Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y – Penantang Baru yang Layak Dipertimbangkan?

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y Header

Gadgetren – realme C21Y resmi meluncur sebagai penantang baru di pasar handphone kelas bawah dengan set lengkap kelebihan dan kekurangan yang cukup menarik untuk dipertimbangkan.

Apalagi dalam pemasarannya, perangkat baru realme ini tersedia dengan harga relatif terjangkau. Varian terendahnya bahkan dibanderol dengan harga kurang dari Rp 1,5 juta saat promo peluncuran.

Mengusung jargon “Tiga Kamera, Kualitas Juara”, lantas apakah realme C21Y memang benar-benar layak untuk dipilih? Buat kamu yang masih ragu, berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y

Kelebihan realme C21Y

Dalam menentukan jargon “Kualitas Juara” untuk produk baru ini, realme tampaknya tidak asal-asalan karena realme C21Y memang tergolong sebagai salah satu handphone berkinerja tinggi di kelasnya. Berbekal chipset UNISOC T610, realme C21Y tercatat mempunyai penilaian AnTuTu dengan skor hingga 180 ribuan dimana secara teknis sedikit lebih tinggi ketimbang beberapa handphone di kelasnya.

Bagi kamu yang baru pertama mendengarnya, UNISOC T610 merupakan chipset yang mengusung konfigurasi CPU 2x ARM Cortex-A75 + 6x ARM Cortex-A55 berkecepatan hingga 1,80GHz serta GPU Mali-G52 3EE 614,4MHz.

Jika dilihat sekilas, chipset tersebut bakal terlihat mirip UNISOC T618 yang pernah kami bahas tetapi dengan frekuensi CPU dan GPU lebih rendah serta beberapa dukungan tambahan seperti kamera yang juga turut dipangkas.

Baterai yang mempersenjatai realme C21Y juga tak boleh kita lewatkan. Dengan kapasitas 5.000mAh, kita tentunya dapat lebih leluasa saat beraktivitas karena tidak membawa powerbank ke mana-mana atau terus-menerus berada di dekat stasiun pengisi daya.

Untuk sekali pengisian penuh, realme bahkan mengklaim baterai dalam perangkatnya ini bakal mampu bertahan hingga 44 jam untuk melakukan panggilan, 6 jam konferensi video, 21 jam mengakses YouTube, dan 5 jam bermain game.

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y 1

Kalaupun terpaksa memakainya saat kondisi baterai sekarat, realme pun menyediakan fitur Super Power Saving Mode yang memungkinkan kita dapat menggunakannya hingga waktu lebih lama. Berkaitan dengan baterainya, realme C21Y pun masih membawa teknologi reverse charging yang berfungsi untuk menyalurkan kembali energi listrik ke perangkat lain saat kehabisan daya.

Aspek kualitas dari handphone kelas entri ini pun tak boleh dipandang sebelah mata. Dalam pengembangannya, realme C21Y telah lolos dari berbagai macam pengujian termasuk uji ketahanan dari TÜV Rheinland untuk skenario pemakaian hingga tiga tahun.

Kekurangan realme C21Y

Panel IPS berukuran luas yang ditawarkan oleh realme C21Y sayangnya justru menjadi sebuah kekurangan karena layar perangkat hanya mendukung resolusi gambar hingga HD+ (1600 x 720 piksel). Meski sebenarnya dapat membuat konsumsi daya menjadi semakin hemat, gambar yang dihasilkan akan sedikit terasa kurang maksimal apalagi jika sebelumnya menggunakan layar beresolusi lebih tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y 2

Selain itu, aspek kamera yang selama beberapa tahun menjadi senjata andalan realme dalam menggoda pelanggan pun justru menjadi salah satu kekurangan pada handphone ini. Jika dibandingkan dengan sejumlah handphone yang terdistribusi di rentang harganya, kamera 13MP + monokrom 2MP + makro 2MP dan selfie 5MP pada realme C21Y tentu terasa kurang.

Untungnya, fakta tersebut sedikit terselamatkan karena realme C21Y membawa segudang fitur fotografi seperti chroma boost dan super nightscape yang mampu meningkatkan kualitas gambar.

Tinggalkan Komentar