Tips dan Trik

Cara Mute Word Atau Kata di Twitter Agar Tidak Muncul Pada Timeline

Twitter Logo Featurez

Gadgetren – Sebagai salah satu jejaring sosial populer di dunia, Twitter telah memiliki banyak pengguna dengan interaksi tanpa henti.

Alhasil dengan banyaknya jumlah pesan atau tweet yang dibuat penggunanya setiap hari memunculkan kata-kata yang positif dan negatif yang tersebar diberbagai lini masa.

Padahal tidak sedikit sebagian pengguna yang memanfaatkan Twitter untuk bersilaturahmi dan berinteraksi dengan pengguna lain dalam hal yang positif, terutama yang memiliki lokasi jauh dapat dipertemukan secara cepat melalui media sosial ini.

Bahkan kita juga dapat melihat berita atau informasi penting yang sedang terjadi setiap harinya melalui Twitter. Sayangnya pada jejaring sosial ini pun, masih saja ada pengguna yang berbicara seenaknya saja tanpa memperhatikan kondisi.

Maka dari itu Twitter telah menghadirkan fitur Mute Word atau membisukan kata agar pengguna dapat menyaring status dengan menandai kata tertentu agar hilang dari timeline.

Misalnya saja kita bisa menghilangkan tweet atau status yang mengandung kata “jelek” atau “norak” dengan memasukkannya ke Muted Word, Nantinya secara otomatis tidak akan terlihat lagi tweet dengan kata-kata tersebut di timeline maupun notifikasi.

Dengan kata lain, Twitter memberikan keleluasaan pada peengguna untuk memasukkan daftar kata-kata yang tidak ingin dilihat di lini masa melalui fitur Mute Word. Menariknya lagi, kita juga dapat memasukkan frasa, nama pengguna, emoji, atau hashtag tertentu untuk dibisukan atau dihilangkan dari notifikasi dan timeline.

Secara garis besar, fitur Mute Word berbeda dengan Block akun di Twitter. Fitur Block benar-benar membuat kita tidak berkomunikasi dengan akun yang sedang diblok sementara Mute Word masih memungkinkan kita untuk berinteraksi, melakukan follow, dan melihat status lain dari akun yang kata-katanya telah dibisukan.

Cara Menambahkan Mute Word di Twitter

  1. Pertama, buka browser (Chrome, Firefox, Opera, dan lainnya)
  2. Selanjutnya, kunjungi situs resmi Twitter dan login dengan akun kamu
  3. Pada halaman timeline, tekan tombol More berlambang tiga titik di kiri layar
    Twitter Pilihan More
  4. Kemudian, tekan menu Settings and privacy
    Twitter Settings and Privacy
  5. Selanjutnya masuk ke menu Privacy and safety
  6. Kemudian pilih fitur Mute and block
    Twitter Privacy and Safety
  7. Pada halaman berikutnya, pilih menu Muted words
    Twitter Mute Words
  8. Tekan tombol Add yang berlambang + di sebelah kanan atas halaman Muted words
    Twitter Add Mute Word
  9. Masukkan kata, frase, @username, atau hashtag yang akan kamu bisukan di Twitter pada kolom Enter word or phrase
    Twitter Mute Word Pilihan
  10. Setelah selesai, kamu tinggal tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan
  11. Akhirnya tweet dengan kata-kata yang dibisukan tadi tidak akan muncul lagi di timeline kamu
    Twitter Add Mute Word List

Pada halaman Add muted word terdapat juga dua kategori lagi yang dapat kamu atur, yakni Mute from dan Mute timing. Pada Mute from, kamu dapat membisukan kata dari timeline dan notifikasi, termasuk dari tweet semua orang atau orang yang tidak kamu follow.

Sementara Mute timing mengizinkan kamu untuk menentukan masa berlaku pembisuan kata atau mute word di timeline maupun notifikasi dengan pilihan selamanya, 24 jam, 7 jam, atau 30 hari. Apabila kamu sudah menentukannya, maka tinggal menekan tombol Save.

Bisa dibilang fitur yang satu ini sangat berguna bagi kamu yang tidak menginginkan hadirnya tweet dengan kata-kata kasar sehingga kamu dapat menjelajahi Twitter dengan lebih tenang.

Tinggalkan Komentar