ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Cuma Rp 1 Jutaan, realme C21Y Resmi Meluncur di Indonesia

realme-C21Y-Feature

Gadgetren – realme Indonesia secara resmi telah meluncurkan handphone entry level terbarunya yang bernama realme C21Y.

realme C21Y menjadi handphone yang dirancang untuk merayakan tahun akademik baru 2021 melalui ajang #realmeBacktoSchool. Palson Yi selaku Marketing Director realme Indonesia mengungkapkan bahwa berdasarkan survei yang pihaknya telah inisiasi, realme siap memperkenalkan realme C21Y sebagai jawaban bagi pengguna muda dan pelajar di Indonesia.

“Dengan menyediakan smartphone yang kuat dengan baterai besar 5.000mAh dan penyimpanan hingga 256GB dengan harga yang terjangkau yang andal untuk mendukung semua aktivitas pengguna, kami berharap realme C21Y dapat menjadi support system utama untuk kegiatan sekolah dari rumah yang lebih baik,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

realme C21Y pun lahir dari hasil survei realme kepada pengguna umum dan realme Fans sejak tanggal 6-8 Juli 2021 untuk mengetahui apa yang diinginkan pengguna untuk belajar online. Hasilnya, sebanyak 120 responden dari 146 memilih handphone dengan baterai yang besar.

Selain itu, sebanyak 106 responden menginginkan handphone dengan penyimpanan internal yang luas. Para responden yang memiliki pendapatan bulanan rata-rata Rp 3-5 juta kemudian menginginkan handphone yang tangguh dengan harga banderol Rp 1,5-1,7 juta untuk menunjang kegiatan belajar dari rumah.

realme-C21Y-spesifikasi

Maka dari itu realme C21Y memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan Super Power Saving Mode dan mendukung OTG reverse charging. Baterainya itu diklaim realme dapat bertahan hingga 44 jam panggilan telepon, sekitar 6 jam rapat online, 21 jam untuk menonton YouTube, dan 5 jam untuk bermain game.

realme C21Y turut dilengkapi penghematan daya seperti App Quick Freeze yang dapat mengurangi penggunaan daya aplikasi di latar, Screen Battery Optimization yang akan menurunkan beberapa efek tampilan, dan Sleep Standby Optimization dimana handphone berjalan dengan mode yang lebih rendah saat pengguna sedang tidur.

Dari segi tampilan, layarnya mengusung bentang berukuran 6,5 inci Infinity-U yang mempunyai resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan rasio layar-ke-bodi 89,5%. realme C21Y tersedia dalam dua warna yang meliputi Cross Blue dan Cross Black.

realme-C21Y-Cross-Black

Dapur pacunya ditenagai oleh chipset Octa-Core yang dibuat melalui teknologi pemrosesan fabrikasi 12nm dimana memiliki dua komponen masing-masing 2x ARM Cortex-A75 berkecepatan 1.8Ghz dan 6x ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.8GHz.

Prosesornya dipadukan dengan GPU Mali G52 berkecepatan hingga 614,4MHz dan dikombinasikan dengan dua varian RAM dan ruang penyimpanan berkapasitas RAM 4GB + ROM 64GB dan RAM 3GB + ROM 32GB. Bila kurang puas, pengguna pun dapat mengekspansinya lewat microSD hingga 256 GB.

Beralih ke sektor fotografi, realme C21Y menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 13 MP dengan aperture f/2.2, lensa B&W 2 MP dengan aperture f/2.4, dan lensa makro 2 MP dengan aperture f/2.4. Kemudian, lensa depan beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.4 memungkinkan pengguna mengambil selfie dengan fitur AI beautification, mode HDR, dan mode potret.

realme-C21Y-Cross-Blue

realme C21Y juga telah mengantongi Sertifikat Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland yang menandakan realme C21Y telah lolos uji sebanyak 23 tes utama mulai dari tes penggunaan sehari-hari, tes skenario penggunaan pada lingkungan ekstrem, hingga tes komponen.

Bila kamu menginginkan handphone ini, realme C21Y akan tersedia melalui program Flash Sale pada tanggal 21 Juli pukul 09:00 WIB di Shopee, akulaku, dan realme.com. Dibanderol dengan harga spesial Rp 1.499.000 untuk RAM 3 GB + ROM 32 GB, kamu akan mendapatkan bundling gratis starter kit Indosat 72 GB dan diskon Rp 50.000 untuk pembelian realme Buds Q.

Sementara untuk penjualan terbuka realme C21Y bakal berlangsung pada tanggal 24 Juli di official realme store, baik online maupun offline di seluruh Indonesia. Selanjutnya realme C21Y dengan varian kapasitas RAM 4 GB + ROM 64 GB ditawarkan dengan harga Rp 1.699.000, namun untuk tanggal Flash Sale-nya akan segera diinformasikan realme dalam waktu dekat ini.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar