ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Ragam Cara Screenshot di realme C21Y yang Mudah Dilakukan

Cara Screenshot di realme C21Y

Gadgetren – Pada realme C21Y, kamu dapat mengambil tangkapan layar atau screenshot dengan berbagai metode yang mudah untuk dilakukan.

Cara yang paling umum, kamu hanya perlu menggunakan kombinasi tombol fisik volume bawah dan power saja. Namun ada metode lain yang tergolong lebih praktis dengan menggunakan gesture tiga jari. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan Smart Sidebar untuk melakukan hal yang sama.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai langkah penggunaan ketiga metode tersebut, maka kamu dapat langsung mengikuti langkahnya sebagai berikut.

Cara Screenshot di realme C21Y

Dengan Kombinasi Tombol Fisik

  1. Buka kunci layar dan masuk ke homescreen
  2. Setelah area dipilih, maka tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan dalam beberapa detik
  3. Layar akan berkedip dan terdengar suara shutter
  4. Screenshot pun berhasil diambil
  5. Kamu dapat melihat screenshot langsung di aplikasi Gallery

Kombinasi tombol fisik merupakan salah satu cara screenshot yang hadir handphone Android secara umum. Meskipun fitur ini mudah dilakukan, namun kamu sebaiknya jangan sering menggunakan metode ini karena dapat membuat tombol power atau volume bawah cepat rusak.

Kita ketahui bersama bahwa tombol power ini cukup vital karena sering digunakan untuk menghidupkan atau mematikan handphone. Untuk itu kamu dapat menggunakan cara yang lebih halus seperti Gesture Tiga Jari atau melalui Smart Sidebar.

Dengan Gesture Tiga Jari

  1. Pada homescreen, pilih area yang akan ditangkap
  2. Swipe atau sapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan 3 jari yang dirapatkan
  3. Suara shutter akan terdengar dan layar berkedip
  4. Hasil dari screenshot dapat kamu temukan langsung di aplikasi Gallery

Tidak hanya kombinasi tombol fisik saja, hampir berbagai merek handphone Android juga sudah mulai menggunakan fitur gesture jari yang mudah digunakan untuk berbagai jenis pintasan, seperti screenshot dengan tiga jari.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode lain untuk mengambil screenshot dengan memanfaatkan menu melayang Smart Sidebar. Meskipun prosesnya tidak secepat gesture tiga jari, namun kamu bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif.

Dengan Smart Sidebar

  1. Akses aplikasi Settings
  2. Pilih menu Convenience Tools dan buka Smart Sidebar
  3. Tekan tombol Smart Sidebar hingga aktif
  4. Menu Smart Sidebar akan bersembunyi di pojok kanan atau kiri layar
  5. Tentukan area yang akan ditangkap
  6. Swipe atau sapu layar dari bagian samping layar (kiri atau kanan tergantung letak Smart Sidebar) ke tengah hingga muncul menu Smart Sidebar melayang
  7. Tekan tombol Screenshot berikon kotak
  8. Suara shutter akan berbunyi dan layar berkedip yang mengisyaratkan bahwa screenshot berhasil diambil
  9. Hasil dapat kamu akses secara langsung di aplikasi Gallery

Hadirnya ketiga metode ini memudahkan kamu untuk melakukan screenshot dengan proses yang cepat. Kamu dapat memilih salah satu cara tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pada saat pengambilan screenshot.

Namun jika kamu menemukan metode lainnya untuk mengambil screenshot pada realme C21Y, mungkin dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar