Tekno

MikiElek Portable Solar Charger – Powerbank Tenaga Cahaya Matahari Ringkas Berkapasitas 5.200mAh

Gadgetren – Powerbank merupakan salah satu perangkat yang wajib dibawa oleh banyak orang karena memungkinkan pengisian daya baterai terhadap handphone atau perangkat mobile di tempat-tempat yang minim sumber listrik.

Apalagi pada tahun 2021 ini sudah banyak bermunculan inovasi mengenai powerbank mulai dari kapasitas hingga fitur menarik. Berbicara soal powerbank yang inovatif, startup asal Hong Kong yang bernama MikiElek Solar sudah mengembangkan powerbank tenaga cahaya matahari yang ringkas dengan nama MikiElek Portable Solar Charger.

MikiElek Portable Solar Charge merupakan powerbank tenaga surya dengan ukuran ringkas yang mudah dibawa kemanapun. Perangkat ini mempunyai panjang 21,4 cm (8,46 inci), diameter 4,19 cm (1,65 inci), dan bobot 276 gram sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam tas sekalipun.

MikiElek Portable Solar Charger All

Berbeda dengan pengisi daya tenaga surya lain yang menggunakan panel memanjang dan memakan tempat, MikiElek Portable Solar Charge memanfaatkan panel penyerap cahaya matahari yang bisa digulung sehingga menjadi ringkas.

Dengan kata lain, pengguna cukup membuka gulungan dan melebarkan panel penyerap cahaya matahari ketika ingin mengisi daya baterai dari MikiElek Portable Solar Charge. Daya baterai produk ini dapat terisi penuh setelah memakan waktu sekitar 4-6 jam. Apabila pengisian baterai dari powerbank ini telah selesai, maka panel suryanya dapat digulung kembali.

Setelah baterai 5.200mAh pada MikiElek Portable Solar Charge terisi penuh, maka penggunanya dapat langsung memberikan daya baterai dari produk ini ke handphone atau perangkat mobile lainnya seperti iPhone 12, iPad Pro, Samsung Galaxy S20, GoPro Hero 8, Nintendo Switch, kamera Sony A7 R4, dan masih banyak lagi.

MikiElek Portable Solar Charger Panel

MikiElek Portable Solar Charge sendiri mempunyai port USB Type-C untuk proses input daya baterainya \dan port USB untuk proses output daya ke perangkat lain. Port USB Type-C bisa digunakan untuk mengisi daya powerbank ini ketika sedang tidak ada cahaya matahari.

Sementara port USB disematkan pada MikiElek Portable Solar Charge karena rata-rata pengisian daya baterai dari sumber listrik ke perangkat mobile biasanya menggunakan kabel USB ke microUSB, USB ke USB Type-C, USB ke Lightning, dan lainnya.

Untuk saat ini, MikiElek Solar sedang mengumpulkan dana pengembangan massal untuk MikiElek Portable Solar Charge di situs pengumpulan dana Kickstarter. Hingga berita ini dirilis, MikiElek Solar telah mendapatkan dana US$ 3.357 atau sekitar Rp 47,1 juta yang merupakan 50% dari dana total yang dibutuhkan sebesar US$ 6.448 atau sekitar Rp 90,4 juta.

Tinggalkan Komentar