Smartphone

ColorOS 11 for Gaming Bikin Game Berjalan Lancar dan Mulus di Reno5 F, Yuk Simak Fitur-Fiturnya!

OPPO Reno5 F ColorOS 11 for Gaming

Gadgtren – OPPO Reno5 F secara resmi menjadi salah satu handphone kelas menengah andalan OPPO di Indonesia yang mempunyai kinerja bertenaga untuk menjalankan game dengan lancar.

Selain kombinasi chipset MediaTek Helio P95 (12nm) Octa-Core dan RAM 8 GB, kehadiran ColorOS 11 for Gaming menjadi salah satu faktor penting yang membuat Reno5 F mampu membuat game berjalan dengan lancar dan mulus.

Menariknya, ColorOS 11 for Gaming mempunyai bermacam fitur yang dapat menunjang aktivitas bermain game seperti Hyper Boost 3.0, Game Space, Gaming Shortcut Mode, Game Focus Mode, Game Floating Windows, dan Bullet Screen Message.

Hyper Boost 3.0 dan Game Space

Hyper Boost 3.0 merupakan salah satu fitur gaming andalan di ColorOS 11 karena mampu meningkatkan performa ketika game sedang berjalan. Pada Hyper Boost 3.0 pun terdapat fitur TouchBoost dan FrameBoost.

Fitur TouchBoost memungkinkan layar menjadi lebih responsif akan sentuhan jari sementara FrameBoost dapat mempelajari kinerja game yang sedang berjalan secara real-time sehingga membuat frame rate tetap stabil.

Agar  Hyper Boost 3.0 dapat aktif, semua aplikasi atau game harus sudah berada di dalam Game Space yang terlihat di halaman homescreen OPPO Reno5 F. Bahkan OPPO telah mengatur beberapa game untuk secara otomatis masuk ke folder Game Space setelah terinstal dari Google Play Store.

OPPO Reno5 F Game Space Mode

Namun jika game yang terpasang belum muncul di folder Game Space, maka tetap dapat dimasukkan secara manual. Nantinya Hyper Boost 3.0 akan aktif secara otomatis ketika game yang berada di dalam folder Game Space dijalankan.

Pada Game Space, kamu juga dapat menentukan mode performa untuk bermain game yang terdiri dari Low Power mode, Balanced mode, dan Competition mode.

Nantinya jika kamu mengaktifkan Low power mode, maka sistem Reno5 F akan memanfaatkan performa CPU, GPU, dan sinyal pada tingkat standar, namun konsumsi daya baterainya menjadi sangat rendah.

Balance mode menggunakan performa yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Low power dengan konsumsi daya lebih besar. Meskipun begitu, mode ini akan tetap menjaga agar Reno5 F dapat bertahan lama untuk menjalankan game.

Sedangkan Competition mode akan menggunakan CPU, GPU, dan sinyal pada tingkat tinggi, namun akan berefek pada konsumsi daya baterai yang lebih boros dibandingkan dengan dua mode lain.

OPPO Reno5 F Hyper Boost 3 Active

Tentunya kamu dapat menentukan mode yang cocok sesuai kebutuhan kamu dalam bermain game. Apabila game yang kamu jalankan sudah masuk folder Game Space, maka akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan keterangan Free up space, Restrict background network, dan Do Not Disturb pada saat menu splash screen terbuka yang menandakan bahwa fitur Hyper Boost 3.0 sudah aktif.

Selain itu, frame rate game akan terasa lebih stabil ketika fitur ini aktif sehingga jalannya pertarungan dalam game dapat berjalan secara lancar dengan minimal lag. Bahkan respon sentuhan terhadap game pun terasa cepat sehingga dapat mengarahkan karakter, menembak, memukul, maupun mengeluarkan jurus dengan mulus.

Gaming Shortcut Mode

OPPO Reno5 F Game Shortcut Mode ok

Hadirnya Gaming Shortcut Mode memungkinkan Reno5 F mampu secara drastis mengurangi waktu membuka game dengan menyimpan memori virtual untuk game yang sering dimainkan.

Hal ini membuat game tetap berjalan di latar belakang, bahkan setelah keluar dari aplikasi. Sisi baiknya, sesi selanjutnya akan secara otomatis melompati logo splash screen dan intro game sehingga membuat game dapat terbuka lebih cepat.

Pada saat fitur ini aktif, OPPO Reno5 F akan menyimpan tampilan game terakhir yang dijalankan pengguna sebelum menuju halaman homescreen.

Nantinya pada saat kamu masuk kembali ke game yang telah dijalankan tadi, maka akan disuguhkan dengan tampilan terakhir bermain. Pada beberapa game, kamu akan diperlihatkan sebuah bubble melayang yang menginformasikan status ketika sedang bermain.

Misalnya saja kamu sedang bermain Arena of Valor, namun karakter dalam kondisi mati sehingga harus menunggu proses respawn (dihidupkan kembali). Nantinya bubble yang muncul akan memperlihatkan ikon Arena Valor dengan tulisan Respawning lengkap dengan sisa waktu karakter akan hidup kembali.

Arena of Valor dan Call of Duty: Mobile merupakan salah satu game sudah mendukung fitur ini.

Gaming Focus Mode

OPPO Reno5 F Game Focus Mode

OPPO juga turut menghadirkan fitur Game Focus Mode pada Reno5 F yang dapat membuat kamu dapat berkonsentrasi sepenuhnya dalam bermain game tanpa harus takut terganggu oleh pesan atau telepon yang tiba-tiba muncul. Fitur ini akan memblokir atau menonaktifkan semua gangguan seperti notifikasi pesan, panggilan masuk, gerakan navigasi, alarm, dan petunjuk volume di layar.

Dengan kata lain, kamu benar-benar dapat bermain game secara tenang bersama teman tanpa ada gangguan pesan atau panggilan telepon dari orang lain. Fitur ini harus kamu aktifkan pada saat game sedang berjalan.

OPPO Reno5 F Game focus Mode Active

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat mengusap layar dari kiri ke kanan ketika game sedang berjalan agar memunculkan kotak Game Settings dan tekan menu Game focus mode. Apabila baru pertama kali, maka kamu akan dihadapkan pada halaman mengenai keterangan dari fitur ini dan tekan tombol Try Now untuk menyetujui.

Pada saat Game focus aktif, maka semua pesan atau panggilan telepon akan benar-benar diblokir sehingga dapat membuat kamu lebih fokus bermain game. Sementara untuk mematikan fitur ini, kamu cukup mengusap layar dari kiri ke kanan dan menekan tombol Exit untuk keluar dari Game focus mode.

Game Floating Windows

OPPO Reno5 F Game Floating Live

ColorOS 11.1 yang hadir pada Reno5 F sudah menyediakan fitur menarik lainnya yang bernama Game Floating Windows. Fitur yang satu ini mengizinkan kamu untuk memainkan dua game sekaligus dalam satu layar.

Sebenarnya tidak hanya game saja, kamu juga dapat menjalankan aplikasi seperti email, browser, YouTube, dan masih banyak lagi. Namun fitur ini memang lebih diperuntukkan saat digunakan bermain game.

OPPO Reno5 F Floating Windows

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, kamu dapat membuka dua membuka game atau aplikasi terlebih dulu. Setelah keduanya terbuka, maka kamu dapat langsung menekan tombol Recent App agar dihadapkan pada menu yang menampilkan aplikasi yang sudah dijalankan.

Pilih menu Options berlambang titik dua di kanan atas salah satu aplikasi yang dipilih dan tekan menu Floating Window. Secara otomatis nantinya akan menjadi kotak kecil yang melayang di layar. Selanjutnya, kamu dapat langsung memilih aplikasi atau game lainnya untuk dijalankan.

Nantinya dua game akan langsung berjalan secara bersamaan di layar, dimana satu game akan melayang di bagian depan dengan ukuran kecil dan satu game akan melayang di bagian belakang dengan ukuran besar.

Dengan kata lain, kamu bisa memainkan dua game favorit secara langsung dalam satu layar. Selain itu, bisa juga mengombinasikan aplikasi dan game dijalankan secara berbarengan.

Bullet Screen Message

OPPO Reno5 F juga mempunyai fitur Bullet Screen Message yang memungkinkan kamu masih dapat menerima pesan SMS, WhatsApp, Telegram, Line, atau Messenger dalam bentuk banner kecil tanpa mengganggu game yang sedang berjalan.

Pada saat fitur Bullet Screen Message aktif, pesan yang masuk akan secara otomatis akan melayang dalam bentuk banner yang berjalan dari kanan ke kiri layar ketika sedang memainkan game di OPPO Reno5 F. Pesan ini pun sama sekali tidak memblokir atau mengganggu sama sekali sehingga game masih dapat dikontrol secara lancar.

OPPO Reno5 F Bullet Message Active

Bullet Screen Message sudah aktif secara otomatis ketika OPPO Reno5 F diaktifkan untuk pertama kali. Namun kamu sendiri dapat menyalakan atau mematikan fiturnya pada Game Settings yang hadir ketika game berjalan.

Pada saat game sedang berjalan, kamu cukup mengusap layar dari kiri ke kanan untuk memunculkan kotak dialog Game Settings. Selanjutnya, kamu akan melihat menu Bullet Notification yang dapat ditekan untuk dimatikan atau dinyalakan sesuai dengan kebutuhan.

Bisa dibilang fitur-fitur yang hadir pada ColorOS 11 for Gaming mampu membantu kita untuk memainkan game secara nyaman, lancar, dan imersif pada Reno5 F. Menurut kamu, fitur mana saja yang sangat membantu ketika sedang memainkan game secara intensif.

Sementara itu, Reno5 F sendiri mulai dijual secara perdana di Indonesia mulai dari tanggal 2 April 2020 melalui kanal offline dan online dengan harga Rp 4.299.000. Namun untuk mendapatkannya lebih awal, kamu dapat mengikuti flash sale di Lazada Indonesia dari 27 Maret hingga 1 April 2020.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar