Smartphone Tips dan Trik

ColorOS 11 Buat Main Game Jadi Lebih Fokus dan Cepat di Handphone OPPO

OPPO Reno5 Pro Gaming

Gadgetren – ColorOS 11 merupakan sistem operasi modifikasi buatan OPPO yang berbasiskan Android 11. Dengan modifikasi tersebut, sistem ini memiliki fitur yang lebih kaya dibandingkan Android 11 yang murni.

Bahkan OPPO peduli pada kenyamanan penggunanya dalam bermain game dengan membawa beragam fitur andalan seperti AI App Preloading, SuperTouch, UI First 2.0, Hyper Boost 3.0, Gamer Mode, dan lainnya.

Fitur-fitur tersebut mampu membuat pengguna handphone OPPO mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar dan mulus. Dengan kata lain, pengguna dapat menjadi fokus ketika bermain game di handphone OPPO.

Pada ColorOS 11 terdapat AI App Preloading yang mampu mempelajari perilaku pengguna dan selanjutnya lebih dulu melakukan pemuatan aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna sehingga mampu mengurangi waktu loading aplikasi.

ColorOS 11 Reno4 F Black

Menariknya, ColorOS 11 juga mempunyai fitur UI First 2.0 yang menggabungkan teknologi pengurang lag dengan Quantum Animaton. Dengan kombinasi tersebut, penggunaan RAM dapat dikurangi hingga 45%, tingkat respon ditingkatkan 32%, dan stabilitas frame rate sebesar ditingkatkan 17%.

Berkat UI First 2.0, gerakan transisi antar menu atau aplikasi dan animasi pada game akan punya frame rate lebih stabil dan mulus. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan pengguna yang terasa dimanjakan oleh ColorOS 11.

GameSpace-OPPOA92020

Tidak ketinggalan, OPPO juga telah membenamkan Hyper Boost 3.0 pada ColorOS 11. Dibandingkan generasi sebelumnya, fitur ini mendapatkan sejumlah peningkatan terutama dalam mengatasi masalah panas berlebih dan pengurasan baterai.

Hyper Boost 3.0 akan menjaga penggunaan baterai tetap terkendali tanpa mengorbankan kinerja sistem secara keseluruhan sehingga pengguna dapat menikmat permainan tanpa perlu khawatir cepat kehabisan baterai.

Game Space Reno4 F

Berdasarkan klaim OPPO, Hyper Boost 3.0 mampu membuat pemakaian CPU meningkat hingga 30% dan konsumsi daya turun hingga 12%. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, aplikasi atau game harus sudah berada di folder Game Space pada handphone OPPO.

Pengguna handphone OPPO dapat memasukkan aplikasi atau game secara manual dengan menu Add yang berlambang + di Game Space. Namun untuk beberapa game seperti PUBG Mobile akan masuk secara otomatis ke Game Space setelah pengguna melakukan instalasi dari Google Play Store.

Pengguna juga dapat mengatur penggunaan CPU, GPU, baterai, dan sinyal pada Game Space dengan beberapa mode seperti Low Power mode, Balanced mode, dan Competition mode. Apabila pengguna ingin membuat performa yang menjadi paling optimal, maka dapat mengaktifkan Competition mode.

Game Space Hyper Boost 3

Namun pengguna dapat mengaktifkan Balanced mode apabila ingin membuat performa dan daya baterai yang digunakan tetap optimal. Nantinya pada saat salah satu game dijalankan, maka fitur Hyper Boost 3.0 akan aktif secara otomatis.

Pengguna juga akan merasakan bahwa game berjalan dengan mulus dan lancar berkat aktifnya fitur Hyper Boost 3.0. Namun apabila pengguna benar-benar ingin lebih fokus terhadap pertandingan pada game yang sedang dijalankan, maka dapat mengaktifkan fitur Gamer Mode.

Gamer Mode ColorOS 11

Immersive Mode bisa dijalankan pada saat game sedang aktif digunakan oleh pengguna. Dengan aktifnya fitur ini, sistem ColorOS 11 akan memblokir panggilan serta pesan masuk, pemberitahuan yang biasanya muncul di status bar atau kolom notifikasi, tombol navigasi, tombol volume, dan floating windows.

Berkat pemblokiran yang dilakukan Immersive Mode, pengguna dapat menjadi benar-benar fokus terhadap permainan yang berlangsung pada game yang sedang berjalan. Hal ini sangat bermanfaat ketika pengguna sedang berada di saat genting untuk menyelesaikan misi pada game secara solo atau bersama tim.

Dengan rangkaian kombinasi fitur ini, game yang berjalan pada handphone OPPO mampu dimainkan dengan lebih cepat dan optimal. Tidak hanya fitur game saja, OPPO juga sudah menghadirkan beragam kemampuan lainnya pada ColorOS 11 untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Tinggalkan Komentar