Tips dan Trik

Cara Mengecek Versi Android dari Handphone Samsung Milikmu

Cara Mengecek Versi Android Samsung Header

Gadgetren – Sebagai merek smartphone yang masuk lima besar di Indonesia, Samsung selalu menghadirkan perangkat bersistem operasi Android dengan beragam fitur menarik.

Bahkan Samsung juga sering melakukan update Android secara berkala untuk handphone buatannya di Indonesia. Dengan hadirnya peningkatan versi sistem operasi, handphone Samsung dapat menghadirkan beragam fitur terbaru kepada penggunanya.

Namun sebelum melakukan update sistem operasi, kamu ada baiknya mengecek terlebih dulu versi Android yang terdapat pada handphone Samsung milikmu saat ini agar dapat mengenal pasti dukungan yang diberikannya.

Cara Mengecek Versi Android Samsung

  1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)
  2. Pilih menu Tentang ponsel (About phone)
  3. Selanjutnya ketuk menu Informasi perangkat lunak (Software Information)
  4. Kamu dapat langsung melihat Versi Android (Android Version) pada halaman Informasi perangkat
  5. Bersamaan dengan itu kamu juga bisa melihat versi tampilan antarmuka yang digunakan

Melihat Versi Android Samsung

Setelah melihat versi Android di handphone Samsung tersebut, maka kamu dapat menentukan apakah akan melakukan update sistem operasi atau tidak. Biasanya hanya terjadi perubahan minor apabila kamu melakukan pembaruan Android dari versi yang tidak jauh dibandingkan sebelumnya.

Meskipun terjadi perbaikan atau peningkatan fitur, namun kamu harus berhati-hati pada saat melakukan update sistem operasi Android karena terkadang versi terbarunya justru bisa menimbulkan masalah dan bug.

Untuk berjaga-jaga, kamu dapat mengingat versi Android sebelum diperbarui agar pada saat terjadi masalah setelah update dapat dengan lebih mudah mengembalikan sistem operasi handphone Samsung milikmu ke versi sebelumnya.

Namun update Android masih tetap disarankan untuk peningkatan fitur maupun keamanan, terutama pada saat terjadi update mayor yang memberikan banyak perubahan lebih baik dibandingkan Android sebelumnya.

Terkadang juga sebagian orang, teman, atau keluarga suka penasaran dan bertanya mengenai versi Android yang berada di handphone kamu. Untuk itu, kamu dapat mengikuti langkah di atas agar bisa mengecek dan selanjutnya memberitahukan versi Android tersebut ke orang lain.

Menariknya, handphone Samsung masa kini sudah memiliki update sistem operasi Android yang cepat dan jangka panjang. Rata-rata handphone kelas menengah Samsung bisa mendapatkan update Android hingga satu atau dua versi terbarunya.

Sementara handphone kelas atas Samsung bisa mendapatkan update Android hingga dua atau tiga versi terbarunya. Dengan pembaruan versi Android ini, sebenarnya kamu memiliki keuntungan pada peningkatan fitur, sistem keamanan, performa, dan tampilan antarmuka.

Tinggalkan Komentar