Berita

Qualcomm Snapdragon 888 – Chipset Untuk Perangkat Flagship 2021 yang Kaya Fitur

Qualcomm Snapdragon 888 Feature

Gadgetren – Bukan Snapdragon 875, Qualcomm justru secara resmi memperkenalkan Snapdragon 888 sebagai chipset untuk perangkat mobile flagship di tahun 2021.

Apabila mengacu pada urutan seri chipset flagship selama ini seperti Snapdragon 845, 855, dan 865, seharusnya Qualcomm merilis Snapdragon 875. Namun pada kenyataannya justru nama Snapdragon 888 dipilih untuk menjadi chipset kelas atas dari Qualcomm di tahun mendatang.

Soal urusan gaming, chipset ini juga dibekali dengan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang membawa puluhan teknologi dalam handphone termasuk Updateable GPU Driver, Desktop Forward Rendering, dan frame rate 144 fps (frames per second).

Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga pada Snapdragon 888 membawa peningkatan yang signifikan dari Qualcomm Technologies pada performa GPU Qualcomm Adreno sehingga tampilan grafis yang dihasilkan game tampak lebih nyata agar dapat memanjakan mata pengguna handphone.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Snapdragon 888 membawa peningkatan signifikan untuk komputasi fotografi dan mengubah handphone menjadi kamera berkualitas profesional.

Qualcomm Snapdragon 888 Chipset

Dengan kecepatan Gigapiksel yang ditingkatkan, ISP Qualcomm Spectra mampu menangkap foto dan video pada 2,7 Gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12 MP per detik. Qualcomm mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan 35% dibandingkan generasi sebelumnya.

Dibekali dengan Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, Snapdragon 888 memiliki kompatibilitas jaringan global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia. Selain itu, modem ini mempunyai dukungan 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Snapdragon 888 juga dibekali Qualcomm AI (Artificial Intelligence) Engine generasi keenam terbaru dengan prosesor Qualcomm Hexagon yang telah dirancang ulang sepenuhnya sehingga membawa kemajuan besar pada kecerdasan buatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk meningkatkan kinerja dan hemat daya.

Qualcomm Snapdragon 888 Handson

Soal urusan AI, Snapdragon 888 mendapatkan performa 26 tera operations per second (TOPS) yang sangat tinggi. Chipset ini juga ditingkatkan lebih lanjut dengan Qualcomm Sensing Hub generasi kedua yang membawa pemrosesan Always-On AI berdaya rendah untuk fitur-fitur intuitif dan pintar.

Dengan peningkatan yang menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Qualcomm Snapdragon 888 langsung diminati oleh banyak produsen handphone seperti OPPO, ASUS, Black Shark, Lenovo, Xiaomi, vivo, ZTE, LG, MEIZU, Motorola, realme, Nubia, OnePlus, dan Sharp.

Sementara itu, Xiaomi dan realme sudah memberikan bocoran mengenai handphone apa yang akan menggunakan Snapdragon 888. Kabarnya Xiaomi akan membenamkan chipset ini pada handphone flagship terbarunya di tahun 2021 yang bernama Mi 11.

Sementara realme akan menggunakannya pada handphone dengan nama kode Race. Untuk itu mari kita tunggu saja hingga handphone dengan chipset ini benar-benar diluncurkan pada tahun 2021 mendatang.

Tinggalkan Komentar