Smartphone Tips dan Trik

Inilah Penyebab Kenapa Tiba-Tiba Ada Iklan di Handphone

Penyebab Kenapa Tiba-Tiba Ada Iklan di Handphone

Gadgetren – Handphone telah menjadi salah satu perangkat yang digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mulai dari belajar, bekerja, hingga hiburan.

Namun apa jadinya apabila suatu saat tiba-tiba muncul iklan pada handphone? Tentunya hal ini menjengkelkan dan mengganggu kenyamanan ketika kamu sedang melakukan hal penting atau bermain game.

Apalagi kalau iklan yang muncul memiliki konten yang tidak baik, pastinya akan membuat kamu menjadi tambah kesal. Kenapa sih tiba-tiba iklan bisa muncul di handphone? Apa bisa diatasi?

Penyebab Tiba-Tiba Ada Iklan di Handphone

Disusupi Malware

Pada saat install aplikasi tertentu dari tempat yang tidak aman, terkadang malware dapat ikut menyusup. Biasanya malware akan mengganggu pengguna handphone dengan berbagai cara, termasuk memunculkan iklan secara tiba-tiba.

Untuk itulah kamu dapat mencoba untuk install antivirus dan antimalware pihak ketiga seperti Malwarebytes untuk mendeteksi keberadaannya. Nantinya kamu tinggal melakukan pemindaian dengan memilih menu Scan hingga proses selesai.

Jika ada yang mengandung malware, maka aplikasi Malwarebytes akan menampilkannya. Selanjutnya, kamu disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut agar handphone kembali normal.

Membuka Situs Tertentu

Pada saat membuka situs tertentu di browser Google Chrome, terkadang akan tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu. Biasanya situs akan memaksa browser untuk menampilkan iklan agar kamu tidak sengaja menekannya sehingga menghasilkan keuntungan bagi situs tersebut.

Untuk mengurangi munculnya iklan mengganggu pada Google Chrome, kamu dapat mengunjungi Site Settings, lalu pilih menu Pop-ups and Redirects. Selanjutnya kamu tinggal menekan toggle menuju posisi nonaktif hingga berwarna abu-abu.

Game Atau Aplikasi Gratis

Sudah menjadi sesuatu yang umum kalau game atau aplikasi gratis yang menawarkan berbagai fitur biasanya akan menggunakan iklan untuk menghasilkan uang sebagai bentuk monetisasi.

Terkadang game gratis akan memunculkan iklan setiap kamu berhasil menyelesaikan misi. Bahkan tak tanggung-tanggung pada saat kamu masuk game atau kalah dalam permainan, iklan juga bisa terus bermunculan. Selain itu, terdapat juga aplikasi yang setelah dipasang akan membuat handphone memunculkan iklan.

Jadi pastikan aplikasi yang kamu pasang di handphone tidak menggunakan metode iklan yang terlalu mengganggu jika kamu memang tidak suka.

Iklan Bawaan dari Sistem

Xiaomi merupakan salah satu merek handphone yang menggunakan iklan sebagai salah satu penghasilannya. Xiaomi bahkan secara terang-terangan mengatakan bahwa iklan menjadi salah satu faktor yang dapat membuat harga produk buatannya menjadi murah.

Namun tentunya kamu akan merasa kesal apabila iklan tersebut tiba-tiba muncul pada saat sedang melakukan aktivitas pada aplikasi atau memainkan game. Untuk yang satu ini, tidak banyak cara yang bisa kamu lakukan selain mengecek apakah tersedia pengaturannya atau tidak.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar