Aplikasi Berita

E-Commerce Jadi Paling Digemari, Pengguna Jenius Pay Diklaim Meningkat

Jenius Tapcash Feature

Gadgetren – Di penghujung akhir tahun 2020, layanan penyedia transaksi non tunai bernama Jenius dikabarkan telah memperoleh pencapaian transaksinya paling tinggi melalui sejumlah e-commerce di Indonesia.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Waasi B. Sumintardja selaku Digital Banking Business Product Head Bank BTPN. Ia menuturkan bahwa selain paling banyak digunakan lewat e-commerce, Jenius Pay juga kerap dimanfaatkan untuk pembayaran online seperti donasi dan juga kategori Food and Beverage.

Hal tersebut sejalan dengan situasi selama pandemi yang mengharuskan masyarakat Indonesia melakukan banyak aktivitas dari rumah. “Selama pandemi 65% digital tumbuh. Pelaku bukan hanya generasi milenial tetapi datang dari kalangan usia. Salah satu pengguna Jenius mengatakan bahwa ayahnya sendiri juga telah menggunakan Jenius,” ujarnya.

Lebih jauh, Waasi pun mengklaim bahwa jumlah nominal transaksi Jenius Pay telah meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak 212% pada bulan Oktober 2020 dibanding bulan Maret 2020.

Meningkatnya transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada Jenius Study berjudul Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16-40 tahun.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa digital atau mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%). “Jumlah transaksi naik enam kali lipat, sedangkan pengguna naik tiga kali lipat,” tambah Waasi.

Sebagai tambahan informasi, Jenius Pay memungkinkan pengguna dapat bertransaksi online tanpa perlu kartu debit atau kartu kredit, e-Wallet, atau transfer antar bank. Berbeda dengan fitur Jenius lainnya, pengguna dapat menemukan fitur Jenius Pay ketika memilih metode pembayaran yang tersedia pada halaman checkout di website atau aplikasi merchant yang bekerja sama.

Cara-Bayar-Jenius-Pay-2

Transaksi online dengan Jenius Pay bisa dilakukan dengan tiga langkah yang meliputi memilih Jenius Pay sebagai metode pembayaran di halaman checkout merchant, memasukkan $Cashtag pengguna, dan mengonfirmasikan pembayaran di aplikasi Jenius.

Pengguna bisa memilih Jenius Pay sebagai metode pembayaran di beragam merchant mulai dari belanja online, beli kopi, beli sayur, isi pulsa atau paket data, berdonasi, sampai investasi emas.

Selain JD.ID, Kopi Kenangan, Kitabisa.com, Jenius Pay juga telah tersedia di Tokopedia, Blibli.com, Lemonilo, Sayurbox, Fore, Doku, Twenty Milli Coffee Roastery, UniPin, Tamasia, E-mas, Treasury, Lakuemas, Pluang, MyHartono, Interskill, Al Hamidiyah, Ciputra Life, Lifepal, Dinomarket, Mau Belajar Apa, Dompet Dhuafa, Kirim Email, SoftPro, Siabos, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Komentar