Berita Gadget

Qualcomm Rilis Snapdragon 480! Chipset Seri 400 Pertama dengan Jaringan 5G

Qualcomm Snapdragon 480 5G First

Gadgetren – Sebagai perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Qualcomm telah menghadirkan inovasi chipset pada berbagai handphone maupun perangkat mobile di segmen kelas atas, menengah, dan bawah.

Menambah portofolionya untuk produk kelas menengah, Qualcomm telah meluncurkan chipset seri 400 pertamanya yang dilengkapi dengan fitur 5G yang bernama Snapdragon 480.

Menurut pihak Qualcomm, Snapdragon 480 akan terus mendorong perkembangan lebih lanjut dari 5G sehingga memungkinkan para pengguna handphone dapat mengakses konektivitas 5G berskala global dan performa yang teratas di kelasnya untuk mendorong pengalaman di aktivitas yang terkait produktivitas maupun hiburan.

Kedar Kondap selaku Vice President Management Qualcomm Technologies Inc mengungkapkan bahwa Qualcomm Technologies telah mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk menjadikan smartphone 5G lebih mudah diakses, terutama saat seluruh orang di dunia terus terhubung dari jarak jauh.

“Qualcomm Snapdragon 480 5G Mobile Platform akan terus melampaui ekspektasi OEM serta konsumen dalam menghadirkan fitur kelas menengah dengan harga yang terjangkau,” tambah Kedar Kondap.

Sebagai chipset masa kini, Snapdragon 480 5G telah hadir dengan Qualcomm Snapdragon X51 5G modem-RF System yang dapat mendukung mmWave serta Sub-6 GHz 5G, mode Standalone (SA), Non-standalone (NSA), Time Division Duplexing (TDD), Frequency Division Duplexing (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Qualcomm Snapdragon 480 5G Header

Menariknya, modem Snapdragon X51 memiliki dukungan kecepatan download untuk jaringan 5G hingga 2,5 Gbps dan 4G-LTE hingga 800 Mbps. Sementara kecepatan upload untuk jaringan 5G mencapai 660 Mbps dan 4G-LTE hingga 210 Mbps.

Berdasarkan klaim pihak Qualcomm, Snapdragon 480 memungkinkan para pengguna smartphone untuk tetap produktif lebih lama dan mengisi daya lebih cepat. Chipset yang didasarkan pada teknologi fabrikasi 8nm ini menghadirkan CPU Qualcomm Kryo 460 dengan kecepatan hingga 2 GHz, GPU Qualcomm Adreno 619, dan Qualcomm Hexagon 686.

Dengan kombinasi tersebut, Snapdragon 480 mampu menghadirkan peningkatan performa CPU dan GPU hingga 100% serta peningkatan performa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) hingga 70% dibandingkan generasi sebelumnya.

Qualcomm SNapdragon 480 Feature

Snapdragon 480 menjadi chipset pertama dalam seri 400 yang mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4+. Produk ini pun sudah mendukung Wi-Fi, Bluetooth 5.1, eMMC berkecepatan 2133 MHz, UFS 2.2, port USB Type-C, teknologi Qualcomm Aqstic audio, dan Qualcomm TrueWireless.

Berbekal ISP (Image Signal Processor) Qualcomm Spectra 345, Snapdragon 480 mampu mendukung kamera tunggal hingga resolusi 64 MP atau dua kamera hingga 25 MP dengan fitur ZSL (Zero Shutter Lag).

ISP ini pun mampu menangkap gambar dari tiga kamera secara bersamaan dari kamera ultrawide, wide, dan telephoto atau merekam video beresolusi 720p secara serentak. Handphone komersial pertama yang ditenagai Snapdragon 480 diharapkan Qualcomm akan meluncur pada awal tahun 2021.

Tinggalkan Komentar