ASUS TUF Gaming FX507
Tekno Tips dan Trik

Sama-Sama Dari Telkom! Ini Dia Perbedaan Wifi.id dan IndiHome

Perbedaan Wifi Id dan IndiHome Header

Gadgetren – Telkom Indonesia merupakan raksasa telekomunikasi yang mempunyai beberapa layanan utama dalam menggelar jaringan internet bagi masyarakat supaya mampu memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Wifi.id dan IndiHome termasuk di antaranya. Kedua layanan internet broadband ini menawarkan akses daring dengan kecepatan tinggi sehingga bisa dipakai untuk melakukan kegiatan apa pun.

Bermain game, mengunduh berkas, hingga menonton video daring secara langsung tentu tak akan menjadi sebuah masalah. Apalagi jika hanya sekedar untuk mengakses layanan media sosial.

Meskipun begitu, kedua layanan internet milik Telkom tersebut menawarkan sejumlah hal yang sangat berlainan sehingga pelanggan tak bisa menggunakannya secara asal-asalan.

Secara umum, kamu dalam hal ini bisa mempertimbangkan jenis layanan berdasarkan harga atau dukungan yang dibawanya. Adapun beberapa perbedaan Wifi.id dan IndiHome termasuk di antaranya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Wifi.id dan IndiHome

IndiHome merupakan layanan digital yang mewadahi lebih banyak produk ketimbang Wifi.id. Di dalamnya, pelanggan tak hanya dapat menikmati akses internet cepat melainkan juga telepon rumah serta TV Interaktif.

Sementara di sisi lain, Wifi.id hanya berupa layanan tunggal. Kamu di dalamnya tidak akan menemukan dukungan telepon rumah dan TV Interaktif yang bisa menjadi tambahan menarik bagi sebagian orang melainkan hanya layanan internet saja.

Ditambah lagi, jenis dukungan internet di dalam kedua layanan tersebut pun sebenarnya cukup berlainan. Wifi.id umumnya tersedia sebagai jaringan publik sementara IndiHome khusus pemakaian personal.

Kamu bisa menjumpai banyak lokasi yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan Wifi.id tetapi tidak akan menemukan jaringan IndiHome yang tersedia di tempat-tempat umum.

Kalau pun ada, pelanggan biasanya akan mengubah nama Access Point (AP) atau disebut juga hotspot dengan sebutan lebih personal untuk layanan IndiHome yang notabene tidak bisa dilakukan di Wifi.id.

Oleh karenanya, IndiHome bakal lebih cocok bagi masyarakat yang membutuhkan akses internet di rumah atau kantor pribadi. Sementara Wifi.id akan cenderung pas untuk masyarakat di tempat umum.

Perbedaan Wifi Id dan IndiHome Header

Benefit Layanan dan Cara Aktivasi Pun Berbeda

Agar bisa menggunakan layanan internet di IndiHome, kamu perlu berlangganan bulanan dengan biaya berbeda-beda tergantung bandwidth dan produk tambahan yang dipilih.

Jika dirinci, ada banyak paket berlangganan yang tersedia di layanan IndiHome. Yang mana di antaranya termasuk paket single play, dual play (internet + telepon atau internet + tv interaktif), dan triple play (internet + telepon + tv interaktif).

Sementara untuk memanfaatkan layanan Wifi.id, kamu tak perlu sampai berlangganan setiap bulan karena hanya perlu membeli paket yang tersedia dengan rentang harga lebih murah.

Hingga saat ini, terdapat tiga jenis paket yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk bisa menikmati layanan Wifi.id meliputi harian (Rp 5.000), mingguan (Rp 20.000), dan bulanan (Rp 50.000).

Kamu yang ingin berlangganan IndiHome pun perlu menempuh beberapa tahapan yang cukup panjang mulai dari mendaftar, mengecek ketersediaan, hingga pemasangan alat.

Hal ini bakal terasa lebih ribet saat dibandingkan dengan Wifi.id karena hanya perlu membeli voucher di lokasi Access Point atau melalui operator seluler maupun dompet digital seperti LinkAja agar bisa langsung menikmati layanan.

Lebih-lebih lagi, kamu yang ingin menggunakan Wifi.id tak perlu repot-repot menyediakan lokasi untuk memasang perangkat kecuali ingin menyediakan layanan jaringan publik dengan memasang Wifi Manage Service (WMS) dari layanan.

Bagi kamu yang belum tahu, Wifi.id juga menyediakan dukungan pemasangan WMS. Mirip dengan layanan IndiHome, hal ini dapat menjadi opsi bagi kamu yang ingin menyediakan jaringan publik dengan nama SSID khusus.

Selain itu pun, opsi Wifi.id melalui pemasangan WMS pun hanya bisa dilakukan melalui proses berlangganan yang mana biayanya bakal lebih mahal dengan harga berbeda-beda tergantung paket yang diinginkan.

Tabel Perbedaan Wifi.id dan IndiHome

AspekWifi.idIndiHome
Jenis ProdukInternetInternet, TV Interaktif, Telepon Rumah
PemakaianPublikPersonal
BiayaTerjangkau*Relatif Mahal
PembelianModel Beli PaketModel Berlangganan
PemasanganTidak Perlu Perangkat*Perlu Pemasangan Perangkat

*) kecuali pengguna ingin memasang WMS sendiri

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar