ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Mode Pesan Menghilang WhatsApp

Cara Mengaktifkan Mematikan Mode Pesan Menghilang WhatsApp

Gadgetren – Pada tahun 2020 silam, WhatsApp secara resmi telah meluncurkan fitur unik yang bernama Disappearing Messages atau Pesan Menghilang untuk versi aplikasi.

Fitur Pesan Menghilang sesuai namanya memungkinkan kamu sebagai pengguna WhatsApp dapat meminimalisir pesan menumpuk sehingga dapat lebih menghemat pemakaian kapasitas penyimpanan di handphone.

Secara garis besar, fitur ini akan membuat pesan yang kamu kirim kepada pengguna lain secara individu atau grup akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari diterima. Hal ini sebenarnya mirip layanan Snapchat yang akan menghapus pesan dalam waktu 24 jam setelah telah diterima oleh pengguna.

Namun, WhatsApp memberikan lebih keleluasaan dengan batas waktu hingga 7 hari ke depan. Tentunya kamu juga dapat langsung menonaktifkan fitur ini di aplikasi WhatsApp apabila berubah pikiran dan ingin menyimpan pesan dalam waktu yang lama.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengaktifkan mode Pesan Menghilang di WhatsApp, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Mode Pesan Menghilang di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Pada halaman utama aplikasi, pilih salah satu chat atau percakapan
  3. Setelah masuk ke halaman chat, maka pilih kontak pengguna yang berisikan foto sekaligus nama di bagian atas layar
  4. Selanjutnya, aktifkan fitur Disappearing Messages dengan menekan tombol On
  5. Nantinya pesan yang kamu kirim akan dihapus secara otomatis dalam 7 hari

WhatsApp mode Pesan Menghilang Aktivasi

Sebagai catatan, kamu akan mendapatkan pesan mengenai fungsi dari fitur Pesan Menghilang saat baru pertama kali mengaktifkannya. Apabila setuju, maka kamu dapat menekan tombol Continue untuk melanjutkan ke proses penekanan tombol On.

Pada saat mode Pesan Menghilang aktif, maka foto profil pada pengguna individu maupun grup akan ditambahkan ikon jam yang menandakan bahwa fitur sedang aktif. Namun apabila kamu mematikannya, maka ikon jam tersebut akan kembali menghilang.

Untuk mematikan fitur tersebut, maka kamu dapat melakukan langkah serupa. Lebih jelasnya kamu dapat melihat tutorial berikut.

Cara Mematikan Mode Pesan Menghilang di WhatsApp

  1. Masuk kembali ke kontak maupun grup yang mode Pesan Menghilang tengah aktif
  2. Pilih kontak pengguna yang berisikan foto sekaligus nama di bagian atas layar
  3. Selanjutnya, nonaktifkan fitur Disappearing Messages dengan memilih tombol Off
  4. Mode Pesan Menghilang tidak akan aktif lagi.

WhatsApp mode Pesan Menghilang Nonaktif

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar