ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Dorong Digitalisasi di Ruang Publik, Surge Siapkan Layanan WiFi Gratis dan Jaringan Fiber Optik

SURGE-Ilustrasi-Pengembangan-Aplikasi-Feature

Gadgetren – Perusahaan ekosistem digital bernama Surge dikabarkan tengah mempersiapkan layanan WiFi gratis dan jaringan fiber optik di ruang publik.

Hermansjah Haryono selaku CEO Surge menjelaskan bahwa sebagai solusi-preneur atau enabler dari transformasi digital di Indonesia, Surge memiliki tiga pilar ekosistem digital yang meliputi periklanan digital, pengembangan aplikasi, dan infrastruktur jaringan internet.

“Kami fokus untuk mendorong digitalisasi lingkungan publik melalui pengembangan konsep offline-to-online aset media, serta pengembangan aplikasi smartphone yang didukung jaringan infrastruktur internet yang dijalankan secara terpadu dan mandiri,” ujarnya.

Sejumlah aplikasi dengan layanan WiFi gratis dan jaringan fiber optik ini tak hanya memungkinkan Surge untuk mewujudkan misi untuk masyarakat bisa menikmati internet secara gratis, tetapi juga menghasilkan dampak positif bagi kemajuan dan pengembangan bisnis pihaknya ke depan.

SURGE-Ilustrasi-Pemasangan-Fiber-Optik

Adapun Surge melalui layanan dan anak usahanya telah menghadirkan aplikasi yang harapannya dapat memberikan nilai tambah di berbagai aspek kehidupan masyarakat dan terdapat aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa layanan yang telah dihadirkan oleh Surge di antaranya sebagai berikut:

  • LiniPoin adalah aplikasi loyalti bagi para pengguna commuter line Jabodetabek.
  • Digitalisasi pasar melalui akses WiFi gratis dan fasilitas periklanan digital bagi para pedagang di 13 pasar tradisional di bawah naungan PD Pasar Jaya.
  • Pengembangan aplikasi KAI Access untuk memudahkan masyarakat memesan tiket Kereta Api jarak jauh.
  • Pengembangan aplikasi Jaklingko sebagai sistem transportasi terpadu Jakarta.
  • Pengembangan beragam aplikasi lainnya seperti Laper Nih (aplikasi pengantaran makanan), MuslimApp (aplikasi muslim), dan SobatTani (aplikasi yang membantu pemasaran hasil panen).

Pihak Surge pun melihat potensi akan transformasi digital masih sangat besar di Indonesia karena banyak desa-desa terpencil yang masih dapat didorong pengembangan infrastruktur digitalnya mengingat ada sekitar 12.000 desa atau kelurahan belum memiliki jaringan internet 4G.

Secara berkelanjutan, pihak Surge juga akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong percepatan transformasi digital layanan publik. Surge sendiri tengah fokus pada pembangunan jaringan fiber optic yang berkualitas dan berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa.

SURGE-Ilustrasi-Periklanan-di-Commuter-Line.

Pembangunan jaringan ini akan membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi baik 4G maupun 5G pada waktu dekat. Dari potensi pertumbuhan bisnis di tahun ini, pihak Surge pun optimis proses akan lebih baik.

“Kombinasi pilar bisnis Surge memberikan perusahaan potensi pemasukan yang bersifat pendapatan tetap (jaringan infrastruktur) dan potensi bisnis advertising dan digital yang tidak terbatas potensinya. Bahkan dengan kombinasi portofolio aplikasi digital dan infrastruktur periklanan dari Surge, kami perkirakan akan dapat menjangkau lebih dari 150 juta orang per hari. Hal ini akan memberikan kombinasi yang sangat unik dibanding perusahaan-perusahaan lainnya,” tutup Hermansjah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar