Smartphone

Apakah POCO M3 Sudah Mendukung WiFi 5 GHz?

POCO-M3-Indonesia-Header

Gadgetren – Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2021 silam, kini popularitas dari POCO M3 semakin meningkat di Indonesia.

Salah satu yang membuat handphone berjuluk entry-level killer ini melambung adalah harganya yang terjangkau, namun memiliki spesifikasi hardware dan fitur yang menarik di kelasnya.

Berkat diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 662 Octa-Core, POCO M3 mampu mendukung beragam jaringan WiFi dengan standar 802.11a/b/g/n, 802.11ax-ready, 802.11ac, maupun Wave 2.

Tak hanya sampai di situ saja, POCO M3 juga hadir dengan dukungan Wi-Fi di pita frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Biasanya router WiFi masa kini ada yang menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz atau salah satunya saja.

WiFi pada frekuensi 2,4 GHz sendiri memiliki jarak konektivitas yang lebih jauh dibandingkan dengan frekuensi 5 GHz. Secara ilmiah, pada frekuensi tinggi akan terjadi penurunan kekuatan gelombang yang lebih cepat.

WiFi 2,4 GHz mempunyai jangkauan koneksi hingga 125 meter dan 5 GHz berada di bawah jarak tersebut. Menariknya, frekuensi 5 GHz mempunyai tingkat gangguan sinyal yang lebih sedikit dibandingkan dengan 2,4 GHz. Hal ini terjadi karena saat ini sudah terdapat banyak sinyal di frekuensi 2,4 GHz seperti gelombang microwave, Bluetooth, dan lainnya.

POCO-M3-tanggal-peluncuran

Lalu Apakah POCO M3 Juga Berarti Dukung Seluler 5G?

Namun perlu dicatat bahwa WiFi 5 GHz tidak berhubungan dengan teknologi jaringan selular 5G karena keduanya merupakan dua hal yang berbeda. WiFi 5 GHz lebih merujuk pada jaringan WiFi lokal seperti dari router, bukan dari operator seluler.

Seperti yang dijelaskan pada bagian atas, POCO M3 ini mendukung dua pita frekuensi WiFi sekaligus, yakni 2,4 GHz dan 5 GHz. Dengan kata lain, pengguna handphone tersebut dapat menikmati koneksi internet dengan router yang memiliki pita frekuensi tersebut.

POCO-M3-Kuning-Header.

Biasanya pada saat pengguna mengaktifkan fitur Wi-Fi, maka secara otomatis akan memunculkan nama Wi-Fi yang sedang tersedia di area sekitar. WiFi dengan frekuensi 5 GHz sering kali akan memperlihatkan tulisan 5G atau 5 GHz tepat di sebelah nama Wi-Fi yang muncul. Namun sekali lagi ini bukan jaringan seluler 5G yang mulai tren di 2021.

Sementara apabila kamu bertanya apakah POCO M3 sudah mendukung jaringan selular 5G, maka jawabannya tidak. Hal ini disebabkan oleh Qualcomm Snapdragon 662 Octa-Core yang menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X11 LTE.

Modem buatan Qualcomm tersebut hanya mendukung jaringan 2G, 3G, hingga 4G-LTE sehingga sama sekali tidak mendukung jaringan 5G. Modem ini sendiri mendukung jaringan 4G dengan kecepatan download LTE Cat.13 hingga 390 Mbps dan upload LTE Cat.13 hingga 150 Mbps.

Apabila kamu ingin memiliki handphone Xiaomi, maka dapat membeli produk lainnya seperti Mi 10T, Mi 10T Pro, atau Mi 10 yang sudah mendukung jaringan 5G. Namun perlu dicatat, operator di Indonesia juga hingga tulisan ini diterbitkan sama sekali belum mendukung jaringan 5G.

Dengan kata lain, POCO M3 masih menjadi pilihan bijak bagi kamu yang mencari handphone murah yang mendukung jaringan 4G-LTE.

Dengan dukungan berbagai frekuensi, POCO M3 memungkinkan penggunanya dapat memilih Wi-Fi 2,4 GHz atau 5 GHz sesuai dengan kebutuhan serta lokasi berada untuk mendapatkan kualitas jaringan WiFi terbaik. Menariknya lagi, handphone ini sendiri dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp 1,9 juta di Indonesia.

Tinggalkan Komentar