Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Jamur di Bodi Handphone dan Casing Agar Tetap Menawan

Cara Menghilangkan Jamur di HP dan Casing Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Selain mengusung spesifikasi yang semakin baik, kebanyakan handphone sekarang ini meluncur dengan membawa desain bodi yang sangat cantik untuk menggoda para pengguna.

Sayangnya apapun material bodi yang digunakan oleh handphone tersebut, bercak-bercak jamur sering tumbuh dan berkembang seiring usia pemakaian sehingga pada akhirnya bisa menghapus kecantikan tersebut.

Membersihkan jamur secara rutin tentu saja menjadi sebuah kewajiban jika tak mau bodi belakang handphone cacat secara permanen. Semakin lama jamur dibiarkan maka semakin susah untuk dihilangkan.

Lebih-lebih lagi apabila handphone yang kamu pakai merupakan perangkat bermaterial plastik, akar-akar jamur tentu bakal lebih mudah menancap sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk memenuhi bagian bodi.

Bercak jamur pun bisa semakin parah saat pengguna memakai case yang notabene sebenarnya dirancang untuk melindungi perangkat. Material tertentu dari softcase maupun hardcase justru bisa menjadi salah satu pemicunya untuk berkembang biak.

Celakanya, aktivitas harian yang sangat padat kadang-kadang membuat pengguna lupa untuk membersihkan handphone. Jika sudah demikian, maka kita perlu berusaha keras untuk menghilangkannya.

Berdasarkan beberapa percobaan yang saya lakukan, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan hal tersebut. Salah satu di antaranya pengguna dapat menempuh cara berikut.

Cara Menghilangkan Jamur di Bodi Handphone dan Casing

Bodi Handphone

  1. Siapkan material pembersih serta tisu atau kain microfiber
  2. Matikan handphone jika diperlukan
  3. Teteskan sedikit material pembersih ke bodi handphone
  4. Gosok sampai rata menggunakan tisu atau kain microfiber
  5. Ulangi sampai jamur menghilang
  6. Jika sudah selesai, keringkan bodi dengan tisu atau kain microfiber yang bersih

Saya sendiri biasanya menggunakan alkohol 70 persen untuk membersihkan berbagai macam perangkat mulai dari handphone hingga laptop. Namun tak harus ini, kamu pun bisa mencoba minyak kayu putih maupun cairan hand sanitizer.

Untuk handphone bermaterial kaca atau metal, kamu pun dapat mencoba menggunakan pasta gigi yang disikatkan secara perlahan pada permukaan bodi. Pasta dari campuran soda kue dan air juga bisa menjadi alternatif tambahan jika hal tersebut belum berakhir.

Berbeda dengan bodi belakang handphone yang tak boleh dicelup secara langsung ke dalam air apalagi perangkat belum mendukung sertifikat tahan air dan debu apapun, jamur pada casing bisa dihilangkan dengan cara mencucinya.

Casing

  1. Siapkan sabun cuci piring, sikat gigi bekas, dan lap (tisu atau kain)
  2. Lepas casing dari bodi handphone
  3. Basahi casing dengan air
  4. Tuangkan sedikit sabun cuci piring pada casing
  5. Ratakan dengan jari
  6. Gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas
  7. Jika sudah merasa cukup, basuh dengan air bersih
  8. Keringkan casing dengan lap yang disediakan

Umumnya casing menggunakan material TPU atau karet, sehingga pastikan bekas sabun benar-benar hilang dan usahakan untuk mengelap casing sampai kering supaya tetap awet. Selain itu, jangan sampai dijemur di bawah terik matahari.

Cara menghilangkan jamur di handphone dan casing di atas tentu saja tidak seratus persen langsung manjur pada material berbahan tertentu, apalagi bercak-bercaknya sudah menempel dengan sempurna.

Pengguna mungkin perlu pengaplikasian secara berulang-ulang dengan selang beberapa hari mengingat membunuh jamur pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar supaya bisa tercabut sampai ke akar-akarnya.

Sebagai solusinya jika hal tersebut tidak berhasil, pengguna pun kemudian bisa menempelkan skin atau stiker bodi untuk menutupinya sehingga tampilan handphone tetap menawan. Sementara untuk casing, tentu bisa membeli yang baru jika sudah parah sekali.

Tinggalkan Komentar