Tekno

Sosoknya Langsung Viral, Siapa Sih Virtual Assistant Sam dari Samsung?

Assistan Virtual Sam Samsung

Gadgetren  – Beberapa hari belakangan ini jagat maya dihebohkan oleh munculnya Sam yang dikabarkan merupakan calon asisten virtual perangkat Samsung dalam wujud tiga dimensi.

Pasalnya untuk saat ini Samsung sendiri mempunyai asisten virtual bernama Bixby yang sudah digunakan di berbagai perangkat mobile dan rumah tangga buatan perusahaan asal Korea tersebut.

Hal inilah membuat banyak orang merasa penasaran, apakah nantinya Sam akan menggantikan posisi Bixby sebagai asisten virtual untuk perangkat yang diciptakan oleh Samsung?

Namun ternyata, Sam adalah karakter tiga dimensi yang dibuat oleh perusahaan desain Lightfarm Studio dengan kolaborasi bersama perusahaan pemasaran milik grup Samsung, Cheil Worlwide.

Sebelumnya Lightfarm Studio sendiri pernah memperlihatkan karakter Sam dalam bentuk dua dimensi. Namun beberapa hari ini, Sam kembali dalam rupa tiga dimensi melalui gambar-gambar yang diunggah pada akun jejaring sosial Facebook, Twitter, TikTok dan situs resmi Lightfarm Studio.

Assistan Virtual Sam Samsung 3

Gambar-gambar tersebut menghadirkan Sam yang sedang berpose dengan berbagai gaya mengenakan baju bertuliskan Samsung Galaxy sambil berfoto ria maupun menggunakan handphone buatan Samsung.

Dalam perwujudannya itu, Sam diperlihatkan memiliki wajah yang ceria dan memiliki tubuh proporsional sehingga membuatnya terlihat menarik. Apalagi dia mengenakan baju bertuliskan Samsung Galaxy yang merupakan produk mobile utama buatan Samsung.

Setelah kemunculannya di berbagai jejaring sosial, banyak orang kemudian langsung melakukan cosplay, membuat meme, artwork yang berhubungan dengan Sam sehingga membuatnya sangat viral dilihat oleh banyak orang dan bukti sebagai kepopulerannya.

Assistan Virtual Sam Samsung 2

Sebagai catatan, Samsung telah meluncurkan asisten pribadi generasi pertamanya yang bernama S Voice pada tanggal 30 Mei 2012 silam. Asisten ini sendiri digunakan pertama kali oleh handphone Samsung Galaxy S3 yang berbasis Android.

Namun kemampuan S Voice mulai dikalahkan oleh Google Assistant yang merupakan asisten virtual buatan Google. Seiring berjalannya waktu, asisten virtual buatan Samsung tersebut secara resmi digantikan oleh Bixby sejak tahun 2017 silam.

Masih belum diketahui sebenarnya alasan diunggahnya karakter Sam dalam bentuk tiga dimensi ke jejaring sosial. Apakah hanya untuk marketing dari Samsung atau akan menggantikan asisten virtual Bixby pada handphone Samsung di masa mendatang.

Tinggalkan Komentar