ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita

Optimalkan PJJ, Telkomsel x Huawei Indonesia Pasok Jaringan 4G di Tiga Wilayah Baru

DETIL LAMPIRAN Telkomsel-Tambah-BTS-dan-Kapasitas-Internet

Gadgetren – Perusahaan operator telekomunikasi Indonesia bernama Telkomsel dan vendor penyedia gadget Huawei dikabarkan telah memperluas jaringan broadband 4G LTE di tiga wilayah pedesaan yang belum terjangkau.

Berkat kolaborasi ini, Telkomsel dan Huawei Indonesia telah membangun sekitar 1.000 BTS Universal Service Obligation (USO) di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dimana yang semula 2G kini menjadi 4G.

Langkah Telkomsel dan Huawei Indonesia dalam memperluas jaringan 4G LTE ini selaras dengan rencana pemerintah melalui program yang digelar oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mendorong terwujudnya pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband di seluruh wilayah Tanah Air.

Juanita Erawati selaku VP Network Development Telkomsel mengatakan bahwa selain membantu dunia pendidikan di kawasan 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dengan terselenggaranya Pembelajaran Jarak Jauh, peningkatan teknologi jaringan ini diharapkan juga mampu mendorong transformasi digital masyarakat sesuai dengan program pembangunan sosial negara Indonesia.

“Harapan kami, teknologi broadband dan digital yang telah tersedia di wilayah 3T ini juga dapat mengembangkan dan memberdayakan aktivitas perekonomian serta sosial budaya masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Yang Jiang selaku Project Manager Huawei Indonesia menambahkan bahwa sinergi dengan Telkomsel untuk mendukung pemerataan dan kesetaraan konektivitas jaringan broadband di seluruh negeri menjadi salah satu kontribusi terpenting selama 20 tahun pihaknya menjadi bagian dari pembangunan serta perjalanan Indonesia menuju negara maju.

Telkomsel-x-Huawei-fasilitas-laboratorium

“Huawei akan terus mengembangkan teknologi dan inovasi terdepannya dan siap untuk bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengakselerasi transformasi digital, khususnya yang saat ini sangat dibutuhkan guna mendukung pemulihan akibat pandemi,” ujar Yang.

Bersamaan dengan kolaborasi bersama Telkomsel ini, Huawei Indonesia pun turut menghadirkan Lab Komputer di SMPN 4 Boleng, Manggarai Barat, NTT dan Yayasan Pondok Pesantren Nur Ilahi NW Belangos, Buwun Mas, NTB.

Dengan perluasan jaringan dan konektivitas broadband di kawasan 3T, maka masyarakat setempat yang semula terkendala konektivitas dalam melakukan aktivitas belajar-mengajar secara daring selama pandemi diharapkan kini mendapatkan akses internet lebih baik.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar