ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Coba Peruntungan Baru, Xiaomi Bakal Terjun ke Lini Bisnis Kendaraan Listrik Pintar

Lei-Jun-CEO-dan-pendiri-Xiaomi

Gadgetren – Produsen penyedia perangkat handphone dan Internet of Things (IoT) asal Tiongkok bernama Xiaomi telah mengumumkan lahirnya anak perusahaan baru untuk menangani lini bisnis kendaraan listrik pintar.

Kabarnya bisnis ini akan dimiliki secara penuh dengan investasi awal senilai 10 miliar yuan. Lei Jun selaku CEO dan pendiri Xiaomi pun akan merangkap sebagai CEO untuk perusahaan kendaraan listrik pintarnya itu.

Lei Jun menjelaskan bahwa keputusan pihaknya untuk membentuk bisnis baru diambil setelah serangkaian diskusi dengan seluruh mitra Xiaomi.

Dalam 75 hari terakhir, Lei Jun menyaksikan pengambilan keputusan secara mendetail berupa penelitian yang ketat dan lengkap mengenai industri kendaraan listrik meliputi 85 pertemuan dengan 200 pakar industri, empat kali perdebatan di tingkat manajemen, dan dua rapat dewan.

“Kendaraan pintar listrik menjadi peluang bisnis terbesar pada dekade mendatang dan merupakan bagian tidak terpisahkan dari gaya hidup pintar. Memasuki bisnis ini merupakan hal yang wajar bagi kami sebagai bagian dari ekspansi ekosistem AIoT dan memenuhi misi kami dalam menjamin setiap orang untuk menikmati hidup lebih baik melalui teknologi inovatif,” ujar Lei Jun.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima oleh tim Gadgetren, keputusan Lei Jun ini diinformasikan kepada Bursa Efek Hong Kong (HKEX) melalui pemberitahuan resmi serta diumumkan secara terbuka. Selain itu diputuskan pula bahwa Xiaomi akan kembali mengucurkan dana sebesar 10 miliar USD dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Kehadiran anak perusahaan baru ini juga tak terlepas dari dukungan Mi Fan serta kepercayaan terhadap nilai Xiaomi sehingga saat ini menjadi waktu yang dianggap tepat karena pihak Xiaomi merasa tengah berada di masa puncak dan memiliki dasar yang kokoh untuk membangun bisnis kendaraan listrik pintar.

Lei Jun saat memberikan presentasi

Hal ini tertuang dalam surat internal Lei Jun kepada karyawan yang mengungkapkan enam poin dimana secara garis besar berisi keunggulan Xiaomi dalam mengembangkan kendaraan listrik. Salah satunya, kendaraan listrik pintar telah mengubah model bisnis dari industri otomotif secara fundamental dan Xiaomi mempunyai pemahaman terbaik tentang model bisnis ini.

Poin selanjutnya menyebutkan bahwa Xiaomi memiliki pengalaman paling luas dalam hal integrasi perangkat keras dan perangkat lunak serta pengetahuan mendalam tentang manufaktur dalam industri internet. Ekosistem pintar Xiaomi pun terbilang besar, beragam dalam hal kategori produk, dan aktif digunakan.

Sejumlah teknologi inti Xiaomi pun bisa diterapkan ke bisnis kendaraan pintar serta brand yang kuat dengan basis pengguna Mi Fan dari seluruh negara. Xiaomi juga memiliki cadangan kas yang memungkinkan investasi dengan percaya diri.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar