Sponsored Content Tekno

Menilik Rekam Jejak OPPO Dalam Pengembangan Perangkat 5G

OPPO Reno5 5G Back Box

Pada tahun 2021 sudah mulai banyak bermunculan handphone 5G di dunia. OPPO pun menjadi salah satu perusahaan teknologi yang telah menghadirkan beragam produk inovatif 5G di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Namun berbagai handphone 5G buatan OPPO sebenarnya merupakan buah dari hasil penelitian dan pengembangan teknologi yang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun silam tepatnya mulai dari tahun 2015.

Pada bulan April 2015, OPPO secara resmi membentuk tim awal untuk standarisasi 5G. Sejak saat itu, OPPO memandang bahwa 5G merupakan sebuah teknologi besar di masa depan yang akan membuat perubahan besar dalam berbagai aspek ketika beragam perangkat tersambung dengan internet.

OPPO berharap menjadi perusahaan terdepan yang mampu mengembangkan perangkat 5G, terutama dengan menghadirkan sebuah produk 5G yang dapat dinikmati dan dijangkau oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Berlanjut ke bulan Mei 2018, OPPO mendemonstrasikan teknologi video 5G pertamanya berdasarkan cahaya berstruktur 3D (3D Structured Light). Tentu saja pengembangan OPPO tersebut telah membuahkan hasil menarik yang sudah dapat menghadirkan interaksi video melalui jaringan 5G.

OPPO Video WeChat

Selanjutnya pada bulan Agustus 2018, OPPO memimpin dalam pengujian sinyal jaringan 5G dan tautan data berdasarkan handphone yang tersedia secara komersial. Tak berselang terlalu lama, OPPO pun akhirnya menjalankan basis akses internet 5G pada uji komunikasi nirkabel.

Dengan kata lain, ini pertama kalinya OPPO menghubungkan perangkat buatannya ke jaringan 5G dan sukses terhadap pengujian kompatibilitas. Masih di tahun yang sama tepatnya November 2018, OPPO sukses melakukan pengujian video call grup di aplikasi WeChat melalui jaringan 5G.

Menariknya pada Desember 2018, OPPO mendemonstrasikan contoh Find X 5G pada Konferensi Mitra Global China Mobile. Bisa dibilang 2018 menjadi salah satu tahun penting bagi OPPO dalam pengembangan produk 5G.

Berganti tahun ke Februari 2019, OPPO memperkenalkan handphone komersial pertamanya melalui OPPO Innovation 2019 yang berlangsung pada ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Mobile World Congress merupakan acara bergengsi tahunan dunia yang menjadi ajang untuk memamerkan inovasi teknologi dan produk mobile yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan dari berbagai negara.

OPPO Erricson join 5G

Dalam acara tersebut, OPPO berhasil menjadi salah satu perusahaan yang dilirik oleh banyak pengunjung karena inovasinya dalam menghadirkan handphone OPPO 5G komersial pertama di dunia. Masih di bulan Februari 2019, OPPO pun melakukan siaran langsung selular pertama di dunia melalui jaringan 5G dengan smartphone 5G OPPO.

Berselang tiga bulan setelahnya, OPPO secara resmi meluncurkan komersialisasi perangkat OPPO Reno 5G pertama kali untuk pasar Eropa pada bulan Mei 2019. Sementara pada November 2019, OPPO bermitra dengan Ericsson membuat laboratorium pengembangan 5G.

Tak hanya sampai di situ saja, pada bulan yang sama OPPO juga melakukan pengujian jaringan 3,5 GHz bersama operator Indonesia di Batam menggunakan handphone Reno 5G yang sudah mendukung jaringan 5G.

OPPO Find X2 Pro Back Diagonal

Kini sudah ada tiga handphone OPPO yang mendukung jaringan 5G, yakni OPPO Find X2, Find X2 Pro, dan Reno5 5G. OPPO Find X2 dan Find X2 Pro sudah diluncurkan sejak tahun 2020 silam dengan dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 865 yang dikombinasikan modem Snapdragon X55 dari Qualcomm dengan dukungan jaringan 5G.

Sementara OPPO Reno5 5G menjadi salah satu handphone andalan OPPO di tahun 2021 yang sudah mendukung jaringan 5G, namun memiliki harga terjangkau mencapai Rp 6.899.000 di Indonesia.

OPPO Reno5 5G diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang memiliki modem Qualcomm Snapdragon X52. Berkat modem tersebut, Reno5 5G mempunyai kecepatan download 2,4 Gbps dan upload 500 Mbps di jaringan 5G. Sementara di jaringan 4G-LTE memiliki kecepatan upload 1,2 Gbps dan upload 200 Mbps.

OPPO Reno5 5G Diagonal Display

Bisa dibilang Reno5 5G menjadi handphone 5G termurah dari OPPO yang dapat dibeli oleh masyarakat Indonesia. Ke depannya OPPO berupaya untuk menghadirkan lebih banyak perangkat 5G lagi, termasuk handphone yang lebih murah lagi agar masyarakat dapat menikmati teknologi 5G.

Untuk itu, kamu dapat dapat terus memantau Gadgetren untuk terus mengetahui kelanjutan dari pengembangan teknologi dan produk OPPO yang mendukung jaringan 5G.

Tinggalkan Komentar