio yang terhubung ke handphone.

Kerusakan Komponen

Jika beberapa langkah di atas belum menyelesaikan masalah, maka tidak ada langkah lain selain membawanya ke orang yang lebih ahli. Ada kemungkinan komponen di dalamnya rusak jadi kamu pun tentu perlu menyiapkan sejumlah dana.

Selain speaker itu sendiri, kerusakan IC khusus audio juga dapat menyebabkan masalah ini. Mengeceknya tentu bukan perkara mudah, apalagi jika kamu tidak mempunyai perlengkapan khusus untuk membuka handphone.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar