Tekno Tips dan Trik

Tambah Gampang! Begini Cara Ngecas iPhone Tanpa Kabel

Cara Ngecas HP iPhone Tanpa Kabel Header

Gadgetren – Pengisian daya tanpa kabel telah menjadi trend beberapa tahun belakangan ini. Perusahaan Apple pun tak mau ketinggalan memanfaatkan teknologi ini untuk melengkapi berbagai perangkat buatannya.

iPhone yang menjadi senjata andalan Apple dalam menjangkau pasar handphone pun termasuk salah satu di antaranya. Sejumlah seri dalam lini perangkat seluler tersebut membawa dukungan pengisian tanpa kabel meskipun masih jarang dipakai oleh sebagian orang.

Pengisian tanpa kabel Apple padahal termasuk teknologi yang mudah untuk digunakan. Selain mempunyai kompatibilitas yang sangat luas, para pengguna pun bisa memasangnya tanpa perlu pengetahuan ekstra.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada yang belum mengerti secara teknis cara memanfaatkannya. Yang mana secara umum, justru lebih berkaitan pada kompatibilitasnya terhadap produk dari pihak ketiga dibandingkan bagaimana cara menggunakannya.

Apa saja adaptor yang mendukung pengisian daya tanpa kabel iPhone? Apakah kita bisa menggunakan charging pad, stand, atau station secara sembarangan? Mari kita bedah secara lebih mendalam pada artikel kali ini.

Pengisian Daya Tanpa Kabel Apple

Apple mulai menyematkan teknologi pengisian tanpa kabel pada pengembangan perangkat iPhone 8 setelah sejumlah handphone berbasis sistem Android dari merek ternama menggunakannya terlebih dulu selama beberapa tahun.

Apple pun ikut bergabung menggunakan Qi Wireless Charging yang merupakan standar pengisian tanpa kabel yang dikembangkan oleh Wireless Power Consortium untuk perangkat-perangkat berdaya rendah.

Meskipun sebelumnya hanya mendukung transfer arus sebesar 5W, Apple menariknya meningkatkan kemampuan teknologi pengisian tanpa kabel lawas tersebut menjadi 7,5W melalui pembaruan iOS.

Seolah tak puas dengan itu, Apple bersama dengan peluncuran iPhone 12 pada tahun 2020 kemarin memperkenalkan kembali teknologi MagSafe yang memberikan inovasi baru ke dalam model pengisian tanpa kabelnya.

Cara Ngecas HP iPhone Tanpa Kabel - MagSafe

Teknologi pengisian yang memanfaatkan sifat magnetis benda untuk mempermudah pemasangan aksesori seperti charging pad dan case ini menariknya tak hanya mampu memberikan opsi pemakaian lebih baik, melainkan juga peningkatan kecepatan hingga sebesar 15W.

Para pengguna umumnya dapat menggunakan berbagai macam teknologi pengisian tanpa kabel dengan cara serupa. Namun untuk iPhone, kamu dapat menyimaknya secara lebih lanjut langkah-langkah berikut.

Cara Mengisi Daya iPhone Tanpa Kabel

Aksesori yang Diperlukan

  • Charging pad, stand, atau station yang mendukung standar pengisian Qi
  • Adaptor pengisi dari dalam paket penjualan charging pad, stand, maupun station (atau gunakan produk dengan spesifikasi yang direkomendasikan)
  • Kabel data sesuai port yang dibutuhkan

Jika menggunakan MagSafe atau MagSafe Duo sebagai charging pad, pengguna secara khusus perlu menggunakan adaptor USB Type-C dengan daya minimal 20W milik Apple maupun pihak ketiga yang kompatibel.

Sementara bagi pengguna yang memakai produk dari pihak ketiga, saya sedikit menyarankan agar mengecek spesifikasi atau menanyakannya kepada produsen terkait agar dapat berjalan secara optimal.

Setelah beberapa aksesori pengisian tanpa kabel di atas siap, pengguna selanjutnya bisa langsung menggunakannya. Meskipun setiap produk mempunyai preferensi berbeda-beda, kurang lebih berikut tahan yang perlu ditempuh.

Langkah Pengisian Nirkabel

  1. Hubungkan charging pad, stand, atau station dengan adaptor menggunakan kabel yang sesuai
  2. Kemudian letakkan aksesori tersebut pada bidang datar atau sesuai petunjuk pemakaian produknya
  3. Colok adaptor pengisi daya ke terminal atau stop kontak
  4. Letakkan iPhone menghadap ke atas pada charging pad, stand, atau station sesuai dengan tempat yang direkomendasikan
  5. Tunggu beberapa detik dan pastikan logo pengisian (ikon tanda petir) muncul di status bar
    Cara Ngecas HP iPhone Tanpa Kabel 1

Memasang iPhone di atas pengisi tanpa kabel harus benar-benar pas agar induksi elektromagnetik dari keduanya dapat berjalan dengan optimal. Bahkan jika diperlukan, matikan getaran untuk pemberitahuan supaya perangkat tidak bergeser dari posisi semestinya.

Apabila iPhone belum terisi setelah beberapa waktu atau proses transfer daya berjalan sangat lambat, coba untuk mencopot case karena ukuran yang tebal dan beberapa jenis bahannya dapat menghambat proses tersebut.

Dalam beberapa kasus, proses pengisian daya dapat berhenti di angka 80 persen saat iPhone terlalu panas agar baterai tidak cepat rusak dan baru kembali melanjutkan prosesnya setelah menurun. Untuk mengantisipasi hal ini, pengguna bisa memindahkan semua perlengkapan ke tempat bersuhu dingin seperti ruangan yang memiliki AC.

Semua seri handphone yang lahir setelah iPhone 8 secara umum dapat menggunakan metode pengisian tanpa kabel. Namun supaya lebih jelas, para pengguna dapat melihatnya pada daftar berikut.

Daftar iPhone Dengan Dukungan Pengisi Daya Tanpa Kabel

  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone SE (Generasi ke-2)
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus

Para pengguna salah satu iPhone di atas dapat memanfaatkan fitur pengisian tanpa kabel jika menginginkannya. Pengguna dalam hal ini bisa menggunakan aksesori seperti MagSafe, MagSafe Duo, atau produk pihak ketiga yang tersertifikasi Qi Wireless Charging.

Ada banyak perangkat yang sudah menawarkan sertifikat Qi Wireless Charging. Beberapa bahkan sudah mendukung pengisian hingga 7,5W sesuai dengan preferensi di iOS terbaru.

Kompatibilitas Pengisi Daya Tanpa Kabel Pihak Ketiga

Apple sayangnya tidak mengungkapkan produk mana saja yang mendukung pengisian iPhone tanpa kabel. Oleh karena itu, pengguna dapat mengeceknya sendiri melalui halaman pengecekan sertifikat Qi Wireless Charging.

Sedikit saran saya, gunakan perangkat asli dari merek-merek populer seperti Anker, Belkin, Logitech, atau RAVPower jika ingin membeli yang bukan MagSafe atau MagSafe Duo walaupun sebenarnya sudah paling pas untuk perangkat iPhone.

Pemakaian merek abal-abal atau palsu bisa sangat berisiko. Hal ini dikarenakan secara teknis, teknologi pengisi tanpa kabel yang tidak dipakai dengan benar dapat menyebabkan sejumlah kerusakan.

Risiko Pengisian Daya Tanpa Kabel

Paparan induksi elektromagnetik yang muncul dari pemakaian pengisian tanpa kabel dapat merusak beberapa komponen seperti strip magnetis maupun RFID di dalam berbagai macam kartu.

Oleh karena itu saat melakukan pengisian menggunakan metode tanpa kabel, sebisa mungkin jauhkan benda-benda seperti kartu kredit, lencana keamanan, paspor, dan fob kunci.

Pastikan juga bahwa tidak ada benda lain (termasuk case yang memuat berbagai macam hal sensitif tersebut) menghalangi permukaan antara iPhone dan aksesori pengisi tanpa kabel.

Tinggalkan Komentar