Berita Laptop

Semakin Ngebut dan Ringan! ASUS Umumkan Laptop ROG Flow X13

ASUS-ROG-Flow-X13-Header.

Gadgetren –  Dalam acara peluncuran virtual mengusung tema For Those Who Dare di ajang CES 2021, ASUS telah memperkenalkan ROG Flow X13 yang masuk kategori sebagai laptop inovatif.

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming yang ditenagai oleh tiga varian prosesor antara lain AMD Ryzen 9 5980HS, AMD Ryzen 9 5900HS, dan AMD Ryzen 7 5800HS serta dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650.

Kombinasi mesin CPU dan GPU tersebut digadang mampu menemani penggunanya hingga 10 jam dalam penggunaan baterai sekaligus mengurangi temperatur suhu CPU 7 ºC dan GPU 8 °C. Tak lupa prosesornya dikombinasikan dengan dua varian memori internal berteknologi LPDDR4X kapasitas 16 GB atau 32 GB serta penyimpanan SSD 512 GB atau 1 TB.

Untuk pertama kalinya lewat ROG Flow X13, ASUS menghadirkan laptop gaming yang ringkas, ringan, dan sangat portabel karena hanya memiliki ukuran layar 13,4 inci, bobot 1,3 kg, dan ketebalan hanya 15,8mm. Bahkan bagian layarnya dapat diputar hingga 360 derajat sehingga membuatnya perangkat multi fungsi dalam bentuk laptop, tenda, stand, atau tablet.

Layar sentuh dengan dukungan aspek rasio 16:10 tersedia dalam dua pilihan panel kencang beresolusi Full HD (1920 x 1200 piksel) dengan refresh rate mencapai 120Hz dan 100% sRGB. Kemudian Ultra HD (3840 x 2400 piksel) dengan refresh rate mencapai 60Hz dan 116% sRGB.

Layarnya pun telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass dan mendukung penggunaan stylus. Selain itu juga dibekali teknologi Adaptive Sync dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga akurasi dan tingkat reproduksi warnanya terjamin agar dapat diandalkan oleh kreator konten.

Sementara soal baterai, laptop gaming ini telah dilengkapi fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya berkapasitas 63Whr melalui adapter USB Type-C 100W. Berkat adapter tersebut, ROG Flow X13 dapat diisi ulang dayanya dari 0% hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

ASUS-ROG-Flow-X13-depan

Suara yang dikeluarkan laptop gaming ini dibantu oleh teknologi Dolby Atmos melalui dua speaker yang menembak ke bawah. Tak hanya itu, ROG Flow X13 juga dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation untuk menghasilkan proses komunikasi lebih baik ketika bermain game atau bahkan bekerja.

Adapun sistem pendingin ROG Flow X13 menggunakan liquid metal sebagai thermal compound-nya melalui tiga heatsink yang dapat melepaskan panas lebih optimal. Sistem pendingin tersebut didukung oleh kipas Arc Flow terbaru yang mampu mengalirkan udara 15% lebih baik dari kipas standar dengan tingkat kebisingan yang sama.

Kehadiran self-cleaning thermal module pada sistem pendinginnya memungkinkan debu dan partikel dibuang melalui terowongan yang telah terintegrasi dengan modul pendingin utama. Soal koneksi, ROG Flow X13 menyediakan 1x port USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x port USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x port audio combo jack, dan 1x port HDMI 2.0b.

ASUS-ROG-XG-Mobile.

Sebagai tambahan informasi, ROG Flow X13 dirancang bersama dengan perangkat GPU eksternal bernama ROG XG Mobile. Perangkat ini mengandalkan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru dan memiliki bobot 1kg serta ketebalan 29mm.

Saat dihubungkan dengan ROG XG Mobile, kabarnya ROG Flow X13 akan menjadi laptop dengan performa grafis sangat kencang. Berbeda dengan GPU eksternal lainnya yang memiliki konektivitas Thunderbolt, ROG XG Mobile menggunakan jalur koneksi PCIe Gen 3×8.

Konektivitas khusus ini juga membuat ROG XG Mobile mendapatkan bandwidth hingga 63Gbps secara eksklusif tanpa harus membaginya dengan komponen lain. Hal tersebut diklaim ASUS membuat ROG XG Mobile hadir hampir tanpa menimbulkan pemangkasan performa saat dihubungkan ke ROG Flow X13.

ROG XG Mobile sendiri memiliki adapter yang terhubung dengan daya 280W dan dapat berfungsi sebagai adapter untuk ROG Flow X13.

Tinggalkan Komentar