ASUS TUF Gaming FX507
Berita Operator Seluler

Laporan nPerf: Smartfren Unggul Latensi Rendah, Telkomsel Jadi Tercepat

paket-indovision-internet-header

Gadgetren – Sebagai operator seluler, Telkomsel dikabarkan tengah memimpin sebagian besar indikator untuk kecepatan internet di Indonesia antara lain kecepatan unduh, unggah, browsing, dan streaming YouTube.

Informasi itu dirangkum dalam sebuah riset bertajuk Barometer Koneksi Internet Seluler di Indonesia Laporan Tahun 2020 yang diusung oleh perusahaan pengujian crowdsource jaringan Telco asal Perancis bernama nPerf.

Menurut riset tersebut, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan unduh (download) 8,26Mbps/detik, lebih tinggi dibandingkan Smartfren 7,28Mbps/detik, Indosat Ooredoo 5,80Mbps/detik, XL Axiata 5,67Mbps/detik, dan Tri 5,19Mbps/detik.

Telkomsel juga paling ngebut untuk urusan unggah (upload) sebesar 5,04Mbps/detik, kemudian diikuti oleh operator Tri 3,92Mbps/detik, Indosat Ooredoo 3,57Mbps/detik, XL Axiata 3,54Mbps/detik, dan Smartfren 2,29Mbps/detik.

Sementara untuk performa browsing dan streaming YouTube, Telkomsel pun mengungguli empat operator lainnya dengan nilai rata-rata 35,3% dan 62,9% secara berurutan. Namun dari sisi latensi, Telkomsel turun level di bawah Smartfren dengan 60.6ms.

Sedangkan Smartfren memimpin sebagai operator dengan latensi terendah mencapai 57,2ms yang mana bagus untuk bermain game serta akses jaringan 4G dan 4G+, lalu disusul XL Axiata dengan latensi 68,25ms, Tri 69,20ms, dan posisi terakhir adalah Indosat Ooredoo 77,40ms.

nPerf-Latensi-2G-4G-Operator-seluler-Indonesia

Ketika kami melihat kecepatan unduh, kami melihat bahwa sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang dibatasi untuk penggunaan intensif seperti streaming video dalam definisi tinggi,” tulis nPerf dalam laporan tertulisnya. 

Hasil laporan nPerf pada tahun 2020 itu berdasarkan pengujian koneksi pengguna dengan aplikasi seluler iOS dan Android sebanyak 1.682.019 di Indonesia. Kemudian nPerf melakukan penyaringan kembali dan mendapatkan data akhir yang kemudian diambil sebanyak 1.178.027.

nPerf-Download-bitrates-averages-hour-of-day.

Sasaran skor laporan tersebut pun diklaim nPerf mencerminkan pengalaman pelanggan menggunakan lima operator seluler tersebut. Selain itu, nPerf juga menyertakan grafik Grafik per bulan tahun 2020 di Jakarta yang menggambarkan kemampuan penyedia layanan operator seluler untuk mempertahankan kecepatan unduh yang stabil sepanjang tahun, terlepas dari beban jaringannya.

Merujuk pada grafik tersebut, terlihat bahwa Smartfren telah mempercepat kecepatan unduh pada paruh kedua tahun 2020. Di samping itu, nPerf menerangkan pada grafik per hari tahun 2020 di Jakarta bahwa disimpulkan semua operator menurunkan kecepatan unduh dari pukul 18.00 – 22.00 malam.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar