Berita Tekno

Tumbuh Cepat, Xiaomi Masuk Dalam Daftar Fortune Global 500

Xiaomi-Fortune-Global-500-Announcement-Feature

Gadgetren – Xiaomi dikabarkan kembali masuk ke dalam Fortune Global 500, sebuah daftar 500 perusahaan terbaik dunia.

Masuk ketiga kalinya di daftar tersebut, Xiaomi terlihat mendapat kenaikan pesat hingga 84 peringkat dari posisi ke-422 pada tahun 2020 ke peringkat 338. Pencapaian ini menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di kategori Internet dan Ritel dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2021.

Lei Jun selaku CEO dan pendiri Xiaomi pun menanggapi pencapaian tersebut dengan mengatakan bahwa pihaknya memilih untuk fokus kepada potensi pertumbuhan perusahaan. Lei Jun kemudian mengucapkan terima kasih kepada Xiaomi Fans di seluruh dunia karena dukungan yang tak tergoyahkan telah membantu membuat Xiaomi begitu hidup dan energik.

“Saya yakin bahwa semua orang akan melihat Xiaomi yang lebih kuat dan lebih besar di masa depan, dan kami akan mencapai rekor yang jauh lebih mengagumkan di daftar Fortune Global 500 tahun depan,” ujarnya.

Lei-Jun-New-Logo-Xiaomi

Lei Jun, CEO dan pendiri Xiaomi

Berdasarkan laporan keuangan Xiaomi, pendapatan selama tahun 2020 seluruhnya mencapai 245,9 miliar yuan. Sementara tahun 2021, Xiaomi pun telah memanfaatkan momentum pertumbuhan dengan baik untuk menunjukkan lonjakan pendapatan dan laba bersih secara signifikan hingga melampaui ekspektasi pasar.

Kemudian pada kuartal pertama 2021 ditutup dengan total pendapatan mencapai 76,9 miliar yuan, menggambarkan pertumbuhan sebesar 54,7% year-on-year (YoY) serta laba bersih mencapai 6,1 miliar yuan atau naik 163,8% YoY.

Fortune-Global-500-Announcement-338

Pertumbuhan ini kabarnya tidak lepas dari pijakan di pasar handphone kelas high-end, ekspansi di pasar internasional, dan pembaharuan dari bisnis ritel perusahaan. Dengan begitu, fokus yang dicurahkan Xiaomi kepada pengembangan teknologi dan pengalaman pengguna pada posisi di segmen high-end melalui seri Mi 10 dan Mi 11.

Pada kuartal pertama 2021, Xiaomi mencatat pengapalan handphone global dengan harga 3.000 yuan atau lebih di Tiongkok dan seharga 300 euro di pasar internasional mencapai 4 juta unit. Ekspansi Xiaomi ke pasar global juga mendorong pertumbuhan secara keseluruhan.

Sebelumnya menurut laporan Canalys pada 16 Juli 2021, Xiaomi juga telah berhasil mengungguli Apple dan menempati posisi kedua secara global dengan raihan pangsa pasar handphone sebesar 17%. Di pasar internasional, Xiaomi memiliki pertumbuhan year-on-year tinggi seperti Amerika Latin yang telah tumbuh melewati 300%, lebih dari 150% di Afrika, dan lebih dari 50% di Eropa Barat.

Tinggalkan Komentar