Tips dan Trik

Cara Membuat dan Membagikan Link Undangan Grup WhatsApp ke Orang Lain

Cara Membuat Link Grup WhatsApp - Header

Gadgetren – Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengundang orang lain bergabung ke dalam sebuah grup WhatsApp dimana salah satunya termasuk melalui tautan atau link khusus.

Dengan menggunakan metode undangan, pengguna bisa lebih mudah memasukkan orang-orang ke dalam sebuah grup karena mereka tidak perlu menambahkannya satu per satu secara manual.

Metode yang memanfaatkan fitur Invite via Link bawaan WhatsApp ini bahkan memungkinkan seseorang menambahkan pengguna lain ke dalam grup tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.

Selain itu, pengguna pun dapat menyaring secara langsung siapa saja yang benar-benar berminat bergabung ke dalam grup serta meminimalisir kesalahan-kesalahan menandai kontak saat akan menambahkan anggota. Hanya saja, grup WhatsApp yang ingin dibagikan harus terbentuk terlebih dulu. Pengguna yang belum punya tentu bisa membuatnya dengan cara seperti biasa.

Pengguna setelah itu bisa membuat tautan khusus untuk grup tersebut melalui pengaturan di dalam WhatsApp. Secara lebih rinci, berikut cara melakukannya buat kamu yang belum tahu.

Cara Membuat Link Untuk Undangan Grup WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Buat Grup jika belum punya
  3. Masuk ke dalam grup yang akan dibagikan
  4. Ketuk Judul Grup
    Cara Membuat Link Grup WhatsApp - 1
  5. Klik menu Invite via link (Invite to Group via Link)
    Cara Membuat Link Grup WhatsApp - 2
  6. Pilih opsi berbagi link yang akan digunakan
    Cara Membuat Link Grup WhatsApp - 3

Terdapat beberapa opsi berbagi tautan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna saat menggunakan fitur Invite via Link, meliputi Send link via WhatsApp, Share Link, Copy Link, maupun QR Code.

Send link via WhatsApp memungkinkan seseorang membagikan tautan secara langsung melalui aplikasi tersebut, Share Link melalui berbagi ke layanan lain, Copy Link untuk menyalinnya sebagai teks, sementara QR Code menampilkannya sebagai kode respon cepat.

Yang cukup menarik apabila sudah rusak dan tidak bisa digunakan untuk bergabung, kamu pun dapat membuat tautan grup WhatsApp baru dengan memanfaatkan fitur reset link yang juga terdapat di halaman pengaturan tersebut.

Cara Membuat Link Baru Undangan Grup WhatsApp

  1. Buka WhatsApp
  2. Kunjungi kembali halaman Invite Link untuk grup terkait
  3. Klik menu Reset Link
    Cara Membuat Link Grup WhatsApp - 4
  4. Konfirmasi dengan opsi Reset Link sekali lagi

Namun perlu diketahui, siapa saja bisa bergabung ke dalam grup WhatsApp jika mengikuti tautan terkait. Oleh karena itu, sebisa mungkin membagikannya hanya kepada orang-orang yang bisa dipercaya.

Tentu saja media berupa link tidak hanya dapat dipakai untuk membagikan sebuah Grup WhatsApp. Kamu pun dapat menggunakannya untuk membuat kontak pribadi agar mudah untuk ditampilkan di media sosial.

Tinggalkan Komentar