Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menghapus Draft Instagram dengan Beberapa Langkah Mudah

Cara Menghapus Draft Instagram

Gadgetren – Pada saat kamu batal mengunggah status dengan foto atau video di Instagram, maka terkadang akan menjadikannya sebuah draft di aplikasi.

Dengan hadirnya fitur draft, kamu dapat mengakses kembali konten yang batal dibuat tersebut untuk kemudian diunggah ke Instagram apabila kamu berubah pikiran.

Namun jumlah draft yang banyak di aplikasi Instagram terkadang mengganggu kenyamanan ketika akan mengunggah status dengan foto atau video baru karena biasanya draft yang akan dimunculkan pada menu penggugahan foto atau video.

Apabila kamu ingin menghapus draft Instagram secara permanen, maka dapat menggunakan langkah-langkah berikut.

Cara Menghapus Draft Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram di handphone
  2. Pada halaman utama aplikasi, tekan tombol New Post yang berikon + di bagian bawah layar
  3. Nantinya kamu akan melihat menu Drafts
  4. Pilih menu Drafts untuk memunculkan konten yang telah tersimpan
  5. Selanjutnya, pilih menu Manage di bagian kanan
  6. Pilih tombol Edit yang berikon pensil di bagian kanan atas
    Draft-Instagram-part-1
  7. Kamu akan dihadapkan pada halaman Discard dan diminta untuk memilih draft mana yang akan dihapus selamanya
  8. Setelah draft dipilih, maka tekan tombol Accept yang berikon centang di bagian kanan atas
  9. Draft yang dipilih pun akan terhapus
    Draft Instagram part 2

Apabila kamu sudah menghapus draft, maka secara otomatis tidak akan muncul lagi di aplikasi Instagram untuk selamanya. Jadi pastikan kamu sudah mempertimbangkannya terlebih dahulu apakah akan menghapus draft atau tidak karena terkadang draft pun bisa berguna pada waktu tertentu.

Sementara jika kamu ingin mencegah agar draft tidak dibuat dan memenuhi aplikasi Instagram, maka kamu dapat melakukan hal berikut ini.

Mencegah Draft Instagram Muncul

Pada halaman New Post dimana kamu dapat memasukkan caption, memberikan tag pada akun lainnya, menambahkan lokasi, dan lainnya saat ingin mengunggah sesuatu, tekan tombol Back berikon panah ke kiri sebanyak dua kali hingga muncul kotak dialog Save as Draft.

Pada kotak dialog tersebut, jangan pilih Save Draft melainkan pilih Discard sehingga secara otomatis unggahan tadi langsung dihapus tanpa disimpan sebagai draft sama sekali. Tentunya ini berarti kamu tidak bisa melihatnya kembali jika memutus untuk mengunggahnya.

Discard Draft Instagram

Bisa dibilang sebenarnya fitur draft diciptakan oleh Instagram untuk memudahkan penggunanya ketika ingin menyimpan terlebih dahulu status yang tidak jadi diunggah pada waktu tersebut sehingga nantinya dapat diedit dan diunggah kembali ketika waktunya sudah tepat.

Tinggalkan Komentar