Tips dan Trik

Muncul MSA Keeps Stopping di Handphone Xiaomi Kamu? Ini Maksudnya

MSA keeps stopping Feature

Gadgetren – Selain terkenal dengan spesifikasi hardware menarik dan harga yang terjangkau, handphone Xiaomi juga populer dengan kehadiran iklan di dalamnya.

Bisa dibilang iklan merupakan salah satu model bisnis dari Xiaomi untuk menutupi keuntungan dari penjualan handphone dengan harga yang murah. Namun bagi sebagian orang, kehadiran iklan tentu saja menjadi sebuah masalah karena mengganggu ketika sedang beraktivitas.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, iklan-iklan yang hadir di handphone Xiaomi sebenarnya dikendalikan oleh MSA (MIUI System Ads). Apa itu?

Tentang MSA dan Fungsinya

MIUI System Ads atau biasa disebut MSA adalah aplikasi bawaan dari handphone Xiaomi yang mempunyai fungsi untuk menampilkan iklan di berbagai aplikasi, menu, browser, dan lainnya apabila sedang terhubung dengan internet.

Dengan kata lain, Xiaomi memang sengaja menyematkan MSA pada handphone yang mereka jual di berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena iklan merupakan model bisnis yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk perangkat-perangkatnya yang hanya menghasilkan keuntungan sedikit.

Sementara itu, MSA juga mempunyai fungsi untuk mengelola notifikasi iklan di handphone Xiaomi. Tentu saja bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan kenyamanan, hadirnya iklan-iklan pada sebuah handphone menjadi sesuatu yang mengganggu.

Apalagi kalau tiba-tiba muncul iklan ketika kamu sedang memainkan game atau menonton video, tentunya akan menjadi hal yang sangat mengganggu. MSA terkadang juga menimbulkan pesan error sehingga menjadi sesuatu yang lebih mengganggu.

Bahkan sebagian orang pun rela melakukan root demi menghilangkan MSA selamanya walaupun risiko yang didapatkannya lebih tinggi, seperti keamanan menjadi rentan. Untuk itu sebaiknya kamu jangan melakukan root apabila sebatas ingin menghilangkan pesan error dari MSA atau menonaktifkan aplikasinya.

Mengapa MSA Selalu Berhenti?

MSA Stopping Xiaomi Half

Terkadang pada handphone Xiaomi akan muncul pesan seperti MSA terus berhenti atau MSA keeps stopping. Tentu saja hal ini sangat mengganggu bagi sebagian orang yang sedang menonton video, memainkan game, membuka media sosial, dan lainnya di perangkat Xiaomi.

MSA yang sering berhenti biasanya karena kesalahan dari aplikasi atau sistem operasi. Jadi tenang saja ini bukan kesalahan kamu sebagai penyebab dari MSA menjadi error.

Cara Mengatasi MSA Berhenti

  1. Buka aplikasi atau menu Settings di halaman homescreen
  2. Pilih Apps dan menuju menu Manage Apps
  3. Cari dan masuk ke aplikasi MSA
  4. Pilih Clear All Data dan tekan OK
  5. Kemudian, pilih Uninstall Updates
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai berlangsung
  7. Selanjutnya, cari aplikasi Android System Webview
  8. Pilih Clear All Data dan tekan OK
  9. Kemudian, pilih Uninstall Updates
  10. Untuk mengakhirinya, lakukan restart pada handphone Xiaomi

Cara Menonaktifkan MSA

  1. Pastikan handphone Xiaomi terhubung ke jaringan data selular atau WiFi
  2. Buka aplikasi atau menu Settings di halaman homescreen
  3. Pilih Password & Security
  4. Geser tombol MSA menjadi nonaktif yang berada tepat di menu Authorization & Revocation
  5. Pada kotak dialog yang muncul, tunggu hingga 10 detik agar dapat memilih tombol Revoke
  6. Setelah selesai, maka MSA akan nonaktif dan sebagian besar iklan akan hilang

Namun perlu dicatat bahwa kemungkinan besar kamu juga akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa itu tidak dapat mencabut otoritas sehingga kamu dapat mencoba langkah di atas secara terus menerus hingga sistem mengizinkan.

Cara Menonaktifkan Rekomendasi Iklan Pribadi

  1. Buka menu atau aplikasi Settings
  2. Pilih menu Privacy Protection
  3. Pilih opsi Ad Services di bawah menu Privacy
  4. Kemudian nonaktifkan menu Personalised Ad Recommendations

Menonaktifkan Personalised Ad Recommendations mengartikan bahwa kamu tidak akan melihat iklan berdasarkan data perilaku atau informasi pribadi sehingga apa yang ditampilkan menjadi lebih umum.

Itulah informasi seputar MSA atau MIUI System Ads yang mungkin bisa mencerahkan kamu sebagai pengguna Xiaomi. Sementara itu, apabila kamu menemukan masalah lainnya bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar