Review Review Headphone

Review OPPO Enco Buds – Teman Musik Seharian dengan Efek Bass Bertenaga

Review OPPO Enco Buds

Gadgetren – Melengkapi portfolio produk yang ditawarkannya, OPPO pun menghadirkan produk audio bernama OPPO Enco Buds.

Perangkat True Wireless Stereo (TWS) ini dihadirkan untuk menemani penggunanya saat menikmati konten hiburan dalam keseharian. Khususnya bagi yang juga menggunakan handphone OPPO untuk mendapatkan pengalaman semaksimal mungkin.

Tertarik untuk meminangnya? Sebelum itu, ada baiknya kamu melihat ulasan OPPO Enco Buds berikut ini lebih dulu untuk mengetahui segala kemampuan yang dimilikinya.

Review OPPO Enco Buds
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

OPPO Enco Buds merupakan perangkat TWS yang cukup memikat karena menghadirkan desain mewah dengan fitur yang cukup beragam di kelas harganya.

Pros

  • Bass sangat bertenaga
  • Tahan air dan keringat IP54
  • Nyaman digunakan
  • Kontrol sentuh
  • Baterai cukup lama

Cons

  • Pengaturan dan indikator terbatas
  • Tidak ada kabel bawaan

OPPO Enco Buds yang saya uji memiliki casing dengan desain yang tampak minimalis, namun tetap terlihat mewah berkat kombinasi lapisan glossy pada bagian luar, matte pada bagian dalam, serta kunci magnetik. Demikian pula untuk setiap buds yang menggunakan konsep serupa.

Casing dari OPPO Enco Buds berbentuk seperti kapsul dengan permukaan yang lebih pipih pada bagian atas dan bawahnya sehingga mudah sekali untuk dibawa maupun diletakkan di meja. Terdapat lampu LED yang berfungsi sebagai indikator daya baterai yang ada di dalam casing.

OPPO Enco Buds - 2

Untuk bagian belakangnya sudah tersedia port USB-C untuk pengisian daya melalui kabel. Namun adaptor charger maupun kabel tidak termasuk dalam paket penjualan sehingga bisa menggunakan milik perangkat lain. Pastinya dengan sudah menggunakan port USB-C akan membuat jumlah kabel yang perlu dibawa lebih sedikit.

Beralih ke buds perangkat TWS ini, OPPO memilih desain yang tampak seperti mutiara. Bentuknya ergonomis dan pas di telinga tanpa terasa kebesaran. Jika merasa kurang pas, maka tersedia tips pengganti dalam beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Selain itu, bobotnya yang ringan hanya 4 gram saja membuat buds tidak terasa mengganggu sama sekali setelah digunakan dalam waktu lama. Ditambah lagi OPPO Enco Buds juga sudah mendapatkan sertifikat IP54 dapat terus dikenakan untuk mendengarkan musik di bawah hujan ringan maupun olah raga berat yang penuh keringat.

OPPO Enco Buds - 5

Semakin mengukuhkan kesan mewah yang dimilikinya, baik buds kanan maupun kiri mendukung sentuhan untuk kontrol yang lebih intuitif meliputi sekali ketuk untuk jeda atau mulai musik, dua kali ketuk untuk mengganti lagu atau mengakhiri telepon, tiga kali ketuk untuk masuk ke Mode Game, serta sentuh dan tahan untuk mengatur volume.

Sayangnya tidak ada indikator suara atau apapun saat mengatur volume untuk mengetahui tingkat kelantangan sehingga suara akan langsung berubah tanpa mengetahui berapa persen. Kontrolnya sendiri, bud sebelah kanan berfungsi untuk meningkatkan dan buds sebelah kanan untuk mengurangi.

Sementara untuk Game Mode memiliki indikator suara yang menyebutkan apakah tengah dinyalakan atau dimatikan. Untuk kontrol lainnya akan ada terdengar bunyi yang menandakan perintah diterima. Untuk penggunaan maksimal, perangkat ini harus terhubung ke handphone OPPO untuk bisa mendapatkan pengaturan lebih jauh.

Melengkapi desainnya yang mewah, menggunakan OPPO Enco Buds terbilang sangat mudah sekali. Apalagi sudah ada fitur koneksi otomatis yang memungkinkannya terhubung langsung ke perangkat setiap kali casing dibuka. Proses pairing pun dapat dilakukan dengan singkat karena OPPO Enco Buds langsung terdeteksi ketika menyalakan Bluetooth di handphone.

OPPO Enco Buds - 3

Dikarenakan tidak ada tombol fisik untuk pairing, OPPO Enco Buds akan secara otomatis masuk ke mode pairing ketika buds dikeluarkan dari casing namun tidak terhubung ke perangkat lain seperti handphone selama beberapa saat. Hal ini pun membuatnya menjadi lebih praktis ketika ingin dihubungkan ke sumber perangkat lain.

Setelah terhubung, maka OPPO Enco Buds dapat digunakan seketika tanpa harus install aplikasi tambahan. Menariknya, OPPO mengklaim bahwa perangkat TWS ini sudah menggunakan transmisi binaural dimana suara dikirimkan ke buds kiri dan kanan secara bersamaan untuk memberikan pengalaman lebih baik.

Teknologi ini pun membuat salah satu buds dapat tetap digunakan tanpa menghentikan lantunan lagu. Di sisi lain, OPPO Enco Buds tidak memiliki fitur deteksi saat dikenakan sehingga audio akan terus diputar walaupun kedua buds telah dilepas.

OPPO pun membenamkan driver dinamis 8mm di dalamnya untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih memuaskan dengan bass dalam. Ditambah lagi OPPO Enco Buds sudah mengandalkan transmisi Bluetooth 5.2 untuk menghadirkan koneksi yang selalu stabil.

OPPO Enco Buds - 6

OPPO Enco Buds pun mampu mengisolasi udara dengan sangat baik sehingga semakin meningkatkan bass yang dihadirkan sambil meredam suara dari lingkungan sekitar. Saat digunakan untuk mendengarkan musik, OPPO Enco Buds mampu menghasilkan audio yang seimbang baik di rendah, tengah, maupun tinggi.

Selain tidak ada distorsi saat menggunakan volume tinggi, vokal pun terdengar cukup jelas tanpa terhalangi oleh instrumen. Hanya saja memang OPPO Enco Buds cenderung memiliki bass yang sangat kuat sehingga cocok bagi kamu yang lebih sering mendengarkan EDM.

Sementara saat digunakan untuk bermain game pun terbilang sama. Efek dari setiap serangan atau lainnya terdengar luar biasa dan memberikan pengalaman lebih imersif. Terdapat pula Game Mode dengan cara mengetuk buds sebanyak tiga kali yang diklaim memiliki latensi hanya 80ms sehingga suara terdengar secara real time.

Tidak melupakan fungsinya sebagai alat komunikasi, OPPO pun menghadirkan fitur Call Noise Cancellation berbasis mode DNN untuk meredam suara bising dari luar sehingga suara dapat terdengar oleh lawan bicara dengan jelas saat melakukan panggilan.

OPPO Enco Buds - 4

Soal urusan daya tahan baterai, OPPO tidak bersantai karena perangkat TWS ini digadang mampu digunakan secara total hingga 24 jam melalui isi ulang dari baterai 400 mAh yang ada di casing dimana untuk buds sendiri dengan baterai 40mAh bertahan selama 6 jam dalam sekali pemakaian.

Dalam pemakaian secara nyata dengan sebagian besar waktu volume berada di 50%, OPPO Enco Buds dapat digunakan untuk mendengarkan musik kurang lebih sekitar 5 jam 10 menit tanpa henti sebelum harus mengisi ulang daya di casing. Angka yang hampir mendekati klaim OPPO.

Akhir kata, OPPO Enco Buds merupakan perangkat TWS yang cukup memikat. Tidak hanya punya desain oke yang nyaman saat digunakan, kualitas suara yang ditawarkan pun terbilang mumpuni. Hanya saja memang ada beberapa fitur yang absen, namun tidak menjadi masalah mengingat harga maupun kemampuan yang ditawarkannya secara keseluruhan.

Tinggalkan Komentar