Berita

nPerf: Telkomsel Kembali Merajai Barometer Internet Seluler di Indonesia Pada Tahun 2019

Telkomsel Rajai Barometer Internet 2019 Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kinerja seluler yang dimiliki Telkomsel tampaknya masih menjadi raja di Tahun 2019 kemarin. Hal ini pun diakui oleh sebuah hasil studi dari perusahaan uji jaringan asal Perancis, nPerf.

Berdasarkan laporan berjudul “Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia – 2019” yang diterbitkan nPerf pada tanggal 25 Februari 2020, raksasa telekomunikasi asal Indonesia itu berhasil mengumpulkan skor 35.499 nPoints.

Hasil tersebut mengalahkan perusahaan-perusahaan telekomunikasi lain seperti XL Axiata dengan 28.384 nPoints, Tri dengan 23.190 nPoints, Smartfren dengan 23.107 nPoints, dan Indosat Ooreedoo dengan 19.839 nPoints.

Telkomsel Rajai Barometer Internet 2019 Data

Telkomsel tercatat unggul di tiga kategori penilaian yang meliputi kecepatan unggah dengan rata-rata 7,89 Mbps, kinerja browsing dengan rasio 37,46 persen, dan kinerja streaming dengan rasio 71,49 persen.

Sementara di tiga kategori lainnya, perusahaan berplat merah ini harus mengakui keunggulan perusahaan-perusahaan lain meskipun secara umum kinerjanya sebenarnya tak terpaut terlalu jauh.

Di kategori rasio keberhasilan, operator yang kental dengan warna merah ini harus duduk di posisi kedua dan mengakui kehebatan kinerja layanan operator Tri yang memiliki rasio keberhasilan hingga 80,27 persen.

Telkomsel selanjutnya pun harus duduk di posisi yang sama pada kategori kecepatan unduhan karena hanya memiliki kecepatan hingga 9,96 Mbps ketika Smartfren mampu menembus kecepatan 10,62 Mbps.

Menariknya, XL Axiata dan Smartfren juga berhasil mengalahkan Telkomsel di kategori latensi. Dengan rata-rata ping di angka 62,02 ms, XL Axiata diklaim nPerf sangat cocok untuk mereka yang gemar bermain game.

Studi yang dilakukan oleh nPerf sendiri didasarkan hasil uji jaringan yang dilakukan oleh para pengguna aplikasinya. Selama tahun 2019, nPerf mencatat setidaknya ada 651.618 pengujian dengan 401.816 pengujian yang sesuai sehingga bisa digunakan dalam studi.

Selain mengungkapkan peringkat kinerja jaringan seluler di Indonesia, studi nPerf juga menemukan beberapa fakta menarik dari pengujian di dalam layanannya seperti fakta bahwa beberapa perusahaan membatasi kecepatan unduhan untuk penggunaan intensif layaknya streaming video berkualitas HD.

Sebagai tambahan informasi, nPerf sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan aplikasi pengujian jaringan seperti Speedtest dan OpenSignal. Aplikasinya pun bisa diunduh melalui Google Play Store maupun App Store.

Tinggalkan Komentar