Berita

Inilah Spesifikasi Surge S2, Chipset Buatan Xiaomi Untuk Mi 6X

Xiaomi Jason Leak Header

Pada tahun 2017 silam, XIaomi meluncurkan smartphone yang menggunakan prosesor pertama buatannya, Surge S1, yang bernama Mi 5C.

Pada saat pengujian benchmark, Xiaomi mengatakan bahwa Surge S1 memiliki performa yang hamipr setara dengan Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core. Selain chipset, Mi 5C pun dibekali dengan RAM 3 GB dan storage internal 64 GB yang dapat menjalankan aplikasi dan sistem operasi dengan mulus.

Selanjutnya, dikabarkan juga Xiaomi telah mengembangkan chipset generasi keduanya yang bernama Surge S2 sejak pertengahan kedua tahun 2017. Nantinya chipset terbaru ini akan hadir dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona pada Februari mendatang.

Sebenarnya setelah Surge S1 dirilis, Lei Jun selaku CEO Xiaomi mengumumkan bahwa perusahaan asal Tiongkok ini sedang mengembangkan chipset generasi kedua terbarunya. Berdasarkan speskulasi yang hadir mengatakan bahwa Surge S2 lebih bertenaga dibandingkan Surge S1 yang digunakan untuk smartphone kelas menengah Mi 5C.

Xiaomi meminta bantuan TSMC untuk menciptakan Surge S2 dengan menggunakan teknologi proses 16nm. Sementara itu, chipset terbaru ini memiliki kombinasi Octa-core yang terdiri dari Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,8 GHz dan Quad-core Cortex-A73 berkecepatan 2,2 GHz.

Selain konfigurasi tersebut, Surge S2 akan dibekali dengan GPU Mali G72 MP8, dukungan storage internal berteknologi UFS 2.1, dan RAM berteknologi LPDDR4. Sayangnya chipset ini tidak mendukung CDMA.

Surge S2 sendiri akan memiliki performa yang setara dengan chipset flagship Kirin 960 yang telah hadir tahun 2016 silam. Berbeda dengan Surge S1 yang ditujukan untuk Xiaomi Mi 5C, nantinya Surge S2 diperuntukkan untuk Xiaomi Mi 6X.

Dengan kata lain memang chipset Surge S2 ini lebih bertenaga dibandingkan Surge S1. Selain itu, muncul juga bocoran mengenai Xiaomi Mi 6X yang memiliki layar penuh di bagian depangnnya dan dua kamera utama yang disusun secara vertikal di bagian belakangnya.

Dengan hadirnya chipset buatan sendiri, membuktikan pada dunia bahwa Xiaomi mampu mengembangkan berbagai macam produk tidak hanya smartphone saja. Tentu saja Mi Fans (penggemar Xiaomi) akan sangat menantikan smartphone Mi 6X yang menggunakan chipset Surge S2 ini.

Leave a Comment