Smartphone Tips dan Trik

Cara Reset Handphone vivo Supaya Bersih Layaknya Baru Digunakan

Cara Reset Handphone vivo - Header

Gadgetren – Melakukan reset atau pengaturan ulang ke kondisi pabrik tentu saja dapat menjadi opsi yang ditempuh saat handphone vivo milik kita mengalami sejumlah permasalahan teknis.

Dengan melakukannya, berbagai macam sumber masalah mulai dari aplikasi, data, maupun pengaturan sistem yang tidak pas dapat terhapus atau setel ke kondisi awal sehingga handphone vivo nantinya dapat kembali normal.

Tak hanya itu, melakukan reset handphone vivo pun dapat menjadi sebuah langkah yang perlu dilakukan ketika kita ingin menjual atau memberikan perangkat ke orang lain supaya data-data pribadi tidak tersebar ke mana-mana.

Opsi reset ke kondisi awal juga sangat penting bagi kita yang ingin memasang pembaruan untuk firmware secara manual. Selain untuk mengosongkan penyimpanan, hal tersebut soalnya dapat membuat perangkat menjadi lebih segar.

Mengetahui bagaimana cara melakukan reset oleh karenanya sangat penting bagi kita. Adapun bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode yang bisa ditempuh pada handphone vivo.

Cara Reset Handphone vivo Semua Model

Melalui Pengaturan

  1. Buka halaman Settings
    Cara Reset HP vivo - 1
  2. Cari dan pilih bagian More settings
    Cara Reset HP vivo - 2
  3. Gulir ke bawah
  4. Masuk ke menu Backup & Reset
    Cara Reset HP vivo - 3
  5. Ketuk opsi Erase all data
    Cara Reset HP vivo - 4
  6. Gulir sampai ke bagian bawah
  7. Jangan lupa centang opsi Format phone storage
    Cara Reset HP vivo - 5
  8. Klik tombol Clear Now (Reset phone)
  9. Masukan PIN atau pola jika diminta

Secara umum, kita bisa menemukan opsi Erase all data untuk melakukan reset handphone vivo dengan metode di atas. Namun ada kalanya kita harus menyesuaikan beberapa langkahnya karena penempatan dan penamaan menu setiap versi antarmuka sistem bisa sedikit berbeda.

Hanya saja jika tidak bisa membuka opsi tersebut karena layar bermasalah atau perangkat memang sedang hang (tidak bisa digerakkan), maka kita perlu melakukan reset handphone vivo dengan cara lain, yakni melalui Recovery Mode.

Melalui Recovery Mode

  1. Matikan handphone vivo seperti biasa
  2. Tekan tombol Power lebih lama jika handphone bermasalah
  3. Pastikan benar-benar mati
  4. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Up
  5. Lepaskan kedua tombol jika sudah masuk halaman Fastboot Mode atau Recovery Mode
  6. Untuk yang masuk ke Fastboot Mode, lanjutkan dengan memilih Recovery Mode
  7. Setelah masuk ke Recovery Mode, pilih Wipe data  atau wipe data/factory reset
    Cara Reset HP vivo - 6
  8. Selanjutnya pilih opsi Wipe data
    Cara Reset HP vivo - 7
  9. Konfirmasi proses reset dengan opsi Wipe data sekali lagi atau masukan PIN handphone jika diminta
  10. Jika proses reset selesai, gunakan opsi Back untuk kembali ke halaman utama Recovery Mode
  11. Di halaman utama, pilih Reboot system

Versi Recovery Mode pada handphone vivo pun sangat berbeda-beda. Ada beberapa yang sudah mendukung layar sentuh, tetapi ada juga yang perlu pengoperasian menggunakan tombol fisik perangkat.

Untuk Recovery Mode yang masih memerlukan tombol fisik, maka kita bisa menggunakan tombol Volume Up dan Down untuk navigasi ke atas maupun bawah saat memilih menu serta tombol Power untuk mengonfirmasi pilihan.

Perlu diingat bahwa menggunakan metode reset melalui Settings maupun Recovery Mode tentu akan menghapus berbagai macam data dan pengaturan di dalam handphone vivo. Oleh karena itu kita harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu jika masih bisa dan ada yang perlu disimpan.

Kita dalam hal ini dapat melakukannya seperti saat akan ganti ke handphone baru dengan memanfaatkan layanan Google atau menggunakan vivoCloud yang tertanam secara khusus di handphone-handphone buatan vivo.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

6 Komentar