Aplikasi Berita

Gojek Umumkan Pengembangan Tiga Inovasi Baru, Ada Kendaraan Listrik!

Gojek 11 Anniversary

Gadgetren – Di usianya yang memasuki 11 tahun, Gojek secara khusus memperkenalkan inovasi terbarunya untuk tiga layanan utama mencakup transportasi, pesan-antar makanan, dan logistik.

Untuk inovasi layanan transportasi, Gojek telah melakukan uji coba terhadap kendaraan listrik motor dan mobil. Gojek juga turut memperluas rencana pemanfaatan kendaraan listrik ini melalui uji coba komersial bekerja sama dengan Pertamina untuk penerapan skema battery swap pada motor listrik dari Gesit dan Gogoro.

Disampaikan oleh Raditya Wibowo selaku Chief Transport Officer Gojek, skema battery swap diharapkannya menjadi solusi dari tantangan sisi infrastruktur yang belum memadai. Dengan demikian, mitra driver bisa langsung menerima pesanan tanpa harus menunggu 1-2 jam untuk mengisi baterai sehingga bisa meningkatkan pemasukan harian.

Sebagai tahap awal, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan dengan SPBU di sekitarnya sebagai lokasi penggantian battery swap. Nantinya secara bertahap jangkauan akan ditingkatkan lewat skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai 5.000 unit motor listrik dan jarak tempuh sebanyak satu juta kilometer.

Kendaraan listrik pun selain digunakan mitra driver untuk layanan GoRide dan GoCar juga akan berlaku pada layanan lainnya seperti pengantaran GoFood, GoSend Instant, GoShop, dan GoMart dengan area pick up maupun drop off di Jakarta Selatan. Hanya saja, kendaraan listrik tidak diberikan secara gratis kepada mitra driver.

Selanjutnya untuk layanan GoFood memiliki fitur inovasi baru berupa GoFood PLUS dan Order Sekaligus. GoFood PLUS sendiri merupakan paket berlangganan potongan harga langsung termasuk diskon ongkos kirim agar kamu dapat bebas menikmati beragam kuliner dengan lebih terjangkau.

Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek mengungkapkan bahwa GoFood Plus bisa ditemukan pengguna pada saat memesan makanan atau minuman. Sebelum menekan tombol pesan, fitur ini akan muncul secara otomatis dengan penawaran paket langganan seharga Rp 20.000 hingga Rp 64.000.

“Isi beda-beda misalnya Rp 64.000 selama dua minggu maksimum 4x order bisa dapat diskon delivery Rp 15.000 dan makanan Rp 5.000. Fitur ini punya value bisa sampai Rp 1.000.000 sebulan, tapi bisa dibeli hanya Rp 64.000. Gambaran umumnya seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, fitur Order Sekaligus memungkinkan kamu dapat memesan makanan atau minuman dari banyak resto sekaligus di satu lokasi. Hingga kini sudah ada 41 lokasi di 7 kota besar termasuk Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Sementara untuk inovasi layanan logistik dilakukan melalui pengembangan GoSend API (integration application interface) yang menghubungkan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

Selain itu, GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kamu kesempatan untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil. Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30%, kamu juga dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan.

Tinggalkan Komentar