ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Transfer Data dari iPhone ke Handphone Android

Cara Transfer Data iPhone Ke Android Header

Gadgetren – Meskipun sama-sama menjadi jenis perangkat seluler yang banyak digunakan oleh pengguna masa kini, handphone iPhone dan Android mempunyai ekosistem dengan dukungan yang sangat berlainan.

Keduanya memang mempunyai fitur yang hampir serupa, hanya saja pada sisi antarmuka, tampilan, hingga pengoperasian di dalamnya terpaut cukup jauh sehingga kadang-kadang menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan pengguna.

Melalui sistem operasi bernama iOS, iPhone salah satunya mempunyai dukungan yang agak berbeda dalam mengurus file data tersimpan dibandingkan dengan handphone-handphone Android pada umumnya.

Oleh karena itu, orang-orang perlu menempuh langkah ekstra saat ingin ganti handphone sekaligus platform. Apalagi secara mendasar, iPhone dan Android tidak mempunyai dukungan transfer data yang mampu menghubungkannya secara langsung.

Jika mentransfer data antar iPhone atau Android adalah hal yang mudah dilakukan saat ganti handphone, ini akan berubah menjadi sedikit berbeda saat pengguna perlu melakukannya ke platform lain.

Untungnya, banyak perusahaan teknologi yang sadar dengan hal ini. Termasuk di antaranya Google dan Apple yang notabene adalah raksasa di balik pengembangan sistem untuk kedua jenis perangkat seluler tersebut.

Jika kamu ingin beralih dari satu platform ke yang lain, ada banyak metode yang bisa dilakukan supaya berhasil memindahkan datanya. Adapun beberapa di antaranya termasuk cara transfer data dari iPhone ke Android berikut.

Cara Transfer Data dari iPhone Ke Android

Menggunakan Google Drive

  1. Unduh aplikasi Google Drive melalui Apple App Store
  2. Jalankan aplikasi jika sudah berhasil terpasang
  3. Buat akun atau login dengan akun Google yang dimiliki
  4. Dari halaman utama, klik Menu di pojok kiri atas
  5. Pilih menu Settings
  6. Masuk ke bagian Backup
  7. Ketuk tombol Backup
  8. Tunggu prosesnya selesai (jangan menutup aplikasi)
  9. Setelah selesai, buka aplikasi Google Drive di Android
  10. Login dengan akun yang sama seperti pada aplikasi iPhone
  11. Download juga aplikasi Google Contacts, Google Photos, dan Google Calendar jika membutuhkannya

Google Drive adalah salah satu solusi yang tak boleh dilewatkan jika kamu akan beralih ke perangkat Android. Pasalnya, layanan ini bakal menjadi salah satu dukungan penting yang akan sering dipakai di ekosistem buatan Google tersebut.

Proses transfer menggunakan Google Drive sayangnya dapat berjalan sangat lama tergantung besar data yang dimiliki pengguna. Meski begitu, kamu harus menunggunya sampai selesai (jangan menutupnya atau mematikan jaringan internet) agar berhasil dilakukan.

Selain itu bagi kamu yang secara khusus tak hanya ingin mentransfer data melainkan memindahkannya untuk beralih secara penuh ke Android, sebelumnya perlu mematikan layanan FaceTime maupun iMessage supaya tidak melewatkan panggilan dan pesan penting.

Cara Mematikan FaceTime maupun iMessage

  1. Buka Settings di iPhone
  2. Masuk ke bagian Messages lalu matikan opsi iMessage
  3. Kembali ke halaman utama Settings
  4. Cari dan pilih menu FaceTime
  5. Ubah tombol FaceTime ke kondisi mati

Mematikan iMessage dan FaceTime sangat penting untuk dilakukan oleh para pengguna yang ingin benar-benar berpindah ke handphone Android. Jika tidak melakukannya, semua pesan dan panggilan telepon bakal tetap tersangkut ke iPhone meski kartu SIM sudah dipindahkan.

Sebagai tambahan informasi, iMessage dan FaceTime sendiri sangat berbeda dari layanan telepon dan pesan biasa. Apple dalam mengelolanya menggunakan layanan internet sehingga fitur tetap akan bekerja jika tidak dimatikan yang membuat semua pesan dan panggilan telepon ke nomor pengguna masih melewatinya.

Transfer menggunakan Google Drive uniknya mendukung banyak sekali jenis data, termasuk kontak, foto, hingga kalender. Jika belum termasuk di dalamnya, kamu pun dapat menggunakan fitur Upload di dalam aplikasi sebagai solusi.

Cara Mengunggah Berkas Data Secara Manual di Google Drive iPhone

  1. Buka aplikasi Google Drive dengan akun yang kamu miliki
  2. Klik tombol Plus di bagian bawah
  3. Pilih Upload
  4. Selanjutnya ketuk menu Browse lalu cari dan pilih semua berkas yang diinginkan
  5. Ketuk tombol Upload

Menggunakan Google Drive untuk memindahkan data dari iPhone ke Android bakal sangat membantu. Sayangnya, pengguna memerlukan koneksi internet dan proses transfer tidak terjadi langsung dari perangkat ke perangkat.

Pengguna dapat menggunakan layanan transfer data lintas platform dari pihak ketiga seperti Send Anywhere sebagai solusi yang lebih menarik. Yang mana pada umumnya, kamu hanya perlu memasang aplikasi dan menghubungkan kedua perangkat dalam satu jaringan.

Menggunakan Send Anywhere

  1. Install aplikasi Send Anywhere di kedua handphone
  2. Setelah selesai, buka aplikasi Send Anywhere di iPhone
  3. Pilih semua data yang ingin ditransfer (bisa pilih satu atau banyak data sekaligus)
  4. Sentuh tombol Send untuk mulai mengirimkan data
  5. Catat kode khusus yang muncul setelahnya
    Cara Transfer Data iPhone Ke Android 1
  6. Buka aplikasi Send Anywhere di handphone Android
  7. Jika aplikasi meminta akses ke sejumlah bagian, berikan akses tersebut
  8. Sentuh tombol Receive di bagian bawah aplikasi
  9. Masukkan kode yang berhasil disalin dari aplikasi Send Anywhere di iPhone
  10. Sentuh tombol Receive
    Cara Transfer Data iPhone Ke Android 2
  11. Data akan otomatis ditransfer dari iPhone ke handphone Android yang dituju

Ini adalah cara paling mudah untuk transfer data antara iPhone dengan Android. Pengguna hanya perlu memasang aplikasi Send Anywhere di kedua handphone melalui Google Play Store dan Apple Apps Store sesuai perangkat.

Yang cukup menarik, transfer data akan dilakukan tanpa melalui internet jika kedua handphone berada dalam satu jaringan WiFi. Namun jika beda jaringan maka prosesnya akan terjadi melalui internet.

Ini membuatnya cukup cocok digunakan jika pengguna ingin mengirimkan banyak data sekaligus. Apalagi, data dibagi menjadi empat kategori untuk memudahkan pencarian yaitu Photos, Videos, Contacts, dan Files.

Khusus untuk data jenis foto hasil kamera iPhone, ada kemungkinan format datanya adalah HEIC yang mana agak lebih sulit dibuka di perangkat lain dibandingkan format standar. Ada baiknya untuk data jenis foto, pengguna memakai opsi Send Anywhere melalui aplikasi Photos di iPhone agar formatnya secara otomatis berubah menjadi JPEG terlebih dahulu.

Menggunakan Send Anywhere Melalui Photos

  1. Buka aplikasi Photos pada perangkat iPhone
  2. Cari dan tandai semua foto yang ingin dikirim
  3. Setelah itu, ketuk tombol Share
  4. Pilih menu Send Anywhere

Selain bisa dipakai untuk mengirimkan data dari iPhone ke Android, layanan ini menariknya juga mendukung banyak platform lain meliputi Amazon Kindle, keluarga Microsoft Windows, MacOS, hingga Linux.

Jika data yang ingin ditransfer sangat banyak dan butuh transfer data dalam waktu cepat, maka bisa menggunakan laptop atau komputer. Hanya saja, langkah-langkah yang diperlukan dalam cara ini agak sedikit lebih panjang.

Menggunakan Komputer Berbasis Windows

  1. Pasang aplikasi iTunes dari Microsoft Store
  2. Buka aplikasi jika sudah berhasil terpasang
  3. Login atau buat akun Apple ID jika membutuhkannya
  4. Hubungkan iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel USB
  5. Tunggu sampai perangkat benar-benar terkoneksi
  6. Pilih iPhone yang terhubung dari daftar sebelah kiri
  7. Sentuh opsi File Sharing
  8. Ketuk aplikasi terkait dari daftar yang muncul di bagian Apps
  9. Pilih semua data yang ingin dipindahkan pada kolom sebelah kanan
  10. Klik tombol Save
  11. Cari lokasi penyimpanan yang mudah ditemukan
  12. Konfirmasi dengan tombol Save sekali lagi
  13. Tunggu proses transfer hingga selesai
  14. Setelahnya, hubungkan handphone Android ke komputer dengan kabel yang sesuai
  15. Buka panel notifikasi dengan menarik bar di atas ke bawah
  16. Ketuk notifikasi mode USB (biasanya masih Charging this device via USB)
    Cara Transfer Data iPhone Ke Android 3
  17. Kemudian ubah koneksi ke mode transfer file jika diperlukan
  18. Buka folder tempat menyimpan salinan data dari iPhone
  19. Pilih semua berkas yang ingin dikirim ke Android
  20. Klik kanan lalu pilih Copy atau Cut
  21. Buka folder handphone Android
  22. Cari folder yang akan digunakan untuk menyimpan salinan berkas data
  23. Klik Kanan lalu pilih Paste

Kecepatan transfer data menggunakan kabel USB biasanya bakal lebih cepat ketimbang secara nirkabel. Hanya saja, tidak bisa dipungkiri hal ini juga bergantung pada tipe USB dan kualitas kabel yang digunakan.

Pada metode ini, kamu secara khusus tak hanya membutuhkan komputer saja. Seperti penjelasan di atas, proses transfer di dalamnya juga membutuhkan kabel data iPhone (lightning) dan Android (sesuai tipe yang didukung).

Jika menggunakan handphone dari sejumlah merek populer, memindahkan data dari iPhone ke Android biasanya juga bisa dilakukan dengan mudah melalui fitur khusus yang disediakan oleh perusahaannya.

Menggunakan Fitur Bawaan Handphone

Merek Handphone AndroidFitur yang Ditawarkan
SamsungSamsung Smart Switch
XiaomiMi Mover
OPPOOPPO Clone Phone
Vivovivo EasyShare
HuaweiHUAWEI Phone Clone
LGLG Mobile Switch

Secara umum, kamu biasanya hanya perlu memasang aplikasi yang sama pada perangkat iPhone lalu mengatur perangkat sebagai pengirim. Selanjutnya di handphone Android, kamu bisa mengaktifkan mode transfer dari iPhone.

Langkah-langkah untuk menggunakan setiap fitur dari perusahaan di atas secara lebih rinci tentu saja akan berbeda-beda. Karenanya, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar jika menjumpai kesulitan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar