Tips dan Trik

Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen? Ini Alasan dan Solusinya!

Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen Header

Gadgetren – Meskipun hadir sebagai sebuah layanan yang terus berkembang dengan berbagai macam peningkatan dukungan dari waktu ke waktu, WhatsApp kadang kala mengalami sejumlah permasalahan.

Selain berkaitan dengan sejumlah kebijakan kontroversialnya, WhatsApp juga tak luput dari kesalahan-kesalahan teknis seperti aplikasi error saat digunakan oleh para pengguna.

Beberapa waktu belakangan ini, sejumlah orang bahkan menjumpai permasalahan tersebut. Mereka di antaranya mengeluhkan bahwa fitur kamera depan dalam aplikasi WhatsApp tak mau bekerja dengan ukuran fullscreen alias layar penuh.

Permasalahan tersebut tentu cukup mengganggu bagi sebagian pengguna meskipun sebenarnya sudah ada beberapa metode alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Kenapa permasalahan kamera depan di aplikasi WhatsApp tidak berjalan secara fullscreen dapat muncul? Yuk kita bahas alasannya pada artikel kali ini, lengkap dengan cara untuk menyelesaikan saat kamu mengalaminya.

Kenapa Kamera Depan di Aplikasi WhatsApp Tidak Bekerja Secara Fullscreen?

Bug Aplikasi

WhatsApp memang mempunyai layanan yang bekerja secara lintas platform. Aplikasinya tersedia di berbagai macam perangkat dari mulai entri hingga flagship yang menawarkan dukungan dan spesifikasi berbeda-beda.

Sayangnya, WhatsApp tentu tak bisa menguji setiap versi pembaruan sistem ke semua jenis perangkat satu per satu. Oleh karenanya, kadang kala bug atau permasalahan baru terlihat di sejumlah handphone saat sudah resmi disebarkan.

Permasalahan kamera depan di aplikasi WhatsApp bisa juga terjadi akibat bug semacam ini. Kita dapat menandai hal tersebut dari kemunculannya, apakah setelah pembaruan atau tidak.

Jika muncul setelah pembaruan, ada kemungkinan permasalahan tersebut terjadi akibat bug dari aplikasi versi anyar. Namun tentu saja, ini bukan satu-satunya penyebab hal tersebut.

Versi Aplikasi Kadaluwarsa

Pembaruan biasanya membawa beberapa peningkatan penting seperti fitur maupun dukungan baru. Karena itu, kamu biasanya perlu mengunduh versi teranyar aplikasi supaya bisa menggunakannya.

Apabila kamu tetap memaksa untuk menggunakan aplikasi kadaluwarsa, beberapa dukungan maupun fitur di dalamnya bisa saja mengalami malfungsi seperti kamera depan WhatsApp yang tidak bisa termuat secara penuh pada kasus ini.

Apalagi di sisi lain, pembaruan biasanya juga menambahkan kompatibilitas (seperti ukuran layar) terhadap spesifikasi yang diusung perangkat untuk menghindari ketidaksesuaian sehingga aplikasi dapat berjalan secara normal.

Perbedaan Dimensi Ukuran Layar

Tak hanya berkaitan dengan teknologi panel yang digunakan, eksplorasi manufaktur dalam menemukan perangkat yang nyaman digunakan membuat bentuk dan dimensi layar handphone semakin beragam.

Meskipun aplikasi modern biasanya sudah dirancang dengan desain fleksibel, tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa fungsi di dalamnya gagal menyesuaikan ukuran layar perangkat.

Hal ini bisa membuat tampilan untuk fungsi tersebut terpotong atau bahkan tak jarang tidak mampu tampil secara fullscreen sebagaimana permasalahan yang dialami oleh pengguna WhatsApp pada kamera depannya beberapa hari belakangan.

Kesalahan Sistem Operasi

Agar dapat bekerja di berbagai macam handphone, aplikasi pun membutuhkan sistem operasi untuk menjembatani prosesnya dengan sumber daya dan piranti keras seperti media penyimpanan hingga kamera.

Jika muncul kesalahan pada sistem operasi, maka beberapa fitur dalam aplikasi tentunya akan mengalami sejumlah permasalahan seperti gagalnya aplikasi WhatsApp membuka kamera depan secara penuh.

Pada kasus tertentu, kesalahan ini bisa muncul akibat sistem yang terlalu usang. Sementara beberapa lainnya memang berasal dari bug pembaruan atau kerusakan yang terjadi seiring pemakaian.

Data Aplikasi Usang

Aplikasi biasanya akan menyimpan berbagai macam data agar dapat berjalan dengan baik di handphone, termasuk di dalamnya adalah data utama aplikasi maupun cache yang bersifat sementara.

Perbedaan versi data dengan aplikasi yang digunakan tentunya dapat menyulut beberapa masalah, mulai dari beberapa fitur bekerja secara tak baik hingga aplikasi tak bisa beroperasi sama sekali.

WhatsApp pun bekerja demikian. Jika aplikasinya berjalan di luar kebiasaan seperti tampilan fungsi kamera depan yang tak fullscreen, maka ada kemungkinan sejumlah data di dalamnya bentrok atau tidak sesuai dengan versi yang sedang digunakan.

Masing-masing penyebab kenapa kamera depan WhatsApp tak bisa fullscreen tentu memerlukan solusi yang berbeda. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti beberapa metode berikut secara berturut-turut.

Solusi Kamera Depan di Aplikasi WhatsApp Tidak Fullscreen

Unduh Versi Terakhir

Memperbarui aplikasi ke versi terakhir adalah langkah pertama yang bisa kamu upayakan untuk menyelesaikan permasalahan kamera depan WhatsApp akibat sejumlah hal di atas.

Biasanya, pembaruan aplikasi akan menyelesaikan beberapa bug yang terjadi di versi sebelumnya. Selain itu, hal tersebut juga akan membawa peningkatan dukungan kompabilitas seperti apa yang sudah dijelaskan.

Kamu dapat mengunjungi halaman produk WhatsApp secara langsung di layanan Google Play Store atau Apple App Store untuk memperoleh pembaruan terakhir dari aplikasi ini.

Nah jika masalah kamera WhatsApp tidak bisa fullscreen belum terobati, selanjutnya kamu dapat mencoba memperbarui sistem operasi yang terpasang di handphone-mu sesuai dengan platformnya.

Perbarui Sistem Operasi

  1. Buka Settings di handphone yang kamu gunakan
  2. Masuk ke bagian System
  3. Selanjutnya cari menu Update, Software Update, atau System Update
  4. Gunakan opsi untuk mengunduh pembaruan secara manual
    Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen Header

Karena setiap perangkat mempunyai penamaan dan tata letak fitur pembaruan sistem operasi berbeda-beda, kamu perlu menyesuaikannya dengan sistem handphone atau dapat mencari cara yang tepat secara mendetail di mesin pencarian terlebih dahulu.

Sebagai contohnya pada perangkat iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS, kamu bisa melakukannya dengan membuka Settings > General > Software Update dan mengetuk opsi Download and Install. Selanjutnya konfirmasi dengan Install lalu masukkan passcode jika diperlukan.

Supaya solusi dapat semakin ampuh, kamu pun bisa mencoba membersihkan data dan Cache WhatsApp di handphone setelah memperbarui aplikasi maupun sistem. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu mencadangkan datanya terlebih dulu.

Bersihkan Data dan Cache

  1. Buka Settings
  2. Cari menu App Management (atau tertulis App saja di sejumlah perangkat)
    Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen 2
  3. Cari dan pilih WhatsApp
  4. Masuk ke bagian Storage
    Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen 3
  5. Pilih Clear Cache atau jika belum manjur baru pilih Clear Data
    Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen 4

Serangkaian langkah di atas berlaku untuk perangkat dengan sistem operasi Android secara umum. Kamu bisa mengeksplorasi handphone yang dipakai secara lebih jauh ketika menemukan sedikit perbedaan nama atau letak dari metode di atas.

Tak ada salahnya, kamu pun bisa memuat ulang handphone yang kamu gunakan untuk menyegarkan sistem operasi. Apalagi jika dalam hal ini, beberapa metode di atas belum menyelesaikan masalahmu.

Restart Handphone

  1. Tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat
  2. Dari menu yang tampil, selanjutnya pilih Restart
  3. Tunggu handphone sampai hidup kembali

Jika tidak menemukan opsi Restart maka kamu bisa memilih Turn Off, Power Off, atau Shutdown, kemudian kamu setelahnya bisa menghidupkannya kembali secara manual dengan menekan tombol power sekali lagi sampai perangkat bergetar.

Bagi kamu pengguna iPhone dengan baru, kamu mungkin tidak akan bisa mematikan handphone hanya dengan menekan Side Button. Khusus untuk ini, kamu juga perlu menekan tombol Volume Down secara bersamaan.

Memasang ulang aplikasi WhatsApp di handphone yang kamu pakai juga bisa menjadi alternatif selanjutnya jika beberapa cara di atas belum berhasil. Namun agar tak kehilangan data, kamu perlu membuat cadangan data sebelum melakukannya.

Pasang Ulang Aplikasi

  1. Masuk ke bagian Settings
  2. Cari App (App Management)
  3. Pilih aplikasi WhatsApp
  4. Klik Uninstall
    Kenapa Kamera Depan WhatsApp Tidak Fullscreen 5
  5. Tunggu prosesnya selesai, lalu masuk ke halaman toko aplikasi yang sesuai
  6. Cari WhatsApp dan klik Install
  7. Login dengan nomor telepon sebelumnya dan pulihkan cadangan

Memasang ulang aplikasi WhatsApp ke dalam perangkat milikmu akan memperbaruinya ke versi terakhir secara langsung sekaligus membersihkan data-data tak sesuai dan mengunduh apa yang dibutuhkan.

Dengan begitu, aplikasi WhatsApp dapat berjalan lebih segar sehingga beberapa permasalahan yang timbul akibat versi kadaluwarsa atau bentrokan dengan data-data lama dapat terselesaikan.

Tunggu Perbaikan dari WhatsApp

Yang terakhir, tak ada langkah yang paling afdal kecuali menunggu perbaikan dari WhatsApp apabila permasalahan kamera depannya belum juga terselesaikan. Biasanya, ini memang benar-benar sebuah bug yang membutuhkan patch dalam bentuk pembaruan.

Oleh karena itu, kamu pun harus rajin mengunjungi halaman produk WhatsApp di toko aplikasi untuk mengecek apakah sudah ada pembaruan atau belum. Selain itu, kamu dapat menggunakan kamera utama handphone sebagai alternatif selama masalah belum terselesaikan.

Beberapa cara di atas adalah solusi umum permasalahan kamera depan WhatsApp yang tidak mau fullscreen. Apabila mengalami sedikit kesulitan saat mencari metode secara lebih spesifik, kamu pun boleh bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar