Tips dan Trik

Cara Melihat History WiFi di Handphone Buat Cek Berbagai Riwayat

Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dalam pembahasan sehari-hari, melihat history WiFi dapat merujuk kepada banyak hal dimana untuk melakukannya membutuhkan metode hingga perlengkapan yang cukup berlainan.

Secara umum, kegiatan tersebut berkaitan erat dengan melihat informasi pemakaian di jaringan WiFi mulai dari mengecek daftar pengguna, halaman yang dikunjungi, riwayat koneksi, hingga pengaturan SSID dan kata sandi.

Berbagai macam aktivitas tersebut tentu ada yang bisa dilakukan melalui handphone dan ada juga yang tidak. Karenanya bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasan mengenai apa saja yang didukung termasuk langkah-langkah untuk melakukannya.

Cara Melihat History WiFi di Handphone

Melihat Riwayat Koneksi

  1. Buka halaman Settings pada handphone yang digunakan
  2. Masuk ke bagian Connections jika menggunakan Android
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 1
  3. Klik menu WiFi
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 2
  4. Jika daftar WiFi yang sebelumnya belum tampak, klik More (ikon titik tiga)
  5. Pilih Advanced
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 3
  6. Buka menu Manage Network
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 4

Jika melihat history WiFi yang dimaksud merupakan melihat daftar jaringan yang pernah terhubung dengan perangkat, maka kamu dapat menggunakan beberapa langkah di atas dengan sedikit penyesuaian untuk masing-masing handphone.

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, kita dapat membagikan kembali koneksi WiFi (hanya pada beberapa perangkat yang mendukung), melupakan jaringan, atau mematikan fitur terhubung otomatis.

Perlu diketahui bahwa pengaturan dasar WiFi pada handphone tersebut secara umum tidak mendukung opsi mengintip kata sandi dari jaringan yang pernah kita gunakan meskipun bisa untuk dibagikan kepada orang lain.

Melihat Daftar Pengguna WiFi

  1. Unduh aplikasi Fing dari Google Play Store atau Apple Apps Store
  2. Jalankan aplikasi jika sudah selesai
  3. Klik Next lalu lakukan pengaturan awal seperti menyetujui kebijakan layanan, setelan lokasi, hingga membuat akun jika diperlukan
  4. Setelah masuk di halaman utama, klik tombol Scan for devices
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 5
  5. Di halaman selanjutnya, kamu bisa melihat daftar pengguna WiFi milikmu
    Cara Melihat History Wi-Fi di Hp - 6

Aplikasi Fing tak hanya mendukung pemindaian daftar pengguna WiFi. Kamu juga bisa memakainya untuk memblokir perangkat yang tidak dikenal, mengecek kecepatan internet, hingga mencari lokasi hotspot di sekitarmu.

Yang tak kalah menarik, kamu pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk memindai kamera tersembunyi yang mana biasanya memakai sistem komunikasi nirkabel sehingga dapat terhindar dari hal-hal tak diinginkan.

Melihat Riwayat Penelusuran WiFi

  1. Buka peramban handphone
  2. Masukkan IP dari router yang dipakai pada kolom URL lalu tekan Enter
  3. Login menggunakan mode administrator
  4. Cari bagian Log

Melihat riwayat penelusuran yang dilakukan pengguna WiFi hanya dapat dilakukan jika kita memakai router yang mendukungnya atau sudah memasang custom firmware seperti OpenWrt dengan pengelola jaringan yang lebih baik. Tanpa itu, kamu tidak akan dapat melakukannya.

Melihat Kata Sandi WiFi yang Pernah Digunakan

Sama seperti melihat riwayat penelusuran pengguna, opsi untuk mengintip kembali kata sandi dari jaringan yang pernah kita gunakan pun tidak tersedia secara mendasar di berbagai macam handphone.

Kalau terpaksanya membutuhkan hal ini, kamu perlu melakukan proses rooting untuk Android atau jailbreak untuk iOS di mana umumnya sangat berbahaya untuk dilakukan bagi kita yang masih awam.

Secara khusus bagi pengguna perangkat bersistem iOS, kamu pun dapat menggunakan fitur iCloud Keychains yang tersedia di dalam perangkat kemudian melihat kata sandi WiFi melalui MacBook.

Tinggalkan Komentar