Tekno Tips dan Trik

Mengenal Beberapa Fungsi AirTag – Perangkat Pelacak dari Apple

Fungsi AirTag Apple - Header

Gadgetren – AirTag menjadi salah satu teknologi menarik yang ditawarkan oleh Apple belum lama ini karena memungkinkan para pengguna untuk melakukan sejumlah hal.

Sekilas buat kamu yang baru mendengarnya, AirTag merupakan perangkat pelacakan yang bisa dipakai oleh seseorang untuk menemukan benda-benda pribadi saat tertinggal, hilang, atau bahkan dicuri.

Perangkat ini memanfaatkan chip Apple U1 yang mendukung implementasi komunikasi ultra-wideband, yakni teknologi radio berdaya sangat rendah untuk sistem lokasi real-time dengan kemampuan lebih presisi.

Dibantu oleh teknologi Bluetooth 5.0, AirTag kemudian akan memancarkan sinyal data lokasi secara anonim dan terenkripsi ke berbagai macam perangkat buatan Apple (seperti iPhone, iPad, maupun Mac) di sekitarnya supaya dapat diunggah ke layanan iCloud.

Dengan begitu, pengguna selanjutnya dapat memanfaatkan layanan Find My (Lacak) yang terhubung dengan iCloud untuk melihat lokasi AirTag sama seperti saat mencari perangkat Apple yang hilang. Fitur pelacak yang ditawarkan Apple melalui AirTag tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna. Secara lebih rinci, perangkat ini sebagian di antaranya dapat difungsikan sebagai beberapa hal berikut.

Fungsi-Fungsi Apple AirTag

Pencari Barang yang Hilang Atau Terlupa

Fungsi AirTag Apple - Key Finder

Lupa menaruh barang seperti dompet atau kunci tentu saja dapat menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Tetapi dengan menggunakan AirTag, kamu tak perlu khawatir jika hal tersebut terjadi. Sebagai perangkat pelacakan, AirTag dilengkapi dengan speaker bawaan yang memungkinkan pengguna memutar suara tertentu sebagai penanda sehingga mudah menemukan barang di sekitarnya.

Saat AirTag sudah terhubung dengan layanan iCloud, kamu hanya perlu membuka aplikasi Find My dan masuk ke bagian Item kemudian memutar suaranya sesuai dengan barang yang sedang dicari.

Apabila ternyata berada di tempat yang berbeda, kamu pun dapat memanfaatkan fitur penanda lokasi sesuai barang yang dicari pada peta di Find My. Perlu diingat, setiap AirTag yang digunakan dapat dikostumisasi dengan ikon khusus di aplikasi ini untuk mempermudah pelacakan.

Pelacak Hewan Peliharaan Atau Kendaraan Pribadi

Fungsi AirTag Apple - App

Karena diameternya hanya 31,9mm dengan ketebalan 8,0mm dan berat 11gram, AirTag pun sangat cocok untuk pelacak hewan peliharaan. Kamu misal dapat menjadikan perangkat ini sebagai bandul untuk kalung aksesorinya.

Jadi saat hewan peliharaan lepas atau belum pulang ke rumah selama beberapa waktu, kamu tak perlu susah payah mencari karena bisa segera mengetahui lokasi melalui layanan Find My untuk menjemputnya.

Di sisi lain, kamu pun tak perlu khawatir jika perangkat pelacak ini terkena hujan karena sudah dilengkapi dengan fitur proteksi cipratan air dan debu yang mendapat sertifikasi IP67. Harga yang relatif murah mulai dari Rp 499.000 per unit pun membuatnya sangat layak untuk dipakai sebagai alternatif baru pengganti GPS tracker kendaraan pribadi.

Penanda Barang Hilang

Fungsi AirTag Apple - Notification

Dengan kemampuan memancarkan sinyal melalui koneksi Bluetooth ke perangkat di sekitarnya, AirTag pun dapat memicu sebuah notifikasi ke iPhone orang lain saat terpisah darimu. Dengan demikian, orang-orang dapat menyadari bahwa di sekitarnya terdapat sesuatu yang bukan miliknya dan bisa segera mengembalikan barang dengan AirTag tersebut kepadamu.

Dalam menunjang hal ini, AirTag pun akan memutar sebuah suara khusus untuk mempermudah pencarian apabila orang-orang belum menemukan barangmu selang beberapa saat setelah notifikasi itu muncul.

Di sisi lain kamu pun dapat mengaktifkan Mode Hilang melalui aplikasi Find My untuk menambahkan informasi pribadi seperti nama dan nomor yang bisa dihubungi supaya orang asing pun tahu ke mana mereka harus mengembalikannya.

Namun berbeda dari iPhone, iPad, iPod, dan MacBook, fitur tersebut membutuhkan dukungan NFC untuk mengakses informasi kontak pribadi hanya bisa dilakukan dengan mendekatkan AirTag ke handphone yang mendukung teknologi ini.

AirTag tentu mempunyai fungsi yang sangat luas. Beberapa pemakaian di atas hanya sebagian di antaranya karena kamu pun juga dapat mengadaptasinya ke berbagai macam kebutuhan lain.

Tinggalkan Komentar