Tips dan Trik

Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram dengan Mudah dan Cepat

Ekspor WhatsApp Telegram Logo

Gadgetren – Akibat dari kebijakan privasi baru yang diumumkan WhatsApp pada aplikasinya, pesaing bernama Telegram pun dibanjiri oleh banyak pengguna baru.

Meskipun WhatsApp sudah mengumumkan penundaan kebijakan baru tersebut hingga 15 Mei 2021 mendatang, namun tetap saja sebagian penggunanya sudah benar-benar ingin pindah ke aplikasi chat lain, terutama Telegram.

Bahkan tak segan-segan, banyak pengguna WhatsApp yang sudah memindahkan data chat pentingnya ke Telegram. Dengan begitu, data percakapan penting yang selama ini berada di WhatsApp bisa diselamatkan dan digunakan di Telegram.

Meskipun mudah untuk dilakukan, namun sebagian dari kamu ada yang belum mengetahui cara untuk memindahkan data chat WhatsApp ke Telegram. Bagi kamu yang penasaran dengan caranya maka dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp di handphone atau tablet milikmu
  2. Cari akun yang chat atau percakapannya yang akan diekspor ke Telegram
  3. Masuk ke dalam halaman percakapan
  4. Tekan menu Options yang berlambang tiga titik
  5. Lalu pilih menu More
    Ekspor WhatsApp Step 1
  6. Selanjutnya, pilih menu Export chat
  7. WhatsApp akan bertanya apakah chat akan diekspor lengkap dengan file media atau tidak
  8. Kamu dapat memilih tombol Without Media apabila ingin tanpa file, namun jika ingin menyertakan file maka dapat memilih tombol Include Media
  9. Setelah salah satu tombol dipilih, maka menu Share akan memunculkan beragam aplikasi yang dapat diekspor chat dari WhatsApp
  10. Kemudian, pilih Telegram
    Ekspor WhatsApp Step 2 fix
  11. Setelah masuk ke aplikasi Telegram, maka kamu dapat memilih akun atau grup yang dikirimkan hasil ekspor chat dari WhatsApp
  12. Setelah akun atau grup dipilih, maka Telegram akan bertanya apakah kamu akan mengimpor chat dari WhatsApp atau tidak
  13. Tekan tombol Import apabila hasil ekspor dari chat WhatsApp ingin dimasukkan ke Telegram
  14. Nantinya chat dari WhatsApp akan langsung dipindahkan ke Telegram
    Ekspor WhatsApp Step 3
  15. Selamat, kamu dapat langsung melihat chat lama WhatsApp kamu di Telegram

Perlu dicatat, chat yang diekspor dari WhatsApp ke Telegram ini harus dari akun ke akun perorangan lagi atau grup ke grup lagi. Apabila kamu mencoba mengekspor chat dari akun perorangan WhatsApp ke grup Telegram, maka secara otomatis proses pemindahan hasil ekspor chat akan ditolak.

Selain itu, proses ekspor chat WhatsApp tidak dapat dikirimkan untuk langsung banyak akun atau grup sekaligus. Dengan kata lain, kamu harus mengekspor secara satu per satu.

Bisa dibilang metode ekspor chat dari WhatsApp ke Telegram tergolong mudah karena kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Apalagi proses dapat dilakukan secara cepat selama koneksi internet stabil.

Namun apabila kamu memiliki cara lain yang lebih mudah untuk mengekspor chat dari WhatsApp ke Telegram maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar