Aplikasi Tips dan Trik

Biar Gak Ribet! Ini Cara Kirim Broadcast WhatsApp Buat Banyak Orang Sekaligus

Cara Kirim Broadcast WhatsApp Header

Gadgetren – Sebagaimana aplikasi pesan instan pada umumnya, WhatsApp pun mempunyai fitur khusus yang akan mengizinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan siaran alias broadcast.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kita bisa mengirimkan sebuah pesan ke beberapa penerima secara serentak tanpa perlu kerepotan untuk menyalin isinya satu per satu yang secara teknis tentu akan memakan waktu lebih lama.

Namun tentu saja, pesan broadcast akan berlaku secara berbeda dari sistem percakapan grup yang juga menjadi salah satu fitur untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang di aplikasi WhatsApp.

Meskipun sama-sama dikirim ke banyak orang, pesan dalam fitur broadcast akan tetap bersifat personal sehingga interaksi sama sekali tidak akan diketahui oleh orang lain dari daftar penerima yang sama.

Jika penerima berkehendak untuk membalasnya, pesan balasan pun hanya akan terkirim secara personal ke pembuat broadcast WhatsApp tanpa melibatkan orang-orang yang ada di dalam daftar siaran.

Para penerima broadcast bahkan tidak akan mengetahui satu sama lain sehingga benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengirim informasi penting yang memerlukan interaksi lanjutan lebih rahasia.

Misalnya dalam kasus ini, kita bisa mengirimkan pengumuman pendaftaran sebuah acara yang membutuhkan data-data pribadi ke sejumlah orang secara serentak tanpa perlu takut membocorkannya ke muka umum.

Fitur tambahan milik WhatsApp tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat pada waktu-waktu tertentu. Apalagi di sisi lain, menggunakannya pun bisa dilakukan dengan cukup mudah sebagaimana ulasan berikut.

Cara Mengirim Pesan Broadcast di Aplikasi WhatsApp

Mengirim Banyak Pesan

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas aplikasi
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 1
  3. Ketuk opsi New broadcast
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 2
  4. Pilih orang-orang yang akan dimasukkan ke dalam daftar siaran (minimal 2 orang)
  5. Setelah selesai, klik tombol Centang di pojok kanan bawah
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 3
  6. Ketik dan kirim broadcast pada halaman yang muncul selanjutnya seperti pesan WhatsApp umumnya
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 4

Yang sangat disayangkan, beberapa orang dalam daftar siaran tersebut bisa saja tidak menerima pesan yang dikirim karena broadcast hanya akan berlaku bagi mereka yang sudah saling menyimpan nomor ke dalam kontak.

Secara sederhana, dalam hal ini orang-orang yang belum menyimpan nomor pengirim ke kontak WhatsApp tidak akan menerima pesan broadcast meskipun sudah masuk dalam daftar siaran.

Daftar siaran yang telah dibuat uniknya bisa digunakan kembali oleh pengguna WhatsApp untuk mengirim broadcast di kemudian hari. Pengguna bahkan bisa mengeditnya secara berulang-ulang agar pesan sampai ke penerima yang tepat.

Mengedit Daftar Siaran

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik daftar siaran yang telah terbentuk (biasanya mempunyai ikon corong suara)
  3. Ketuk pada bar atas yang bertuliskan jumlah penerima
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 5
  4. Klik tombol Edit recipients
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 6
  5. Ketuk tanda silang pada penerima yang ingin dihapus
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 7
  6. Atau klik kontak yang belum dimasukkan untuk menambahkannya
  7. Ketuk tombol Centang untuk menyimpan perubahan

Agar dapat digunakan ulang dengan mudah, daftar siaran umumnya akan terus muncul pada halaman utama aplikasi. Para pengguna yang tidak ingin memakainya kembali tentu perlu menghapusnya secara manual.

Menghapus Daftar Siaran

  1. Kunjungi halaman utama aplikasi WhatsApp
  2. Cari daftar siaran yang ingin dihapus
  3. Tekan selama beberapa detik daftar tersebut sampai menu pengelolaan muncul di bar atas
  4. Klik tombol Delete (ikon tong sampah)
    Cara Kirim Broadcast WhatsApp 8
  5. Konfirmasi dengan menekan opsi Delete sekali lagi jika diperlukan

Sebelum mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna perlu mempertimbangkannya secara matang-matang. Karena berhasil menghapus daftar siaran, pengguna di kemudian hari perlu membuat daftar baru lagi jika ingin mengirim pesan broadcast untuk orang-orang yang sama.

Tinggalkan Komentar