ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

Telkomsel Orbit Vs IndiHome – Mana yang Lebih Cocok Untuk Rumahan?

Telkomsel Orbit Vs IndiHome Header

Gadgetren – Telkomsel Orbit maupun IndiHome sama-sama dapat menjadi alternatif tepat bagi seseorang yang sedang membutuhkan layanan internet untuk pemakaian dalam sekala rumahan.

Hanya saja, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan mendasar yang perlu dipertimbangkan matang-matang sesuai kebutuhan yang tentunya setiap orang umumnya memiliki preferensi berbeda-beda dalam hal ini.

Orbit merupakan layanan internet rumah yang terdistribusi secara nirkabel, sementara IndiHome  berbasis kabel fiber optik. Masing-masing mempunyai karakteristik sendiri yang kurang lebih beberapa di antaranya sebagai berikut.

Perbedaan Telkomsel Orbit Vs IndiHome

Sistem Distribusi

Perbedaan pada teknik distribusi antara kabel dan nirkabel menjadi salah satu aspek yang wajib dipertimbangkan oleh seseorang ketika ingin meminang salah satu layanan internet rumah tersebut.

Orbit dengan sistem nirkabelnya tentu dapat menjadi pilihan yang lebih fleksibel karena kita tidak perlu terikat oleh lokasi jaringan fisik di mana kadang-kadang belum merata pada setiap wilayah untuk menikmati dukungan internet khas Telkomsel ini.

Perlengkapan Orbit secara khusus hanya membutuhkan modem yang dipasarkan bersama dengan paket internet menjadi opsi lebih praktis sebab kita tidak perlu mendatangkan teknisi atau ahli. Pada prinsipnya, kita bisa langsung menggunakan modem Orbit selayaknya Mi-Fi tanpa perlu melakukan instalasi jaringan fisik kecuali mempunyai rumah besar yang membutuhkan titik akses tambahan.

Sementara dengan opsi layanan berbasis kabel fiber optik, IndiHome menawarkan jaringan lebih kuat dan stabil dibandingkan nirkabel seperti apa yang ditawarkan Orbit. Distribusi jaringan fisik menggunakan kabel fiber optik pun memungkinkan IndiHome tak hanya menyebarkan layanan internet rumah saja melainkan juga produk digital seperti telepon rumah dan televisi interaktif dalam satu paket.

Instalasi atau pemasangan awal dari layanan IndiHome di sisi lain juga bakal lebih murah karena perangkat umumnya dipinjamkan sementara untuk Orbit kita perlu membeli modem dengan harga mulai dari Rp 549.000 (termasuk paket data di dalamnya).

Hanya saja perlu diingat bahwa kita perlu membayar jaminan sebesar satu kali biaya langganan saat pertama kali menggunakan layanan IndiHome yang akan dikembalikan setelah satu tahun sebagai opsi pembayaran bulan ke tiga belas.

Sistem Langganan

Sistem langganan yang ditawarkan oleh Orbit dan IndiHome juga menjadi bahan pertimbangan karena keduanya mempunyai mekanisme cukup berbeda. Orbit dalam hal ini menerapkan sistem transaksi berbasis kuota yang bisa dibeli secara lebih leluasa tanpa terbebani biaya bulanan. Jadi, kita tidak perlu keluar uang sepeser pun saat tidak menggunakannya.

Kita pun dapat berhenti sewaktu-waktu tanpa perlu ribet mengurus ini-itu. Kalaupun harus memperpanjang masa aktifnya, kuota paling kecil milik Orbit dibanderol dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

Berbeda dengan Orbit, IndiHome menerapkan paket langganan bertarif bulanan dengan layanan internet tanpa batas. Kita bisa menggunakan layanan ini tanpa perlu khawatir akan kehabisan kuota tetapi tetap harus membayar meski tidak menggunakannya.

Tabel Perbandingan Telkomsel Orbit Vs IndiHome

AspekTelkomsel OrbitIndiHome
Basis jaringanInternet selulerFiber optik
ProdukInternetInternet, telepon, televisi interaktif
Sistem LanggananPaket dataTarif bulanan
Paket internetBerbasis volume/kuotaInternet unlimited dengan FUP (Batas pemakaian wajar)
InstalasiMandiriButuh teknisi dari penyedia
PerangkatHarus beliDipinjami
Uang jaminanTidak adaSebesar satu kali biaya bulanan untuk 12 bulan pertama

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar