Berita Smartphone

Tampil Beda, ASUS Zenfone 8 Ramaikan Pasar dengan Desain Ramping

ASUS Zenfone 8 Feature

Gadgetren – Meskipun sama-sama merupakan handphone terbaru dari ASUS, namun Zenfone 8 tidak mempunyai kamera flip atau putar seperti Zenfone 8 Flip.

Dengan kata lain, ASUS Zenfone 8 hadir dengan kamera depan dan belakang yang terpisah. Menariknya, justru refresh rate layar yang dibawa oleh perangkat ini lebih tinggi dibandingkan dengan Zenfone 8 Flip.

Sementara itu, Zenfone 8 menawarkan performa bertenaga dan baterai berkapasitas besar untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Chipset Flagship dan Kapasitas RAM besar

Snapdragon 888 ASUS Zenfone 8

Sebagai smartphone flagship, ASUS Zenfone 8 dibekali dengan Snapdragon 888 (5nm) Octa-Core 2,84 GHz yang mempunyai kinerja sangat cepat sehingga dapat diandalkan untuk menjalankan banyak game atau aplikasi dengan lancar.

Untuk mendampingi performa dari chipset buatan Qualcomm tersebut, ASUS menghadirkan Zenfone 8 dengan empat varian yang terdiri dari RAM 6 GB + ROM 128 GB, RAM 8 GB + ROM 128 GB, RAM 8 GB + ROM 256 GB, dan RAM 16 GB atau ROM 256 GB.

Dengan kapasitas internal sebesar itu, ASUS percaya diri tidak menghadirkan slot microSD pada Zenfone 8. Selain itu, Snapdragon 888 juga sudah hadir dengan dukungan jaringan 5G yang memiliki kecepatan upload 3 Gbps dan download 7,5 Gbps.

Layar 5,9 inci AMOLED 120Hz

ASUS Zenfone 8 Display

Dengan ukuran layarnya yang mempunyai lebar 5,9 inci dengan bezel tipis, handphone ini memiliki dimensi 148mm x 68,5mm x 8,9mm sehingga terasa ramping ketika digenggam oleh tangan.

Layar handphone ini menggunakan desain penuh dengan teknologi Super AMOLED, 112% DCI-P3, Delta-E<1, dan HDR10+ yang akan memanjakan mata penggunanya serta terlihat leluasa ketika memainkan game maupun menonton video.

Berkat refresh rate 120Hz, layar Zenfone 8 mampu menampilkan gerakan transisi antar aplikasi maupun animasi game dengan sangat mulus. Selain itu, Corning Gorilla Victus dipercaya untuk melindungi lapisan atas layarnya.

Sertifikat IP68 Tahan Air

ASUS Zenfone 8 Water Ressist

Hampir sama dengan handphone flagship masa kini, Zenfone 8 sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa telah tahan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit. Meskipun terdapat fitur ini, namun tetap disarankan tidak terlalu sering menggunakan handphone ini dalam aktivitas air.

Baterai 4.000mAh dengan 30W HyperCharge

ASUS Zenfone 8 Battery

ASUS mengklaim bahwa baterai 4.000mAh yang hadir pada handphone ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara itu, terdapat juga fitur 30W HyperCarge yang dapat mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 60% hanya dalam waktu 25 menit.

Fitur 30W HyperCharge juga memungkinkan pengisian daya dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 80 menit saja. Selain itu, ASUS Zenfone 8 juga kompatibel dengan fitur Qualcomm Quick Charge 4.0 dan Power Delivery 3.0 Charging.

Dua Kamera Belakang

ASUS Zenfone 8 Camera

ASUS Zenfone 8 hadir dengan dua kamera belakang yang mempunyai kombinasi kamera utama Sony IMX 686 64 MP dan ultrawide 12 MP. Kamera ultrawide dari handphone ini mampu menghasilkan foto dengan area yang luas ditambah dukungan distortion correction sehingga membuat foto menjadi proporsional dan tidak terlalu miring.

Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto 12 MP dengan penyerapan cahaya yang banyak berkat teknologi 4-in-1 pixel binning. Namun penggunanya dapat mengaktifkan fitur 48MP Mode untuk membuat kamera utamanya menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar.

Tidak menggunakan sistem putar seperti Zenfone 8 Flip, kamera depan perangkat ini tersemat secar mandiri dengan resolusi 12 MP yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie, wefie, Face Unlock, dan Video Call.

Fitur Multimedia

ASUS Zenfone 8 Audio

NFC merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada Zenfone 8 karena dapat digunakn transfer data antar handphone atau pembayaran digital dengan cepat. Sensor fingerprint handphone ini pun sidaj berada di dalam layarnya.

ASUS Zenfone 8 telah dibekali dengan dua speaker stereo berteknologi Dirac HD Audio serta Hi-Res Audio, WiFi, dukungan dua kartu SIM, dan ZenUI 8.0 berbasiskan Android 11. Handphone ini akan dijual terlebih dulu di Taiwan dan negara kawasan Eropa dengan harga yang dimulai dari 600 Euro atau sekitar Rp 10,3 juta.

Meskipun belum diketahui tanggalnya, namun dikabarkan bahwa ASUS Zenfone 8 akan segera diluncurkan di Indonesia.

Tinggalkan Komentar