Tips dan Trik

Cara Membuat Wallpaper Bergerak dari Video Maupun GIF di Handphone OPPO

Cara Membuat Wallpaper Video Bergerak di HP OPPO Header

Gadgetren – Wallpaper bergerak atau disebut juga live wallpaper merupakan salah satu senjata ampuh yang bisa diterapkan oleh para pengguna untuk mempercantik tampilan layar utama handphone.

Sesuai dengan namanya, menerapkan wallpaper jenis ini dapat membuat tampilan layar utama menjadi lebih hidup sehingga pengguna tidak akan cepat bosan ketika menggunakan handphone kesayangannya.

Namun, fitur wallpaper bergerak mempunyai dukungan yang sangat terbatas. Hampir semua model handphone secara mendasar hanya mengizinkan pengguna memasang gambar yang sudah jadi, itu pun dalam bentuk sebuah aplikasi.

Handphone-handphone buatan OPPO termasuk di dalamnya. Sistem ColorOS yang mempunyai berbagai macam dukungan menarik sayangnya belum mampu menyediakan fitur untuk membuat wallpaper bergerak dari video di galeri. Salah satu penyebabnya mungkin akibat daya yang dibutuhkan jauh lebih banyak.

Lantas apakah tidak ada cara untuk membuat wallpaper bergerak dari file galeri di handphone-handphone OPPO? Jika harus dengan fitur bawaan, jawabnya sudah pasti tidak. Namun kamu masih bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Dengan memakai aplikasi pihak ketiga, kamu bahkan tak hanya dapat membuat wallpaper bergerak dari video melainkan juga gambar berformat GIF.

Cara Membuat Wallpaper Bergerak di OPPO

Dari Video di Galeri

  1. Unduh dan pasang aplikasi Video Wallpaper dari halaman Google Play Store
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan beri izin untuk mengakses foto, media, maupun file di dalam perangkat
  3. Dari halaman utama, cari dan pilih video yang akan dipakai sebagai wallpaper bergerak
  4. Nyalakan opsi Turn on audio jika ingin menggunakan suara di wallpaper bergerak
  5. Nyalakan opsi Double tap to start/pause video untuk membuat interaksi dalam wallpaper bergerak yang dibuat (ketuk dua kali untuk menjalankan dan menjedanya)
  6. Setelah selesai, ketuk tombol SET AS LAUNCHER WALLPAPER
    Cara Membuat Wallpaper Video Bergerak di HP OPPO - 1
  7. Ketuk Set As Wallpaper lalu pilih Home Screen atau Home Screen & Lock Screen sesuai keinginan

Kamu bisa memakai cara ini untuk hampir semua jenis handphone OPPO yang mendukung aplikasi Video Wallpaper. Namun karena setiap versi sistem ColorOS mempunyai preferensi berbeda-beda, kamu perlu menyesuaikannya.

Membuat wallpaper bergerak dari gambar bertipe GIF juga bisa dikerjakan dengan mudah memakai cara yang hampir serupa. Namun dalam hal ini, kamu memerlukan aplikasi berbeda.

Aplikasi khusus untuk mengubah gambar GIF menjadi wallpaper bergerak tersebut salah satunya adalah GIF Live Wallpaper. Kamu juga bisa menemukannya di halaman Google Play Store.

Dari Gambar Berformat GIF

  1. Pasang aplikasi GIF Live Wallpaper dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah berhasil terpasang ke handphone
  3. Izinkan permintaan dari aplikasi untuk mengakses foto, video, dan file di dalam perangkat
  4. Ketuk tombol Import (ikon download) yang berada di panel sebelah kiri layar
    Wallpaper Dari Gambar Berformat GIF Import
  5. Cari gambar GIF yang akan digunakan
  6. Atur ukuran gambar GIF menggunakan dua jari seperti untuk memperbesar atau mengecilkan tampilan saat melihat foto biasa
  7. Atur kecepatan tayang wallpaper bergerak dengan mengetuk ikon Orang Berlari
    Wallpaper Dari Gambar Berformat GIF Kecepatan
  8. Setelah selesai mengaturnya, ketuk tanda centang di pojok kanan bawah aplikasi
    Wallpaper Dari Gambar Berformat GIF Selesai
  9. Pilih opsi Set as Wallpaper
  10. Lalu pilih Home Screen atau Home Screen & Lock Screen sesuai harapan

Dengan kedua cara di atas, tampilan layar utama handphone OPPO milikmu dapat semakin terlihat personal. Apalagi dalam hal ini, kamu menggunakan video atau gambar GIF yang dibuat sendiri bukan dengan mengunduh atau menyalin berkas orang lain.

Saya sendiri berharap fitur wallpaper bergerak di ColorOS segera menjadi semakin maju dan mengizinkan para pengguna membuat tampilan dari file pribadi tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tinggalkan Komentar